Memahami Bagian Inti Pada Skateboard

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Skateboardology | Editor: Andi Wahyudi | 10 October 2017

SPORTKU.COM

Selain papan sebagai pijakan kaki, dalam skateboard ada bagian-bagian lain yang juga turut berperan penting. Apa saja bagian tersebut?

Bagi kalangan awam, bagian yang paling dikenal dalam skateboard adalah papan atau deck yang berfungsi sebagai pijakan kaki. Ternyata, selain itu ada bagian lain juga yang harus dipahami, salah satunya adalah bearing dan roda yang berfungsi sebagai penggerak papan seluncur tersebut. Baik bearing maupun roda, juga turut bertintegrasi dengan komponen lain agar performa papan seluncur dapat maksimal.

Jangan salah, meskipun terlihat sama, namun pada papan seluncur ini terdapat perbedaan untuk bagian depan dan belakang. Jika dicermati, bagian depan atau biasa disebut nose memiliki bentuk lebih lebar dibandingkan bagian belakang atau yang dikenal dengan tail.

Baca juga:
VALVERDE ABSEN DI TOUR DE FRANCE 2018

Selain papan, bagian berikutnya adalah griptape, ini berfungsi sebagai karpet atau alas pijakan kaki. Piranti ini bukan seperti karpet yang halus pada umumnya, melainkan lebih seperti bentuk amplas kasar. Mengapa memiliki permukaan kasar? Hal ini bertujuan untuk menjaga pijakan kaki agar lebih ngegrip di atas papan ketika ingin bermanuver. Selain itu, griptape ini juga memiliki fungsi lain agar kaki kita tidak licin dengan permukaan deck.

Selanjutnya, trukcs, atau biasa kita kenal dengan penyangga roda. Trucks ini memiliki fungsi untuk menggerakan roda depan dan belakang agar mudah untuk berbelok. Dalam artian, papan bisa dimiringkan ke kiri dan ke kanan. Karena pada dasarnya, trucks ini bersifat mendukung geometri papan seluncur tersebut. Di antara papan dan trucks, ada peranti lain yang dipasang, ini adalah riser.

Riser sendiri memiliki peranan untuk meredam tekanan gravitasi yang ditimbulkan. Bagian lainnya adalah bearing, ini merupakan benda yang digunakan untuk menggerakan roda. Adapun macam-macam bearing yang beredar di pasaran adalah jumlah roda di dalamnya. Semakin banyak roda di dalam bearing, maka roda akan semakin laju untuk berakselerasi.

Bagian selanjutnya adalah wheel, komponen ini pun terbagi menjadi dua sesuai dengan kebutuhannya. Bagi Anda yang ingin bermain di jalan atau lebih ke arah teknik, ukuran yang disarankan adalah 48-55 milimeter, sedangkan untuk yang bermain di luar jalan raya, bisa menggunakan wheel dengan dimensi 55-65 milimeter.

  • facebook share

RELATED NEWS

Arung Jeram Indonesia Berjaya

Arung Jeram Indonesia Berjaya

EXTREME SPORT
Indonesia Raih Podium Pertama

Indonesia Raih Podium Pertama

EXTREME SPORT
Tim Indonesia Berlatih Lebih Awal

Tim Indonesia Berlatih Lebih Awal

EXTREME SPORT
Kompetisi Seru di Tanjung Lesung

Kompetisi Seru di Tanjung Lesung

EXTREME SPORT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company