Apa itu Crank Narrow-Wide?

Text : Adi Supriyatna | 15 October 2017

Apa itu Crank Narrow-Wide?

SPORTKU.COM

Di dunia sepeda gunung (MTB) telah muncul trend baru terkait dengan groupset atau drive train, yaitu crank narrow-wide.

Crank tipe narrow-wide muncul pertama kali sekitar tahun 2012. Sebagai bagian dari groupset buatan produsen komponen SRAM, komponen ini menarik perhatian kalangan penggemar MTB karena menawarkan banyak keuntungan.

Secara fisik, crank narrow-wide mirip seperti crank standar – terdapat engkol dengan lingkaran bergerigi. Namun, bila ditelisik lebih jauh, crank narrow wide memiliki desain dan konstruksi yang berbeda.

Profil dan susunan gigi yang berjajar pada crank atau chainring narrow-wide berbeda - sempit dan lebar. Sedangkan pada crank standar yang cenderung sama. Pada setiap gigi crabk narrow wide terdapat area kotak di sisi dalamnya. Sedangkan pada crank standar berdesain rata pada kedua sisi giginya.

Selain itu, crank narrow-wide didesain atau hanya memiliki satu (single) chainring. Sedangkan crank MTB konvensional bisa memiliki dua atau bahkan tiga chainring. Oleh karena itulah, penggunaan crank narrow-wide tidak disertai dengan Front Derraileur (FD) dan shifter.

Lantas, apa keuntungan dengan menggunakan crank narrow-wide?

Dengan profil giginya yang khas, rantai tidak mudah lepas dari gigi. Rantai akan cenderung “tertahan” di gir dan lebih stabil meski terjadi guncangan.

Dengan dihilangkannya FD, shifter untuk FD plus chain ring, maka bobot sepeda akan menjadi lebih ringan dari sebelumnya, sekitar 450gram atau lebih. Bagi kalangan pebalap MTB, pengurangan itu sangat berati dan dapat meningkatkan performa mereka. Sepeda juga tampak lebih simple dan “bersih”, dengan hilangnya 1 kabel untuk shifter.

Baca juga:
TIM LOTTO-SOUDAL REKRUT 2 PEBALAP MUDA


Penggunaan crank narrow-wide biasanya diserta sprocket (gir belakang) dengan rentang yang lebar (11-40 hingga 50T, tergantung tipe) dan memberikan rasio gir (gear ratio) yang lebar pula, hingga 500%. Artinya, pesepeda bisa mendapatkan kecepatan dengan energi yang jauh lebih efisien (ringan). Kondisi itu akan sangat menguntungkan para rider, terutama saat melintasi tanjakan yang curam. Rider membutuhkan energi atau power yang tidak terlalu besar karena kayuhan pada pedal akan terasa sangat ringan. Keuntungan lainnya, rider hanya cukup fokus mengoperasikan 1 shifter (kanan atau pengatur gir belakang) saja.

Untuk bisa menggunakan crank narrow-wide sendiri kini jauh lebih mudah dibandingkan pada beberapa tahun silam. Kalau dahulu hanya dijual dalam bentuk satu paket groupset atau unit crank saja, tapi dengan harga yang masih lumayan tinggi, kini tidak lagi.

Crank narrow-wide juga bisa dimiliki dengan memodifikasi crank standar, yakni mengganti chainring standar dengan chainring tipe narrow-wide. Chainring narrow-wide yang terdapat di pasaran terdapat dengan jumlah gigi (tooth) yang beragam, seperti 32T, 34T atau lainnya, tergantung keinginan atau/kekuatan fisik calon penggunanya.

Hanya saja, untuk memodifikasi, rider harus terlebih dahulu memahami tentang BCD (Bolt Circle Diameter) mengingat jenis yang ada memiliki ukuran yang berbeda dan tidak salah saat membelinya.


Baca juga:
PIALA DUNIA TERAKHIR BAGI INIESTA


Profil gigi pada crank narrow-wide (Foto: Bicycles.stackexchange)
apa-itu-crank-narrow-wide--41162965cc835c8.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

DID U KNOW
Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
Trik Agar Selamat Saat Crash!

Trik Agar Selamat Saat Crash!

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company