5 Cara Pesepeda Untuk Melindungi Diri dari Sengatan Matahari

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: Bicycling, Bicycling | 19 October 2017

5 Cara Perlindungan dari Matahari

SPORTKU.COM

Anda tidak bisa selalu menghindari sinar matahari. Tapi Anda bisa melindungi diri dari kerusakan atau mencegah kanker kulit.

Beberapa waktu, mantan juara Vuelta a España Luis "Lucho" Herrera mengungkapkan bahwa dia mengalami kanker kulit di lengan, tangan, dan wajahnya selama enam tahun terakhir. Pendaki asal Kolombia berusia 56 tahun yang terkenal itu pun kini harus menerima konsekuensi tersebut.

"Kami tidak melakukan tindakan pencegahan untuk mengusapkan tabir surya karena tidak ada waktu dan terkadang kami berkeringat sangat banyak," kata Herrera.

Menurut Allen Richburg, MD, dari San Diego Sports Medicine and Family Health Center, resiko pada kulit dalam bersepeda bersifat kumulatif.

"Risikonya kumulatif. Jadi, kerusakan yang Anda hadapi saat ini bisa muncul saat dekade kanker turun," kata . "Seperti bersepeda itu sendiri, Anda tidak bisa menghilangkan semua risiko. Tapi Anda bisa melakukan tindakan untuk meminimalkannya."

Agar penggunaan tabir surya berhasil, Anda perlu menggunakannya lebih awal dan memberikan waktu untuk meresap ke dalam kulit. Rekomendasi penggunaan pada sebagian besar produk tabir surya adalah setidaknya 15 menit sebelumnya. Tapi: "Tiga puluh menit lebih baik lagi," kata Richburg, yang sering mencatat bahwa pesepeda cenderung menggunakan tabir surya sebagai upaya terakhir sebelum meluncur atau biasanya saat mereka sudah berada di bawah paparan sinar matahari.

Berikut 5 upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah resiko kanker kulit akibat sinar Matahari:

Kenali petunjuk “angka”
Hal utama yang Anda cari saat memilih tabir surya adalah rating atau angka SPF. Orang sering salah mengira angka-angka ini, dimana dianggap menunjukkan lamanya Anda berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar sinar matahari.

Nomor SPF mengacu pada persentase sinar UVB yang mampu disaring oleh produk tersebut. Tabir surya dengan SPF 15 misalnya, mampu menyaring 93 persen radiasi UVB; SPF 30 menyaring 97 persen; SPF 50 mampu menangkal hingga 98 persen, dan seterusnya.

Bagi pesepeda yang kerap kali terbakar sinar matahari, menggunakan tabir surya dengan angka yang lebih tinggi, maka akan lebih baik.

 

Baca juga:
HELM CERDAS INI BISA MEMBERI PERINGATAN LEWAT LASER

 

Semprotkan
Tidak mudah untuk menutupi semua bagian tubuh dengan lotion tabir surya. Untuk itu, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan cara menyemprotkannya ke kulit Anda. Jangan langsung disemprotkan ke wajah. Sebagai gantinya, semprotkan ke telapak tangan Anda terlebih dahulu dan usapkan pada bagian yang dituju.

"Pilihlah semprotan untuk olahraga - Coppertone dan Banana Boat memiliki produk bagus yang menawarkan perlindungan sinar matahari yang lengkap," kata Richburg.

Selipkan cadangan di dalam saku
Terlepas dari SPF, tidak ada tabir surya yang bisa bertahan selama berjam-jam “melawan” keringat. Demikian kata dokter kulit Northwestern Medicine, Sheryl Hoyer, MD, dari Grayslake, Illinois, AS.

"Tabir surya tidak bisa dikatakan 'tahan air'. Bisa dikatakan 'tahan air' jika telah lulus uji FDA yang sesuai," kata Hoyer.

Perlawanan tabis surya terhadap tidak bertahan lama, dimana maksimal hanya sekitar 80menit. Itu berarti Anda harus menggunakannya kembali jika Anda berada di luar ruangan selama beberapa jam.

Gunakan tabir surya secara berulang dan agar mudah bisa dengan memasukkannya ke botol semprotan olahraga berukuran kecil, ke saku jersey. Kemudian, gunakan kembali saat istirahat atau bersantap makanan ringan.

Atur waktu bersepeda
Anda mungkin tidak dapat mengontrol waktu saat Anda berlomba atau mengikuti event yang terorganisir. Namun Anda sering kali dapat mengontrol jam saat latihan, yang dapat membantu untuk meminimalkan paparan matahari ke tubuh Anda di luar waktu puncak intensitas sinar matahari, kata Richburg.

"Rencanakan sebagian besar jam latihan Anda pada pagi dan sore hari jika memungkinkan," katanya.

Lindungi Tubuh serapat mungkin
Anda mungkin memakai penghangat lengan (arm warmer) saat bersepeda di musim dingin. Tapi pertimbangkan juga menggunakan aksesoris tersebut, seperti buatan Louis Garneau, selama bulan-bulan yang panas dan cerah. Aksesori tersebut tidak hanya memiliki rating SPF 50. Tapi juga dibuat dari kain pendingin khusus, yang menggabungkan xylitol (senyawa penyegar nafas yang biasa dijumpai pada permen karet) yang bereaksi dengan panas tubuh Anda dan mengubah keringat Anda menjadi pendingin.

"Sunglasses dan visor adalah senjata tambahan yang bagus untuk melawan sinar matahari," kata Hoyer.

Banyak helm sepeda gunung yang telah dilengkapi visor. Di Road, maka pertimbangkan untuk menggunakan topi untuk bersepeda (cycling cap).

Ilustrasi: Berepeda pada sianghari dapat menimbulkan kerusakan kulit hingga menyebabkan kanker
ngawi-criterium-2017-793768f7490dda4.jpg

 

 

 

Baca juga:
DIMULAINYA PERADABAN BALAP MOTOR DI AUSTRALIA

  • facebook share

RELATED NEWS

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

DID U KNOW
Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
Trik Agar Selamat Saat Crash!

Trik Agar Selamat Saat Crash!

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company