Bila Timnas Spanyol Tanpa Pemain Catalunya

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Standard,republika | Editor: Dedi Hermawan | 8 October 2017

Timnas Spanyol Tanpa Pemain Catalunya?

SPORTKU.COM

Bila daerah Catalunya sukses menjalankan referendum, maka Tim Nasional (Timnas) Spanyol dipastikan akan tereduksi.

Timnas Spanyol dipastikan mengamankan satu tiket Piala Dunia 2018 mendatang usai menaklukan Albania 3-0, Sabtu (7/10). Raihan tiga poin ini membuat poin La Furia Roja sebanyak 25 poin tak lagi terkejar oleh negara lainnya di Grup G Zona Eropa.

Meski sudah dipastikan lolos, namun Julen Lopetegui yang notabene merupakan pelatih Timnas Spanyol, masih was-was. Pasalnya, ada kemungkinan ia akan kehilangan punggawa terbaiknya dalam waktu dekat.

Hal tersebut terjadi lantaran adanya desakan dari warga Catalan yang berada di wilayah otonomi Spanyol bernama Catalunya yang menginginkan pemerintah mandiri dengan mengadakan referendum pada 1 Oktober lalu.

Hasilnya dari 2,2 juta penduduknya sebanyak 90% menginginkan agar wilayah Catalunya untuk merdeka. Meski demikian, sejauh ini otoritas pemerintahan Spanyol tak mengakui hasil dari referendum tersebut.

Gerard Pique, salah satu pemain andalan Timnas Spanyol merupakan pemain yang paling vokal dalam mendukung Catalunya merdeka. Menurut pemain yang berposisi sebagai bek itu, referendum adalah cermin demokrasi dan hal ini tak boleh ditentang oleh siapapun.

Bahkan pemain andalan Barcelona yang lahir di kawasan Catalunya ini mengaku siap mundur dari Timnas Spanyol bila Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan pelatih tak lagi membutuhkan tenaganya.

“Jika ada orang di federasi yang percaya bahwa saya seharusnya tidak berada di sini (Timnas Spanyol), maka saya akan pergi,” ujarnya seperti dikutip dari Sky Sports, Senin (2/10).

Selain Pique, Spanyol juga bisa kehilangan tiga pemain pilar mereka, yakni Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Marc Bartra. Kesemuanya merupakan pemain yang menjadi tulang punggung dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga
Atlet Wushu akan ke Tiongkok

Pique dan Alba misalnya, saat ini dapat dikatakan pemain yang tak tergantikan di lini belakang La Furia Roja. Kehilangan keduanya tentu akan menjadi kehilangan besar. Pasalnya, lini belakang Spanyol di Grup G Zona Eropa dapat dikatakan paling tangguh lantaran sejauh ini hanya kemasukan 3 gol yang mau tak mau adalah berkat andil kedua punggawa Barcelona itu dalam melakukan penjagaan super ketat kepada lawannya.

Selain keempat nama di atas, Spanyol juga memiliki kemungkina besar kehilangan pemain yang sempat lalu lalang membela tim nasional, sebut saja Gerard Deulofeu, Bojan Krkic, Cristian Tello, Alex Vidal, dan Kiko Casilla.

Bahkan bila Timnas Catalunya membutuhkan 11 pemain, maka dari 9 pemain di atas, bi ditambahkan Hector Bellerin dan Gerard Moreno. Berarti minimal Spanyol akan kehilangan 11 pemain potensi, belum lagi bila ditambah 7 pemain yang didaftarkan sebagai pemain cadangan.

Bila menilik peraturan FIFA, bagi negara baru yang terdaftar sebagai anggota mereka, maka pemain yang pernah tercatat membela timnas negara lain, bisa membela timnas negara baru mereka, dengan catatan mereka memiliki darah atau terlahir di kawasan di negara baru tersebut.

Sebagai contoh, negara anggota FIFA baru, Kosovo memanggil enam pemain yang pernah membela negara FIFA. Keenam pemain tersebut pernah tercatat main di Albania dan Norwegia.

Bila referendum berhasil dilakukan, Timnas Spanyol akan kehilangan pemain posisi belakang dan tengah. Sementara di barisan  depan, masih aman mengingat ada Alvaro Morata. Namun mengingat persaingan di Piala Dunia 2018 sangat ketat, agak sulit Spanyol untuk bersaing bila tanpa pemain asal Catalunya.

Kira-kira akan seperti ini susunan pemain timnas Spanyol tanpa dukungan pemain asal Catalunya dengan menggunakan formasi 4-2-3-1:

David De Gea; Dani Carvajal, Sergio Ramos, Nacho Iglesias, Cesar Azpilicueta; Saul Niguez, Andres Iniesta; Marco Asensio, Isco, David Silva; Alvaro Morata.

timnas spanyol (republika)
timnas-spanyol-standartcouk--54591e4cc360881.jpg


Baca juga

Inilah 13 Negara yang Lolos ke Piala Dunia 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Persik Terdegradasi ke Liga 3

Persik Terdegradasi ke Liga 3

FOOTBALL
Leicester City “Ceraikan” Craig Shakespeare

Leicester City “Ceraikan” Craig Shakespeare

FOOTBALL
Liverpool Cetak Sejarah di Eropa

Liverpool Cetak Sejarah di Eropa

FOOTBALL
Petr Cech Turut Berduka

Petr Cech Turut Berduka

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company