Pria di Balik Keselamatan Pembalap di Formula 4

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Formula 4 | Editor: Andi Wahyudi | 12 October 2017

Pria di Balik Keselamatan Pembalap

SPORTKU.COM

Siapa tokoh penting di balik keselamatan pembalap di ajang Formula 4? Ini jawabannya.

Ajang Formula 4 atau yang lebih dikenal dengan F4 adalah ajang balap mobil yang ditujukan bagi pengemudi pemula dari seluruh dunia untuk melakukan langkah pertama dari karting ke dunia balap single seater.

Arena Formula 4 juga dapat dikatakan sebagai ajang pembelajaran bagi pembalap pemula untuk lebih mengenal safety atau keselamatan. Nah, siapa sih sosok penegak tentang aturan sekaligus menjamin keselamatan di F4?

Sosok tersebut adalah Laurent Mekies, pria yang kini menjabat sebagai Direktur Keselamatan Federation Internationale de l'Automobile (FIA) serta Wakil Direktur Lomba Formula One dan Direktur Balap Formula Dua.

Tentang bidang pekerjaannya, Laurent Mekies mengaku bahwa ia mencoba untuk mendukung semua hal dari perspektif keselamatan yang didapat dirinya ketika berperan dalam dua kejuaraan sehingga memiliki gambaran apa yang dibutukan dalam hal keselamantan.

Baca juga
10 Besar Kontes Desain Chevrolet

"Salah satu pekerjaan saya adalah membuat balapan seaman mungkin bagi pembalap F4. Ada beberapa panduan baru—meski tidak populer di mata pemilik tim dan pembalap—yang diperlukan jika kita ingin menyelamatkan nyawa dan mengurangi atau bahkan menghilangkan cedera, " ujarnya, sebagaimana dikutip dari laman Formula 4.

Mekies mengatakan bahwa mendidik pembalap tentang isu keselamatan telah menjadi salah satu aspek tersulit dalam pekerjaannya.

"Para pembalap sering kali tak setuju. Kita perlu mendidik dan meyakinkan mereka bahwa kita tidak berusaha mengurangi kecepatan mobil atau bakat mereka. Kami mencoba mengantisipasi apa yang bisa terjadi, bukan bereaksi terhadap kecelakaan. Itulah sebabnya ketika kita menemukan solusi tertentu, ada orang yang mungkin mempertanyakan apa yang sedang kita lakukan,” ujarnya.

Atas dasar itulah, ia akan menerapkan skema piramida baru dalam balapan formula di mana pembalap akan mendapatkan poin untuk Lisensi Super Mereka dengan berlomba di Formula 4 terlebih dahulu, lalu di Formula 3 dan Formula 2 sebelum akhirnya ke Formula 1.

Langkah ini dianggap sebagai cara agar penerapan keselamatan kepada pembalap pemula sehingga kedepannya mereka lebih bisa paham terkait isu tersebut.

Baca juga
Sirkuit Tak Layak, Korbankan Pebalap

  • facebook share

RELATED NEWS

Ambulans Evakuasi untuk Ajang Balap

Ambulans Evakuasi untuk Ajang Balap

HOT ISSUE
Jaga Motorku, Asuransi Pelindung Terlengkap

Jaga Motorku, Asuransi Pelindung Terlengkap

HOT ISSUE
Timnas U19 Intip Produksi Ban

Timnas U19 Intip Produksi Ban

HOT ISSUE
Cerita Menarik Marquez-Pedrosa dari Tangerang

Cerita Menarik Marquez-Pedrosa dari Tangerang

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company