Cetak Sejarah, Islandia Lolos ke Piala Dunia untuk Pertama Kalinya

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Soccerdotcom | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: guardian | 10 October 2017

SPORTKU.COM

Islandia dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018 usai menaklukan Kosovo dengan skor 2-0 pada Selasa (10/10) dini hari WIB.

Dengan kemenangan tersebut Islandia untuk pertama kalinya lolos ke ajang tertinggi turnamen sepakbola sepanjang sejarah  mereka. Raihan tiga poin tersebut membuat poin mereka menjadi 22 poin dari 10 pertandingan yang sudah dijalani.

Islandia pun mencatatkan rekor baru, yakni sebagai negara dengan penduduk paling sedikit yang bisa lolos ke Piala Dunia. Negara tersebut berpenduduk 334 ribu jiwa dan hanya memiliki luas daerah 100 ribu km persegi.


Baca juga
Extreme Riders Team

Sebelumnya, negara dengan populasi paling sedikit yang mampu lolos ke Piala Dunia adalah Trinidad & Tobago yang bisa lolos ke Piala Dunia 2006 dimana penduduk di negara tersebut hanya tercatat 1,3 juta orang.

Di Islandia sendiri tercatat hanya sekitar 20.000 pesepakbola, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini menjadi istimewa lantaran dengan jumlah yang sedikit, namun mereka mampu membuktikan bahwa jumlah bukanlah hal yang menjadi perkara untuk tidak bisa tampil di Piala Dunia.

Pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson yang bekerja paruh waktu sebagai dokter gigi itu mengaku bahwa ia tak menyangka bahwa negaranya bisa lolos ke Piala Dunia setelah bertahun-tahun lamanya selalu gagal.

"Ini sangat aneh. Waw, kami ke Piala Dunia. Pele, Maradona, dan Aron Einar Gunnarsson (pemain bintang Islandia)," kata Hallgrimsson dikutip dari the Guardian, Selasa (10/10).

Sebelumnya Islandia nyaris lolos pada Piala Dunia 2014 lalu, namun mereka harus kalah dari Kroasia di babak kualifikasi.


Baca juga
Klasemen Akhir Kejurnas Supermoto 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Lazio Menang, Inzaghi Senang

Lazio Menang, Inzaghi Senang

FOOTBALL
Performa Milan Bikin Montella Kecewa

Performa Milan Bikin Montella Kecewa

FOOTBALL
5 Pemain Wajib Dibeli MU

5 Pemain Wajib Dibeli MU

FOOTBALL
Indra Sjafri:  Kami akan Habis-habisan

Indra Sjafri: Kami akan Habis-habisan

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company