Slalom Dipersiapkan Masuk dalam Cabang Olahraga PON

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 17 October 2017

Slalom Masuk Agenda PON

SPORTKU.COM

Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digulirkan pada tahun 2020 mendatang, akan menyertakan balap slalom sebagai salah satu cabangnya.

Eksistensi balap slalom yang kini sedang naik daun akan semakin bertambah nilai gengsinya, sebab berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk olahraga otomotif Tanah Air telah menyiapkan sebuah gebrakan. Sesuai kesepatan yang telah ditetapkan, slalom, akan masuk dalam salah satu cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Pekan Olahraga Nasional.

Kabar terbaru mengenai hal tersebut disampaikan oleh Kabid Roda Empat IMI Jawa Barat, Fredi Rostiawan, disela-sela gelaran Kejurda Gymkhana Jawa Barat 2017 yang berlangsung akhir pekan kemarin (14/10) di Stadion Pakansari, Bogor. Secara singkat, Fredi, yang juga merupakan peslalom ini menjelaskan mengenai kepastian masuknya slalom dalam cabor PON.

Baca juga:
GALERI FOTO AKSI JUMPING SPRINT RALLY

"Insya Allah jadi (slalom masuk ke dalam PON). Mulai 2018 programnya akan digulirkan. Jadi nanti event ini, rencananya, berdasarkan hasil rakor kemarin, jadi event Kejurnas itu akan menunggu hasil Kejurda. Seperti yang telah dilakukan di Motorprix (MP). MP itu kan Kejurnasnya, mereka menunggu hasil Kejurda dari tiap-tiap daerah, nanti akan ada Kejuaraan Regional. Jadi dari Kejuaraan Regional, baru ke Kejuaraan Nasional. Seperti itu nantinya," ujar Fredi.

Namun untuk menuju Pekan Olahraga Nasional yang akan dilangsungkan 2020 mendatang. PP IMI melalui bagian terkaitnya baru akan mulai melakukan rangkaian menuju PON di Papua Barat dengan cara eksibisi terlebih dahulu. Hal ini tentunya sebuah cara untuk lebih memasyarakatkan cabang balap slalom tersebut.

"Kalau untuk yang ke Papua mungkin belum, tapi akan kita upayakan bahwa untuk menggelar eksibisi terlebih dahulu," tambah Fredi. Namun ketika ditanya lebih lanjut mengenai eksibisinya akan seperti apa, Fredi, enggan berkomentar lebih jauh. Karena menurut peslalom PST ini hal tersebut bukan merukapan wewenangnya.

Baca juga:
PEMAIN BINTANG YANG ABSEN DI PIALA DUNIA 2018

"Saya juga belum tahu (eksibisi akan dimana), mungkin nanti bisa ditanya langsung oleh Kabid Roda Empat PP IMI. Karena kita juga memang koordinasi dengan beliau. Dari hasil rakor kemarin, semua untuk slalom itu akan fokus ke PON. Fokus untuk gimana caranya bisa hadir, namun saat ini hanya eksibisi dahulu. Namun sistem lombanya di 2018 akan sudah dimulai mengikuti alur," tambah Fredi.

Dengan rencana matang yang kini sedang dipersiapkan oleh Ikatan Motor Indonesia mengenai masuknya cabang olahraga slalom ke PON, akan menjadi sebuah parameter baru bagi peslalom. Pasalnya nilai kebanggaannya ketika slalom masuk menjadi cabang olahraga, maka masing-masing peslalom daerah harus mengutus jagoannya untuk tampil kompetitif di ajang tersebut.

  • facebook share

RELATED NEWS

Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

TOPIC OF THE WEEK
Di Balik Penampilan Cemerlang Sampdoria

Di Balik Penampilan Cemerlang Sampdoria

TOPIC OF THE WEEK
Rahasia Kesaktian City Musim Ini

Rahasia Kesaktian City Musim Ini

TOPIC OF THE WEEK
Integritas Felipe Massa

Integritas Felipe Massa

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company