Shimano Siapkan Power Meter Tahan Air

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Shimano | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Bikeradar | 17 October 2017

Shimano Siapkan Power Meter

SPORTKU.COM

Raksasa komponen Jepang, Shimano, tengah menyiapkan komponen power meter terbaru.

Power meter yang disiapkan itu berupa dua sisi (dual-side) yang diklaim memiliki akurasi +/- 2%. Komponen tersebut dijual dengan atau tanpa chainrings mulai 1 November mendatang dengan seharga $ 1,550 (sekitar Rp 20,1 juta).

Power meter Shimano R9100-P kompatibel dengan crank model Dura-Ace dan merupakan yang pertama dari pabrikan jepang tersebut.

Manajer produk Road Shimano, Dave Lawrence, mengatakan bahwa Shimano memutuskan untuk memasuki pasar power meter dengan alasan adanya permintaan dari tim profesional.

"Tim menginginkan keseluruhan sistem yang sangat akurat, sangat konsisten, sangat tahan lama," kata Lawrence.

"Kami merasa bahwa karena kami memproduksi crankset, kami bisa melakukan itu. Kami bisa memasang alat pengukur regangan pada saat produksi dan bisa membawa ketiganya secara bersamaan. Pilihan mereka juga ingin bisa beralih ke ragam produk lain dengan mudah, dan juga ingin di sisi kiri dan kanan," jelas Lawrence lagi.

Selain estetika dan integrasi dalam pembelian dengan kelompok Shimano Dura-Ace, R9100-P juga membawa beberapa hal baru. Selain adanya pengukuran di dua sisi yang berbeda dengan pengukur regangan di kedua sisi, Shimano juga hanya memiliki satu baterai karena kedua sisi power meter tersebut terhubung dengan kawat.

Baca juga:
LOOK RILIS PEDAL MTB SERI X-TRACK

Beberapa power meter, seperti Quarq, menawarkan data kiri atau kanan tanpa pengukuran yang berbeda. Namun menggunakan formula berdasarkan daya yang diterapkan pada kayuhan pedal. Meteran lainnya adalah dengan pengukuran di dua sisi dengan dua baterai. Ada juga yang hanya memiliki satu titik transmisi data, bukan hanya satu dari setiap engkol.

Baterai yang tertutup diisi dengan adaptor magnetis, yang menghindari penggunaan baterai ke elemen. Baterai lithium-ion Sony yang digunakan, klaim Shimano, mampu bertahan selama 300 jam perjalanan.

Untuk gearing, R9100-P akan hadir dalam tiga konfigurasi standar, yaitu 53/39T, 52/36T dan 50/34T. Shimano mengklaim bahwa power meter-nya benar-benar tahan air.

Power meter akan menambahkan sebesar 70g kepada crankset. Bila dengan crank 170mm dan chainring 53/39T, bobot toatlnya menjadi 691gram. Untuk transmisi data, R9100-P bekerja dengan sistem ANT + standar, namun juga memiliki koneksi Bluetooth, yang menawarkan kemampuan untuk update firmware yang mudah dari smartphone.

Shimano mengklaim, mengubah chainrings tidak akan mempengaruhi kalibrasi power meter. Shimano meter memiliki kompensasi suhu yang sudah termasuk di dalamnya (built-in). Namun Shimano merekomendasikan melakukan offset nol sebelum memulai setiap perjalanan.


Baca juga:
IMI JABAR APRESIASI PENYELENGGARA KEJURDA GYMKHANA


Mengubah chainrings tidak akan mempengaruhi kalibrasi power meter Shimano
shimano-siapkan-power-meter-302597d01dacbc6.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Warna Baru Yamaha R25

Warna Baru Yamaha R25

NEW PRODUCT
Polygon Rilis Siskiu T Series

Polygon Rilis Siskiu T Series

NEW PRODUCT
Knalpot Akrapovic Kawasaki Z900RS

Knalpot Akrapovic Kawasaki Z900RS

NEW PRODUCT
Komponen MTB Terbaru

Komponen MTB Terbaru

NEW PRODUCT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company