Yamaha Kandangkan Jonas Folger, Pebalap Jepang Gantinya

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 13 October 2017

Yamaha Kandangkan Jonas Folger

SPORTKU.COM

Sirkuit Motegi, Jepang tak akan menampilkan pebalap asal Jerman. Pebalap tersebut telah digantikan oleh Kohta Nozane.

Pebalap Monster Yamaha Tech3 Jonas Folger tak bisa turun balap di Sirkuit Motegi, Jepang pada akhir pekan ini, 14-15 Oktober. Pebalap asal Jerman tersebut masih harus menjalani pemeriksaan medis. Pebalap 24 tahun tersebut sejatinya sudah berada di Jepang. Namun dirinya pun terpaksa harus kembali ke Jerman.

Folger terindikasi terserang Epstein-Barr Virus (EBV) yang membuat tubuhnya merasa lelah. Hingga akhirnya Folger menjalani pemeriksaan di Clinica Mobile Sirkuit Motegi. Dari pemeriksaan tersebut, tim dokter menganjurkan kepada Folger untuk tidak ikut balapan dan kembali ke Munich, Jerman untuk melakukan pemeriksaan detail.

"Saya datang ke Jepang dan termotivasi untuk mengikuti tiga balapan beruntun ini, tapi saya merasa sangat lemah sejak putaran Misano dan Aragon. Setibanya di sini (Jepang), saya telah berjuang dengan energi saya, bahkan saya tidak bisa meninggalkan kamar hotel. Saya juga harus absen di beberapa acara Yamaha," ungkap Folger.

Baca Juga
Video Kecelakaan Marquez di Motegi

Dengan kondisi yang terus melemah, Folger pun akhirnya bertemu dengan Herve Poncharal. Keduanya sepakat untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Setelah mendapat penanganan darurat dari Dr Charte dan tim Clinica Mobile, Folger diperintahkan untuk segera kembali ke Jerman agar melakukan serangkaian tes darah. Folger mengaku jika dirinya memang pernah terserang virus Epstein Barr di masa lalu.

Untuk menggantikan Folger, Yamaha Tech3 telah menunjuk Kohta Nozane. Pebalap tersebut merupakan test rider Yamaha dan tergabung dalam (YART). Nozane juga aktif balap di ajang All Japan JSB1000 Championship. Pada musim ini, Nozane juga tergabung bersama Yamaha di ajang Suzuka 8 Hours.

"Ini adalah kejutan besar bagi saya, saya masih tidak percaya bahwa saya akan naik di Grand Prix Jepang. Motegi adalah sirkuit favorit saya dan saya telah menunggangi YZR-M1 dengan ban Michelin di sini sebelumnya sebagai test rider Yamaha. Ini akan menjadi kehormatan untuk naik di rumah sendiri seperti pebalap MotoGP. Terima kasih kepada Yamaha dan Monster Yamaha Tech3 karena telah memberi saya kesempatan ini," tutup Nozane.

Baca Juga
Yamaha Turunkan Pebalap baru di Seri 4 IRS 2017
Di Balik Kegagal Timnas Belanda ke Piala Dunia 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Koleksi Foto Kejurnas IRS

Koleksi Foto Kejurnas IRS

INDOSPEED
Dimulainya Peradaban Balap Motor Australia

Dimulainya Peradaban Balap Motor Australia

MOTOGP
Rekor Cup Race 2017

Rekor Cup Race 2017

ROAD RACE
Marquez Malah Puji Dovizioso

Marquez Malah Puji Dovizioso

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company