Alpe d'Huez Kembali Dilalui di Tour de France

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 10 October 2017

SPORTKU.COM

Tour de France 2018 akan mengunjungi Pegunungan Alpen, di depan Pyrenees, setelah absen selama tiga tahun.

Rute Tour de France edisi ke-105 sendiri baru akan diluncurkan secara resmi di Paris pada 17 Oktober mendatang. Namun informasi tersebut telah muncul ke permukaan lewat laporan surat kabar di Prancis.

Le Dauphiné Libéré, yang berada di wilayah Rhône-Alpes, melaporkan tiga etape secara rinci di Pegunungan Alpen tersebut. Akan ada etape dari Annecy ke Le Grand Bornand, diikuti oleh sebuah etape yang mungkin menghubungkan Albertville dengan La Rosière, dan kemudian sebuah etape dari Bourg-Saint-Maurice sampai Alpe d'Huez.

Satu-satunya bagian dari rute yang sejauh ini telah dikonfirmasi secara resmi adalah Grand Départ (lokasi start) di wilayah Vendée, di barat laut Prancis, yang akan menampilkan dua etape jalan raya dan sebuah Team Time Trial. Etape 4 akan dimulai di La Baule. Tapi dari situ informasi resmi berakhir.

Laporan tersebut juga menunjukkan balapan akan menuju ke Brittany, di barat laut negara itu, sebelum ke timur, menuju Roubaix, yang telah dikabarkan akan menjadi tuan rumah finish etape 9, setelah melewati beberapa sektor bebatuan yang dilewati pada Paris-Roubaix. Diperkirakan, etape Roubaix akan diikuti dengan hari istirahat pertama, pada tanggal 16 Juli, yang akan melihat transfer peloton ke Pegunungan Alpen. 

Baca juga:
EXTREME RIDERS TEAM FOKUS DI JALUR XC 

Menurut Le Dauphiné, Annecy akan menjadi tuan rumah pada hari istirahat dan dimulainya etape 10 pada hari berikutnya. Harian tersebut mengatakan, pebalap akan berangkat dari tepi danau, sejauh 151km, yang akan menuju Col des Fleuries, Côte de Romme, dan Col de la Colombière, sebelum turun ke Le Grand Bornand. Salah satu aspek yang sangat penting adalah rute tersebut akan mencakup dataran tinggi des Glières, yang memiliki bentangan jalur kerikil (gravel) sepanjang 1,8 km, yang menurut penyelenggara tidak akan dilewati.

Le Dauphiné memiliki sedikit rincian tentang etape ke-11, pada keesokan harinya. Namun surat kabar tersebut menyarankan, lokasi finish di stasiun ski La Rosière, setelah memulai balapan di Albertville. Etape itu bisa terjadi di Col du Pré, yang secara luas diidentifikasi dalam gambar yang diunggahkan di akun Twitter Tour, bersama dengan catatan “recce # TDF2018”.

Kembali ke Alpe d'Huez. Untuk ke-30 kalinya dalam sejarah balapan telah dikabarkan selama beberapa bulan, dan Le Dauphiné memilikinya pada etape 12, tanggal 19 Juli. Pertunjukan dimulai di Bourg-Saint-Maurice dan akan berkahir di atas Alpe d'Huez.

Terakhir finish di Alpe d'Huez adalah pada tahun 2015, dua tahun setelah pendakian ganda di 21 hair spin yang legendaris untuk merayakan Tour edisi 100. Tidak begitu jelas apakah etape ini akan menempuh rute tradisional atau dipadukan dengan melalui Col de Sarenne - seperti pada Critérium du Dauphiné tahun ini - atau Villard-Reculas di sisi yang berlawanan.

Le Dauphiné juga melaporkan etape 13 akan dimulai dari Bourg d'Oisans dan meninggalkan pegunungan, dengan etape akhir di wilayah La Drôme, mungkin di Valence. Perlombaan kemudian akan menuju Prancis selatan, Pyrenees, yang akan melewati pegunungan Alpen dan dengan demikian, sekaligus sebagai penghormatan dalam pertarungan kaus kuning (jersey pemimpin) untuk pertama kalinya sejak tahun 2014.

 

Baca juga:
DUET HAJI RIHAN DAN BOY DINATA AMBIL SISI POSITIF HASIL BALAPAN

  • facebook share

RELATED NEWS

Roche-Hermans Pimpin  BMC di Tiongkok

Roche-Hermans Pimpin BMC di Tiongkok

ROAD BIKE
 Ulissi Juara Tour Turki

Ulissi Juara Tour Turki

ROAD BIKE
Target Bahrain-Merida di Tiongkok

Target Bahrain-Merida di Tiongkok

ROAD BIKE
Lotto-Soudal Rekrut Pebalap Muda

Lotto-Soudal Rekrut Pebalap Muda

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company