Bila Liga 1 Bubar

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pikiran Rakyat | Editor: Andi Wahyudi | 16 October 2017

SPORTKU.COM

Bila Liga 1 benar-benar bubar, apa yang akan terjadi pada sepakbola Indonesia? Apakah kejadian di tahun 2015 akan terulang?

Sebanyak 15 dari 18 klub peserta liga1 yang tergabung dalam Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia (FKSPI) beberapa waktu lalu menancam untuk mogok bermain. Hal tersebut dilakukan lantaran mereka menganggap bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak ada niat baik, keseriusan serta profesionalisme dalam menjalankan roda kompetisi.

Hal ini sempat membuat Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Edy Rahmayadi marah. Ia bahkan mengancam bila ke-15 klub tersebut benar-benar mogok bermain, pria yang menjabat sebagai Pangkostrad itu bahkan akan membubarkan liga.

"Itu ancaman mogok, cuma cari sensasi saja mereka itu. Nggak ngerti saya mau mereka ini apa. Silakan kalau mereka mau mogok bertanding. Berarti Liga 1 kita bubarkan saja. Tak usah lagi mereka main," ujarnya seperti dikutip dari Republika.

Pada akhirnya, kedua kubu yang bertikai, yakni FKSPI dan PT LIB sudah mencapai kesepakatan untuk melanjutkan pertandingan Liga 1 hingga selesai. Meski demikian, bukan tidak mungkin kejadian ini bisa kembali berulang.

Berikut ini adalah kejadian-kejadian yang bakal terjadi bila akhirnya klub mogok dan liga dibubarkan:

1. Pengangguran Masal

Hal pertama yang terjadi bila klub mogok bertanding adalah membubarkan tim. Hal ini dimaksudkan agar pengeluaran klub tidak membengkak. Namun, dampak dari pembubaran tim adalah pemain yang ada di klub itu pun berstatus bebas transfer.

Pasalnya klub di Indonesia saat ini tak banyak yang mengontrak pemainnya dengan kontrak jangka panjang. Paling lama adalah satu musim, bahkan ada pula yang hanya dikontrak selama setengah musim saja.

Kesimpulannya adalah bahwa pemainlah yang paling berdampak ketika pembubaran liga terjadi. Mungkin hanya beberapa pemain saja yang bisa survive bila tak bermain, sementara kebanyakan pemain yang menganggur tak punya pekerjaan lain selain bermain sepakbola bakal kesulitan.

Baca juga
Hasil Lengkap Kejurda Gymkhana Jawa Barat Putaran Kedua 2017

2. Mandegnya Pembinaan Pemain

Banyak yang menganggap Indonesia sulit berprestasi di kancah internasional lantaran buruknya pembinaan pemain, terutama pemain di usia dini. Pasalnya, belum ada kompetisi resmi berbentuk liga yang menaungi pemain muda.

Ajang seperti Piala Suratin dan Liga 1 U-19 dapat dikatakan belum memadai untuk pembinaan pemain muda karena formatnya setengah kompetisi dan klub peserta yang ikut pun tak banyak sehingga pemain yang terjaring pun sedikit.

Bayangkan bila klub mandeg beroperasi, bagaimana nasib pemain muda pasca SSB, PraPON, Diklat, hingga PPLM. Tak ada klub sepakbola yang menampung lantaran bubar.

3. Promosi Besar-besaran

Bila Liga 1 bubar, maka dipastikan klub-klub yang berada di Liga 2 akan promosi otomatis ke Liga 1. Paling tidak, sebanyak 15 klub yang lolos ke-16 besar beberapa waktu lalu punya potensi untuk menempati 15 slot yang kosong.

4. Disanksi FIFA

Pada tahun 2015 lalu, otoritas tertinggi sepakbola Indonesia, PSSI disanksi FIFA lantaran adanya intervensi dari pemerintah, dalam hal ini Kemenpora yang membekukan aktivitas PSSI lantaran dianggap tak memenuhi permintaan BOPI untuk memprofesionalkan klub.

Bisa jadi sanksi FIFA lanjutan akan diberikan kepada Indonesia bila liga dibubarkan. Bila demikian, Indonesia akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti ajang Internasional seperti Piala AFF, Kualifikasi Piala Asia, dan kualifikasi Piala Dunia seperti pada tahun 2015 silam.

Baca juga
Malaysia-Filipina Datangi FIA Motorsport

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company