Antonio Cairoli Dihujani Kritikan Sebelum Juara Dunia MXGP 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : KTM | 8 October 2017

SPORTKU.COM

Antonio 'Tony' Cairoli meraih gelar juara dunia ke-9 kali di ajang balap FIM Motocross World Championship.

Cairoli yang lahir di Patti, Sicily, Itala pada 23 September 1985 silam itu tak terkalahkan di gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) 2017. Setelah berjibaku selama 19 seri, pembesut KTM 450 SX-F ini menjadi crosser dengan raihan poin terbanyak. Di mana pebalap bernomer 222 tersebut kemas 722 poin.

Cairoli memimpin hampir di setiap seri untuk tahun 2017. Selama balapan berlangsung, Cairoli mencetak 6 kali posisi pole, memimpin balapan dengan durasi terbanyak. Sepanjang balapan di musim 2017, Cairoli juga menjadi pebalap dengan kemenangan terbanyak. Total 9 kali dirinya finish di podium teratas dari 38 balapan (1 seri 2 kali race).

Bukan hanya rekor di atas yang menjadi kebanggaan pebalap berusia 32 tahun ini. Cairoli juga tercatat 6 kali menangi balapan saat dirinya memulai balapan dari posisi ke-18. Dari 38 kali balapan, Cairoli total telah mengemas 24 nangkring di podium. Peristiwa paling penting tahun ini adalah bahwa Cairoli merupakan pebalap MXGP yang paling kompetitif meski dengan usia yang sudah tak muda lagi.

Kemenangan Cairoli musim ini juga penuh kisah menarik. Cairoli berhasil menjadi juara dunia MXGP 2017 meski masih dalam masa pemulihan pada lengannya yang patah yang dia dapatkan pada musim 2015 lalu. Selain itu, Cairoli juga mengalami kerusakan saraf leher atau lengan pada musim 2016 lalu yang membuatnya harus puas jadi runner up.

Baca Juga
Satu Tahun YVCI Gorontalo Semakin Solid

"Itu adalah kejuaraan penting bagi saya karena kami memulainya bukan sebagai tim favorit. Dan kemenangan ini untuk semua orang yang meragukan dan mengkritik saya. Saya tahu apa yang diperlukan untuk membuat kejuaraan yang solid dan konsisten. Kami melakukannya dan saya sangat senang dengan ini," ungkap Cairoli.

"Ini adalah musim yang menakjubkan, salah satu yang terbaik. Sungguh menakjubkan bahwa saya masih bisa memperbaiki diri setelah hampir lima belas tahun berada di kejuaraan dunia. Saya bangga dengan ini dan saya pikir kita masih bisa bekerja untuk menjadi sedikit lebih baik dalam beberapa kasus tapi sekarang saya ingin menikmati gelar ini. Ini adalah yang pertama dengan KTM 450 SX-F untuk saya, yang sangat spesial," sambung Cairoli.

"Kombinasi Cairoli dan KTM memberi kami momen spesial dalam sejarah balap motorcross. Musim ini Tony sangat fantastis untuk ditonton dengan banyak sorotan dan membuktikan bahwa dia masih menjadi rujukan untuk kelas utama. Musim 2018 akan segera ada di pikiran kita tapi seluruh kru benar-benar pantas menikmati ini," tutup Pit Beirer, Motorsport Director KTM.

Cairoli sukses meraih gelar juara dunia MXGP 2017 yang menjadi raihan ke-9 kali untuknya. Sebelumnya pada tahun 2005 dan 2007, Cairoli juga menjadi juara dunia bersama Yamaha saat masih bermain di Kelas MX2. Kembali pada tahun 2009 dengan Yamaha, Cairoli meraih juara dunia di Kelas MX1.

Musim 2010 menjadi kemenangan pertama bagi Cairoli bersama KTM di Kelas MX1. Gelar juara dunia masih dia torehkan bersama KTM di Kelas MX1 hingga tahun 2013 tanpa jeda. Momen menarik Cairoli bersama KTM juga terjadi pada tahun 2014 untuk kali pertamanya menjadi juara dunia di Kelas MXGP.

Baca Juga
Dorna Uji Coba Motor Listrik, Gandeng Loris Capirossi
Shohei Matsunaga Ingin Jadi WNI

  • facebook share

RELATED NEWS

Honda Bidik Dakar 2018

Honda Bidik Dakar 2018

RALLY DAKAR BIKE
Honda Double Podium di Maroko

Honda Double Podium di Maroko

MOTOCROSS
Cairoli Juara Dunia MXGP 2017

Cairoli Juara Dunia MXGP 2017

MXGP
Aldi Lazaroni Juara Nasional Motocross

Aldi Lazaroni Juara Nasional Motocross

MOTOCROSS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company