Berlaga di Kelas RWD, Valentino Ratulangi Boyong Podium

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : M Dahroji,Pangarang Slalom Team | Editor: Andi Wahyudi | 17 October 2017

Penyesuaian Valentino Ratulangi Berbuah Podium

SPORTKU.COM

Peslalom muda Valentino Ratulangi, memberikan kejutan di ajang Kejurda Gymkhana Jabar 2017 putaran kedua dengan meraih podium di kelas RWD.

Saat menjalani Kejuaraan Daerah yang digelar akhir pekan lalu di Stadion Pakansari (14/10), ada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Valentino Ratulangi, peslalom nasional yang biasanya turun di kelas A dan F kini mencicipi nikmatnya berkompetisi menggunakan mobil penggerak roda belakang. Dalam pertarungannya di kelas RWD tersebut, Valentino Ratulangi masih harus meminjam kendaraan Corolla milik Pangarang Slalom Team.

Dalam laganya, Valen, tidak memiliki banyak waktu untuk latihan bersama Corbet milik Pangarang Slalom Team. Valen hanya memiliki waktu sekitar satu jam sebelum perhelatan Kejurda dimulai. "Bawa Corolla milik Pangarang Slalom Team enak banget. Tapi ya itu latihannya baru sore sebelum balapan dimulai. Saya hanya punya waktu satu jam untuk latihan di sirkuit," ujar Valen kepada SPORTKU.

Baca juga:
MENGAPA MESIN 2JZ JADI PRIMADONA DI AJANG BALAP?

Menurut Valen, perbedaaan dalam mengendarai mobil penggerak belakang dan penggerak depan hanya dibedakan dalam tata cara berputar saja. Sementara untuk racing line, dirinya masih sama dengan kelas A. "Kalau perbedaan hanya dari cara berputarnya saja. Sedangkan racing line saya aplikasikan sama seperti di kelas A," tambah Valen.

Selain penyesuaian gaya balap, ada hal lain lagi yang menjadi perhatian dari Valen, yakni pengaturan gas agar tidak terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan mobil Corola Betawi (Corbet) milik Pangarang Slalom Team memiliki tenaga yang besar. "Mobil Corbet Pangarang SlaloM Team itu kencang banget. Jadi saya harus bisa mengatur gas dengan baik," imbuhnya.

Baca juga:
SLALOM DIPERSIAPKAN MASUK DALAM CABANG OLAHRAGA PON

Meski baru pertama turun di kelas penggerak roda belakang, namun kepiawaian Valen patut diacungi jempol. Pasalnya ia sukes mengunci podium kedua. Sebenarnya ia berpeluang untuk bisa meraih podium pertama, namun apes Valen menjatuhkan dua kun saat balapan berlangsung. Ketika disinggung mengenai resep keberhasilannya, Valentino, mengakui bahwa saat bertanding dirinya menggunakan sedikit teknik drifting.

"Mungkin karena saya dulu pernah main drift juga di kelas pro. Jadi saya masih ingat sedikit-sedikit tekniknya," pungkas Valen. Sementara itu, podium pertama di kelas B sendiri kembali dikuasai oleh Rinaldo SA yang menggunakan Starlet berkelir orange.

  • facebook share

RELATED NEWS

Aksi Nekat Sebastien Buemi

Aksi Nekat Sebastien Buemi

FORMULA 1
Aston Martin Podium di Amerika

Aston Martin Podium di Amerika

CIRCUIT
Toro Rosso Absen Abu Dhabi

Toro Rosso Absen Abu Dhabi

FORMULA 1
Williams Membuka Diri untuk Kubica

Williams Membuka Diri untuk Kubica

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company