Bosch Luncurkan Aki Terbaru 48V, Solusi Irit BBM

Text : Suhartono | Photo / Video : Bosch | Editor: Dedi Hermawan | 11 October 2017

SPORTKU.COM

Bosch meluncurkan aki hibrida 48 volt yang diklaim bisa menghemat konsumsi bahan bakar mobil.

Aki terbaru Bosch tersebut dikatakan sudah distandarisasi untuk kemudahan integrasi ke model kendaraan terbaru. Meski begitu, produksi aki sendiri baru akan dimulai pada akhir 2018. Selain aki 48 volt, Bosch juga menawarkan komponen powertrain lain untuk model-model tersebut, guna mengantisipasi pasar besar dari kendaraan hibrida tingkat awal.

Secara sistematis, Bosch telah merancang aki baru 48 volt ini untuk bisa mengurangi konsumsi bahan bakar. Hal ini sesuai dengan tujuan para produsen otomotif di manapun, baik di Tiongkok, Eropa, atau Amerika Utara yang saat ini terus berupaya mengurangi emisi CO2. Untuk itu, aki terbaru Bosch ini juga menggunakan sel lithium-ion sekecil mungkin.

Aki terbaru Bosch ini tidak membutuhkan pendinginan aktif, serta kerangkanya terbuat dari plastik, bukan logam. Kedua faktor ini membuat biaya produksi semakin rendah. Meski begitu, kerangka plastik pada aki terbaru Bosch diklaim mampu menahan panas yang timbul saat aki tersebut aktif bekerja.

Baca Juga
Penyelenggaraan Terburuk MotoGP Jepang

“Di Bosch, kami telah lama melakukan investasi dalam bidang elektromobilitas. Sekarang investasi tersebut secara bertahap mulai menunjukkan hasil. Kami menunjukkan bahwa aki ini memiliki keunggulan lain, lebih dari sekadar membuatnya bekerja lebih cepat, lebih kuat, lebih jauh; sebagai gantinya, ada seni untuk menemukan solusi agar aki lebih sesuai dan mudah digunakan," ungkap Michael Budde, Kepala Bosch Battery Systems.

Dengan aki baru ini, Bosch memainkan peran penting dalam membuat hibrida 48 volt lebih terjangkau oleh pasar luas. “Kami yakin aki ini akan menempatkan kami sebagai pemimpin pasar untuk aki 48 volt,” lanjut Budde.

Aki Bosch hibrida 48 volt diklaim dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dengan menggunakan dorongan dengan Boost Recuperation System/BRS. Cara kerjanya, saat pengemudi mengerem, BRS menyimpan energi pengereman ini dalam aki 48V dan menggunakannya kembali saat melaju (dorongan elektronik). Tindakan ini membutuhkan lebih sedikit bahan bakar -dan menghasilkan lebih sedikit CO2 di dalam knalpot.

Baca Juga
AHM Rilis New Honda Revo X
Helm JPX Lirik Event Balap

  • facebook share

RELATED NEWS

Detail Honda PCX Rakitan Lokal

Detail Honda PCX Rakitan Lokal

NEW PRODUCT
Highlights New Honda 150

Highlights New Honda 150

NEW PRODUCT
Launching All New Honda PCX

Launching All New Honda PCX

NEW PRODUCT
Canyon Spectral 2018

Canyon Spectral 2018

NEW PRODUCT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company