Milan Masih Mencari Jati Diri

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Eurosports | Editor: Andi Wahyudi | 17 October 2017

SPORTKU.COM

Kekalahan dalam pertandingan derby melawan Inter Milan bukti bahwa AC Milan masih mencari jati dirinya di musim ini.

Pertahanan milik AC Milan tengah diuji. Pada Serie A pekan ke-8, striker Inter Milan, Mauro Icardi sukses mencetak tiga gol ke gawang Rossoneri yang dikawal oleh Gianluigi Donnaruma dan diperkuat oleh tiga bek yang dipimpin oleh Leonardo Bonucci yang menjadi kapten dalam pertandingan tersebut.

Hattrick yang dibuat oleh penyerang asal Argentina itu tak hanya memberikan Milan kekalahan keempat musim ini, tetapi juga jumlah defisit gol bagi mereka. Total Il Diavolo sudah kemasukan 13 gol dan baru mencetak 12 gol sejauh ini.

Padahal, saat ini Milan dapat dikatakan memiliki pemain bertahan jempolan. Selain Bonucci, mereka memiliki deretan pemain belakang kelas dunia seperti Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodríguez, Andrea Conti, hingga Ignazio Abate.

Namun, meski memiliki deretan bek yang cukup baik, kesemua pemain belum mampu tampil padu. Bahkan Bonucci yang tampil baik selama ini di Juventus seperti kehilangan sentuhannya. Musacchio dan Romagnoli yang menjadi partnernya di belakang tak mampu tampil sepandan layaknya trio BBC Juventus di mana Bonucci sukses mengawal pertahanan Bianconerri bersama Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli waktu itu.

Di awal musim, Vincenzo Montella menggunakan skema taktik 4-3-3 di mana di posisi belakang Bonucci dan Musacchio diduetkan. Hasilnya cukup baik, mereka tak terkalahkan 6 pertandingan beruntun, baik di Liga Europa maupun di Serie A.

Namun, usai kalah 4-1 dari Lazio, Montella bereksperimen dengan menggunakan skema 3-5-2. Selain untuk menutup kekurangan saat dikalahkan tim asal Ibu Kota itu, perubahan taktik ini didasari lantaran cederanya Conti yang harus absen selama setengah musim.

Sementara Romagnoli yang sebelumnya menjadi cadangan kembali muncul sebagai andalan, pemain baru seperti Rodriguez yang biasanya menyisir bek sayap kiri mau tak mau dicadangkan dalam skema baru tersebut.

Baca juga
FOCI Sambangi Kampus dan Berbagi Kisah Sukses Mereka

Perubahan secara radikal taktik ini sempat membuat decak kagum lantaran sukses menang besar ketika melawan Austria Vienna dengan skor 5-1 dan tak kebobolan pada saat melawan Spal dengan skor 2-0 di Serie A.

Namun, semua berubah ketika pemain Milan yang bermain di dua kompetisi tersebut mengalami cedera. Nama-nama seperti Lucas Biglia, Giacomo Bonaventura, Riccardo Montolivo dan Alessio RomagnoliLuca Antonelli dan Nikola Kalinic bergantian cedera.

Hal ini pun merusak skema dalam pemilihan pemain utama di Milan. Termasuk dalam pertandingan Derby della Madonnina melawan Inter di mana Suso yang berposisi asli sebagai sayap dipaksa menjadi penyerang menemani Andrea Silva. Hal ini yang membuat Suso seperti malfungsi dan menjadi salah satu penyebab kekalahan bagi Rossoneri untuk ketiga kali secara beruntun.

Musim ini Milan sudah mengeluarkan biaya transfer sebesar 200 juta euro atau sekitar Rp3,1 triliun. Namun, Montella masih menghadapi masalah soal kedalaman skuatnya yang ternyata masih dianggap buruk.

Untuk memperbaiki yang sudah terlanjur terjadi adalah bagaimana Montella menemukan resep yang tepat untuk dijadikan identitas Milan musim ini. Apakah bermain dengan empat bek, tiga bek atau mengatur skema taktik baru yang bisa diterima oleh semua pemain.

Meski sudah empat kali kalah di Serie A, namun beruntung Montella masih diberikan kesempatan untuk menukangi Milan demi proyek ambisius mereka untuk kembali berkuasa di Serie A—juga Eropa dan dunia. Perlu waktu, tapi tentu perlu juga kecerdasan untuk terus bereksprimen untuk mencapai skema terbaik ketimbang berharap bisa tetap menang dengan skema yang ada.

Baca juga
Szczesny: Tinggalkan Arsenal Pilihan Tepat

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company