Studi Baru: Pengguna Sepeda Listrik Tidak "Curang"

Text : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Cyclingindustry | 11 October 2017

Pengguna E-Bike Tidak "Curang"

SPORTKU.COM

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Colorado Boulder telah mengubur mitos bahwa pengguna sepeda listrik (pedelec) adalah tindakan "curang".

Studi tersebut menunjukkan pesepeda memang mendapatkan "latihan efektif" dan manfaat kesehatan yang terkait dengan sepeda yang “ditenagai” pedal.

Diterbitkan di European Journal of Applied Physiology, temuan tersebut memperkuat keputusan tentang diperbolehkan atau tidaknya penggunaan sepeda listrik di jalur sepeda di kota Boulder. Peneleitian tersebut juga didukung oleh Pete's Electric Bikes, Republic Cycles dan merek nutrisi Skratch Labs.

Dalam melakukan penelitian ini, para periset merekrut sekelompok komuter - dua puluh orang sering duduk, melakukan tes kesehatan keseluruhan, mengukur glukosa darah dan kebugaran mereka. Para komuter itu kemudian diminta mengalihkan transportasi mereka saat bekerja, ke armada e-bike, dengan menggunakan setting kecepatan dan intensitas sesuai pilihan mereka, minimal selama 40 menit, selama tiga kali per minggu. Setiap subyek juga memakai alat monitor jantung dan GPS.

Baca juga:
INDONESIA SABET TIGA MEDALI DI HARI PERTAMA TRACK ASIA CUP 2017

Setelah sebulan, relawan mengunjungi laboratorium dan melakukan tes yang sama. Perbaikan penting kesehatan kardiovaskular pada 20 subyek itu pun terbukti, dengan adanya peningkatan kapasitas aerobik dan kontrol gula darah yang dicatat dalam semua kasus.

"Komuter dengan pedelec (sepeda listrik yang dibantuk dengan mengayuh pedal) dapat membantu seseorang memasukkan aktivitas fisik ke dalam hari-hari mereka tanpa harus menyisihkan waktu secara khusus untuk berolahraga," kata James Peterman, seorang peneliti pascasarjana di Departmen of Integrative Physiology di CU Boulder yang juga penulis utama studi baru tersebut.

Dalam kesimpulan penelitian, para peneliti juga menulis: "Peserta yang mengendarai pedelec di dunia nyata dengan intensitas moderat dan dipilih sendiri, membantu mereka memenuhi aktivitas fisik yang direkomendasikan. Perjalanan dengan pedelec juga menghasilkan perbaikan signifikan pada OGTT glukosa pasca setelah 2 jam, dan output daya. Pedelec adalah bentuk efektif dari transportasi yang aktif dan dapat memperbaiki beberapa faktor risiko kardiometabolik hanya dalam waktu 4 minggu."

Jadi, apakah Anda ingin beralih ke e-bike?

 

Baca juga:
PEGOLF INDONESIA JUARA MERCEDES TROPHY WORLD FINAL

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE
Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company