MotoGP Jepang Pernah Punya Catatan Buruk

Text : Suhartono | Photo / Video : Crash | Editor: Dedi Hermawan | 11 October 2017

SPORTKU.COM

Kawasan Asia akan memulai perhelatan MotoGP pada akhir pekan ini, 14-15 Oktober. Sirkuit Motegi, Jepang mengawali rangkaian MotoGP di Asia.

Jepang yang menjadi produsen terbanyak pemasok motor balap di ajang MotoGP kembali akan menjadi tuan rumah MotoGP. Negeri Sakura ini selalu menjadi lokasi menarik untuk para pebalap MotoGP. Juga akan menjadi balapan penting bagi tiga produsen utama yakni Yamaha, Honda, dan Suzuki. Maklum, ketiganya merupakan tim pabrikan asal Jepang yang berkuasa di MotoGP.

Jepang sendiri sudah sejak lama menggelar ajang balap motor. Empat fase perubahan ajang balap motor bergengsi di Jepang terjadi. Jepang yang memiliki banyak sirkuit bertaraf internasional juga menjadi rujukan para pebalap dunia. Maka wajar saja jika sejak tahun 1987, Jepang sudah masuk kalender balap Grand Prix (GP).

Tahun 1987 Jepang pertama kali menjadi negara tuan rumah Kejuaraan Dunia Balap Motor (GP). Saat itu balapan digelar di sirkuit legendaris Suzuka. Hanya dua kelas yang dilombakan saat itu yakni Kelas 250cc dan 500cc. Sirkuit Suzuka pun masih terus menggelar Kejuaraan Dunia MotoGP hingga tahun 2003. Kecuali pada tahun 1999, balapan dipindahkan ke Sirkuit Motegi.

Tahun 2003 menjadi laga pamungkas MotoGP di Sirkuit Suzuka. Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) menyatakan jika Sirkuit Suzuka tidak aman untuk menggelar MotoGP setelah tewasnya pebalap asal Jepang, Daijiro Kato di Sirkuit Suzuka pada tahun 2003. Ini menjadi catatan terburuk MotoGP Jepang sepanjang sejarah. MotoGP Jepang pun masuki babak baru. 

Baca Juga
Sejarah Panjang MotoGP Misano

Sejak tahun 2004, Dorna Sports selaku promotor balap MotoGP menggesernya ke Sirkuit Twin Ring Motegi. Musim 2011 MotoGP di Sirkuit Motegi sempat tertunda pelaksanaannya akibat gempa bumi di Tohoku dan bocornya pembangkit nuklir di Fukushima yang tak jauh dari trek. Balapan yang seharusnya digelar pada 24 April 2011 dipindahkan ke tanggal 2 Oktober 2011. Dani Pedrosa menjadi juara pada balapan tersebut.

Sirkuit Motegi juga menjadi sejarah bagi beberapa pebalap MotoGP. Setidaknya ada tiga pebalap yang pernah kunci gelar juara dunia di Sirkuit Motegi. Ketiga pebalap tersebut adalah Casey Stoner yang menjadi juara dunia MotoGP 2007 bersama Ducati. Lalu Valentino Rossi pada tahun 2008 yang menjadi juara dunia bersama Yamaha dan Marc Marquez di tahun 2014 bersama Honda.

Sementara itu, jauh sebelum tahun 1987, Jepang sendiri juga sudah rutin menggelar kejuaraan balap motor. Di mana pada tahun 1962 silam, Sirkuit Suzuka sudah mulai menjadi trek permanen berbagai ajang balap motor di Jepang. Hingga tahun 1965, Sirkuit Suzuka masih menjadi lokasi favorit para pebalap asal Negeri Matahari Terbit untuk mengasah skill balapnya.

Pada tahun 1966 dan 1967, Sirkuit Suzuka mundur dan digantikan oleh Fuji. Namun sejak tahun 1962 hingga 1967, balapan yang digelar hanya untuk Kelas 50cc, 125cc, 250cc, dan 350cc. Barulah pada tahun 1987 Jepang menjadi tuan rumah MotoGP dengan kembalinya Sirkuit Suzuka.

Baca Juga
Sejarah MotoGP Ceko
Bandingkan Mahalnya Biaya Balap MotoGP dan Moto2

  • facebook share

RELATED NEWS

Sirkuit Phillip Island Pernah Mogok

Sirkuit Phillip Island Pernah Mogok

MOTOGP
Dovizioso Jagokan Marquez di Australia

Dovizioso Jagokan Marquez di Australia

MOTOGP
Rossi Dalam Situasi Sulit

Rossi Dalam Situasi Sulit

MOTOGP
Espargaro Bikin Aprilia Optimis

Espargaro Bikin Aprilia Optimis

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company