Tiga Pebalap Juara Dunia MotoGP di Motegi

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 12 October 2017

Pebalap Juara Dunia di Motegi

SPORTKU.COM

Perebutan gelar juara dunia MotoGP masih akan terus terjadi hingga akhir musim 2017. Kini Marc Marquez unggul dengan 224 poin.

Dua pebalap utama masih akan terus berjuang dalam memperebutkan gelar juara dunianya. Adalah Marc Marquez dan Andrea Dovizioso. Marquez kini memang menjadi pemucak klsemen sementara dengan 224 poin. Meski begitu, posisinya belum aman untuk bisa menjadi juara dunia. Sebab di peringkat dua adalah Andrea Dovizioso yang hanya tertinggal 16 poin.

Sirkuit Motegi, Jepang kembali akan menjajal kemampuan para rider. Trek sepanjang 4,8 kilometer ini memang memiliki sejarah manis bagi Marquez. Di mana pebalap Repsol Honda tersebut pernah kunci juara dunia di Sirkuit Motegi. Selain Marquez, masih ada dua pebalap lagi yang juga melakukan hal sama.

Baca Juga
Kilas Balik Sejarah MotoGP Ceko

Berikut tiga pebalap yang kunci gelar Juara Dunia MotoGP di Sirkuit Motegi:

1. Casey Stoner (Ducati)
Pada tahun 2007, Stoner melakukan balapan dengan apik. Sepuluh kemenangan dia torehkan selama satu musim balapan. Namun bisa jadi yang paling mengesankan baginya adalah saat tampil di Jepang. Di Sirkuit Motegi Stoner meraih gelar Juara Dunia MotoGP 2007. Meski pada balapan yang dihelat di Sirkuit Motegi tersebut, Stoner tak mampu finish terdepan dan kalah dengan Loris Capirossi yang juga geber Ducati.

Sementara itu, saat balapan di Sirkuit Motegi, pebalap Australia ini justru hanya finish ke-6 dan menjadi penampilan terburuknya di tahun 2017. Dengan hanya menambah 10 poin, namun cukup bagi Stoner untuk bisa menjadi juara dunia. Hingga akhir musim, Stoner unggul telak dengan 367 poin. Meninggalkan pesaing terdekatnya Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang terpaut 125 poin.

2. Valentino Rossi (Yamaha)
Di tahun 2008, Sirkuit Motegi juga menjadi lokasi bagi Valentino Rossi untuk mengunci gelar juara dunia. Penampilan Rossi di Sirkuit Motegi, Jepang pada musim 2008 juga berjalan sempurna. Pebalap Italia dengan tunggangan Yamaha M1 ini mampu mendominasi permainan dengan kemasan 25 poin.

Setelah menangi balapan dengan finish terdepan, Rossi merayakannya dengan penuh suka cita. Bagaimana tidak? Bukan hanya menangi seri MotoGP Motegi. Kala itu Rossi juga menobatkan dirinya menjadi Juara Dunia MotoGp 2008. Pada tahun 2008, Rossi meraih 9 kemenangan dan menutup balapan musim tersebut dengan keunngulan 373 poin.

Pesaing terberat Rossi yang sepanjang seri menjadi musuhnya adalah Casey Stoner. Pebalap Australia ini pun terpaksa harus puas mengakhiri balapan di posisi runner up dengan 280 poin.

Baca Juga
Sejak Kapan Suzuka 8-Hours Digelar? Berikut Sejarahnya

3. Marc Marquez (Honda)
Menjalani laga kandang untuk timnya, mungkin menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para pebalap MotoGP. Termasuk satu diantaranya Marquez. Penampilannya di Jepang menjadi salah satu yang harus dilakukan dengan apik olehnya. Sirkuit Motegi pun pernah menjadi saksi bisu kemenangan Marquez dalam meraih gelar juara dunia.

Pada tahun 2014 silam, Marquez mengunci gelar juara dunia di Sirkuit Motegi, Jepang. Saat balapan dihelat di sana, pebalap Spanyol ini memang tak bisa finish di peringkat teratas. Marquez pun harus puas di posisi kedua dengan 20 poin. Dia kalah dari Valentino Rossi yang finish terdepan.

Namun toh dengan tambahan 20 poin, Marquez sudah menasbihkan dirinya menjadi Juara Dunia MotoGP 2014. Saat itu Marquez mengantongi 362 poin di klasemen akhir. Tertinggal 67 poin, Rossi harus puas di posisi ke-2 klasemen akhir.

Aksi Marquez kunci gelar juara dunia juga terjadi di tahun 2016 lalu. Namun yang kali ini menjadi lebih special bagi Marquez. Jalani laga kandang untuk Honda, musim 2014 juga menjadi kemenangan perdana bagi Marquez di Sirkuit Motegi, Jepang.

Saat itu Marquez sudah kunci juara dunia dengan 273 poin, meninggalkan jauh Rossi di peringkat kedua dengan 196 poin. Rossi tertinggal 77 poin dari Marquez. Sementara balapan hanya menyisakan tiga putaran lagi. Alhasil, jikalau saat itu Marquez sama sekali tak meraih poin dan Rossi menang di tiga seri penutup, maka dirinya tetap unggul 2 poin.

AKan tetapi hingga akhir musim, akhirnya Marquez kantongi 298 poin dan Rossi sebagai runner up dengan 249 poin.

Baca Juga
MotoGP Jepang Pernah Punya Catatan Terburuk

  • facebook share

RELATED NEWS

Klasemen Akhir Kejurnas IRS 2017

Klasemen Akhir Kejurnas IRS 2017

INDOSPEED
Corsa Panaskan Event Balap Banjarbaru

Corsa Panaskan Event Balap Banjarbaru

ROAD RACE
Highlights Kejurnas IRS 2017

Highlights Kejurnas IRS 2017

INDOSPEED
Pebalap Top Indonesia Serbu Malang

Pebalap Top Indonesia Serbu Malang

SUPERMOTO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company