Mobil Balap Advannov Terbakar Saat Balapan Berlangsung

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Dedi Hermawan | 9 October 2017

Mobil Advannov Terbakar Saat Balapan

SPORTKU.COM

Balapan memang tidak selalu berjalan dengan mulus. Advan, harus rela lantaran mobilnya terbakar saat balapan di Sirkuit Paramount.

Pereli Advannov Agung Putra dan navigatornya Febrizky, harus menelan kekecewaan dalam Kejurnas Sprint Rally putaran keempat yang berlangsung akhir pekan kemarin (7/10). Bukan pesoalan mobil tidak sehat, melainkan karena adanya keteledoran yang dilakukan oleh tim mekanik, sehingga menyebabkan sebuah bencana di tengah balapan yang berlangsung sengit.

Beruntung, baik Advannov dan Febrizky tidak menderita luka bakar serius. Keduanya hanya mengalami luka ringan akibat memaksa keluar dari dalam mobil yang penuh dengan api. Berdasarkan cerita yang dikisahkan oleh pereli Abbey and Rigby Federal Mobil Best Parking Rally Team ini, api keluar akibat adanya gesekan antara aki dan rail fuel di bagian sisi dalam mobil.

Baca juga:
DUET ALDRIAN-ROMMY UNGGUL DI KELAS R1 KEJURNAS SPRINT RALLY

"Setelah diinvestigasi, saya baru tahu bahwa api tersebut menyala karena ada sebuah plat nomor kendaraan yang berada di bawah jok Febri (navigator). Karena balapan kita banyak jumping, plat nomor yang lupa dipindah tersebut bergerak ke bagian belakang Febri, yang kebetulan memang aki saya letakan di situ," buka Advan dalam bincang-bincangnya bersama SPORTKU.

"Posisi plat nomor itu langsung berhubungan dengan rail fuel. Bagian tersebut sampai bolong, pas bahan bakar keluar, langsung api nyala besar banget di belakang saya," sambungnya. Menyadari hal tersebut, Advan langsung memerintahkan Febrizky untuk keluar mobil dengan cepat. Pasalnya ia sadar bahwa semakin lama maka api akan semakin besar.

"Pas tahu api besar banget, saya langsung bilang sama Febri dan menyuruhnya keluar. Karena sudah tidak bisa mengendalikan kecepatan, akhirnya saya dengan sengaja menabrakkan mobil ke tanggul agar berhenti dan kami bisa keluar," beber Advan.

Usai kejadian tersebut, pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang berada di lokasi langsung melakukan investigasi. Berdasarkan penuturan Advan, semua peranti yang ia benamkan di mobil memang sudah sesuai regulasi FIA sebagai rujukan tingkat keselamatan dalam balapan. Atas insiden tersebut, kabin Toyota FX GT milik Advannov terbakar habis. Harness yang melekat pada jok semuanya terbakar. Bahkan jok yang ada di dalam pun terlihat habis dilumat oleh sang jago merah.

Namun, Advan tetap tidak trauma. Menurutnya, memang namanya balapan akan seperti ini. "Saya tidak trauma. Dari sini kita tahu bahwa balapan itu bukan hanya mengajarkan untuk menang, tapi kita juga belajar tentang kekalahan," pungkas Advan.

  • facebook share

RELATED NEWS

Ott Tanak Perkuat Toyota Gazoo

Ott Tanak Perkuat Toyota Gazoo

WRC
Aksi Jumping Sprint Rally

Aksi Jumping Sprint Rally

SPRINT RALLY
Aksi Pereli di Malam Hari

Aksi Pereli di Malam Hari

SPRINT RALLY
Torehan Positif Bintang Automotive

Torehan Positif Bintang Automotive

SPRINT RALLY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company