Lima Momen Ikonik Arsene Wenger di Arsenal

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Evening Standard,huffpost,talksports | Editor: Andi Wahyudi | 17 October 2017

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

SPORTKU.COM

Banyak sudah yang diberikan Arsene Wenger kepada Arsenal. Berikut lima momen ikonik Sang Profesor bersama klub berjuluk Meriam London tersebut.

Awal Oktober2017 lalu, Arsenal baru saja merayakan hari jadinya bersama Arsene Wenger yang ke-21 tahun. Tentunya bagai hubungan suami dan istri, pasti ada banyak hal yang dilewati baik suka maupun duka.

Saat ini banyak orang yang tak lagi menginginkan kehadiran Wenger di Emirates Stadium. Hal tersebut terjadi lantaran prestasi Arsenal yang stagnan dalam beberapa musim terakhir.

Meski demikian, sosok Wenger tak diragukan lagi sebagai salah satu legenda di klub tersebut lantaran memiliki banyak catatan prestasi yang gemilang. Ia pun dianggap berjasa menaikan pamor klub asal London itu ke seluruh dunia.

Atas dasar itulah, Wenger pun patut diberikan penghargaan, pengakuan, serta penghormatan berkat dedikasi dan prestasi yang diraih sejauh ini bersama Arsenal.

Berikut lima momen ikonik karir Wenger bersama Arsenal:

Memindahkan Arsenal dari Highbury ke Emirates

Memindahkan Arsenal dari Highbury ke Emirates (Evening Standard)

 

lima-momen-ikonik-arsene-79016d5efff9a56.jpg

Sebelum bermain di Emirates Stadium yang dianggap sebagai salah satu stadion sepakbola paling canggih dan modern saat ini, Arsenal hanya bermain di Highbury Stadium yang hanya memiiliki kapasitas 38 ribu penonton.

Hal ini membuat kesulitan bagi Arsenal untuk berkembang lebih besar. Highbury dianggap sebagai “rumah kecil” di era industri sepakbola yang sarat dengan unsur komersil. Untuk itulah Wenger mengupayakan agar The Gunners pindah ke stadion yang lebih besar sehingga bisa meraup lebih banyak keuntungan.

Banyak yang mengkritik kebijakan Wenger dengan memindahan Arsenal dari Highbury yang sakral ke Emirates yang dianggap sebagaian orang hanya ingin mendulang keuntungan finansial. Namun banyak yang tak tahu banwa pembangunan stadion baru itu membebankan hutang kepada pemilik klub.

Namun berkat kejeniusan Wenger yang mengoptimalkan belanja pemain dengan mengandalkan pemain akademi berbuah manis. Arsenal konsisten di papan atas klasemen dan selalu bermain di Liga Champions.

Hal ini membuat utang klub lunas dan Arsenal kini tengah menikmati pundi-pundi kejayaan di Emirates Stadium.

Gelar Ganda di Musim Kedua

Gelar Ganda di Musim Kedua (Huffpost)

lima-momen-ikonik-arsene-504067239bf5778.jpg

Hanya butuh semusim bagi Wenger untuk bisa membawa Arsenal menjadi jawara di tanah Inggris. Ia sukses memenangkan gelar Liga Primer Inggris dan Pial FA pada musim 1997/1998 atau musim kedua ketika ditugasi memanajeri klub asal London tersebut.

Sukses ini pun sekaligus mempecundangi Manchester United (MU) yang ketika itu menjadi tim yang disegani di bawah pengaruh Alex Ferguson dimana mereka selalu menjadi jawara dalam beberapa musim terakhir.

Keberhasilan Wenger memenangkan Arsenal juga sukses menaikan citra klub yang saat itu tengah miskin gelar. Terakhir mereka menjuarai Liga Utama adalah saat musim 1990/1991.

Baca juga
Milan Masih Mencari Jati Diri

Mendatangkan Thierry Henry

Mendatangkan Thierry Henry (r.age)

lima-momen-ikonik-arsene-73149ebb7a545ac.jpg

Barangkali, Legenda Arsenal Thierry Henry harus berterima kasih kepada Wenger lantaran mendatangkan dirinya dari Juventus. Pasalnya, status pemain asal Prancis itu adalah pemain buangan di klub berjuluk Bianconerri.

Henry hanya bermain 6 bulan di Juventus. Tercatat ia tampil sebanyak 16 pertandingan serta hanya mencetak tiga gol. Meski demikian, Wenger percaya akan bakat yang dimiliki oleh anak asuhnya ketika melatih di Monaco.

Henry pun sukses membayar kepercayaan Wenger. Ia menjelma dari pemain buangan menjadi penyerang kelas satu tak hanya di Liga Primer Inggris, tapi juga dunia. Total, dia mencetak 226 gol dari 368 kali tampil bersama klub asal London Utara, Inggris, tersebut.

Pemain yang sempat bermain di Barcelona itu pun mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol paling banyak bagi Arsenal sepanjang masa.

Rajanya Piala FA

Rajanya Piala FA (The Telegraph)

lima-momen-ikonik-arsene-2553887af642cb8.jpg

Meski Arsenal dikenal sebagai tim miskin prestasi lantaran gagal menjuarai Liga Primer Inggris dalam beberapa muism terakhir, namun meski demikian, Klub yang berdiri pada tahun 1886 itu merupakan tim yang kini tercatat paling sukses di Piala FA.

Arsenal kini telah mengumpulkan 13 Piala FA dan menyalip torehan MU yang sebelumnya mengoleksi 12 gelar di ajang kompetisi tertua di Inggris tersebut.
Bersama Wenger, Arsenal sukses memenangkan 7 gelar atau paling banyak yang diraih sejauh ini oleh satu pelatih saja.

The Invincible Arsenal

The Invincible Arsenal (Talksport)

lima-momen-ikonik-arsene-954210cb3c29d91.jpg

Untuk menjadi jawara Liga Primer Inggris adalah hal yang sulit, tapi bagaimana bisa menang tanpa sekalipun terkalahkan. Nyatanya, Wenger bersama Arsenal pernah melakukannya pada musim 2003/2004 lalu.

Total dalam 38 pertandingan, Arsenal sukses memenangkan 26 pertandingan dan hanya imbang sebanyak 12 kali. Sebanyak 90 poin mereka ciptakan.

Prestasi sebagai tim yang tak terkalahkan ini bahkan tak mampu diciptakan oleh pelatih sekaliber Ferguson dan Jose Mourinho yang dikenal sebagai pelatih jempolan. Prestasi ini hanya diraih oleh Wenger seorang.

Baca juga
Bintang Pop Kecelakaan Saat Bersepeda

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pemain Terbaik Jepang

Lima Pemain Terbaik Jepang

TOP 5
Lima Pencetak Gol Tercepat

Lima Pencetak Gol Tercepat

TOP 5
Lima Momen Buffon Bela Azzuri

Lima Momen Buffon Bela Azzuri

TOP 5
5 'Pakaian' Wajib Pebalap

5 'Pakaian' Wajib Pebalap

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company