Sirkuit Phillip Island Pernah Mogok dari Gelaran MotoGP

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 20 October 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Phillip Island merupakan trek yang terletak dekat Ventnor, di Phillip Island, Victoria, Australia. Pertama kali digunakan tahun 1956.

Namun sebelum tahun 1956, balap motor di Phillip Island, Australia sudah lama dimulai. Tercatat dalam sejarah, Phillip Island mulai menggelar balap motor pada tahun 1928 silam. Pada tahun tersebut, para pecinta balap di Negeri Kanguru tersebut disuguhi Kejuaraan 100 Miles Road Race. Kejuaraan 100 Miles Road Race sejak saat itu dikenal sebagai Grand Prix (GP) Australia pertama.

Lay out sirkuit saat itu belum seperti kebanyakan trek yang ada pada zaman modern seperti sekarang. Persaingan sengit antar pebalap berlangsung di sirkuit berbentuk persegi panjang. Sirkuit menggunakan jalanan umum yang ditutup, dengan empat tikungan yang semuanya mengarah ke kanan.

Panjang sirkuit pun bervariasi. Kala itu menyesuaikan kebutuhan yang ada. Untuk ajang balap mobil kira-kira didesain dengan panjang 6 mil (9,7 kilometer) per lap. Sedangkan untuk balap motor lebih panjang dengan ukuran 10 mil (16 kilometer) setiap lapnya. Sampai tahun 1935, sirkuit tersebut merupakan tempat favorit untuk penyelenggaraan GP Australia. Dan digunakan terakhir kalinya pada tanggal 6 Mei 1935 dalam ajang Jubilee Day Races.

Sirkuit berbentuk persegi panjang sudah tinggal cerita. Namun tidak berarti kehidupan balap motor di Australia punah. Hadir sirkuit baru berbentuk segitiga dengan panjang 3,312 mil (5,33 kilometer). Trek ini sendiri sejatinya memanfaatkan jalur yang ada pada sirkuit persegi panjang sebelumnya. Akan tetapi hadir dengan desain baru.

Baca Juga
Dimulainya Peradaban Balap Motor di Australia

Desain baru sirkuit pertama kali digunakan untuk ajang Australian Race Drivers Cup yang dihelat pada tanggal 5 November 1935. Tak berlangsung lama balapan digelar di trek ini. Hanya bertahan beberapa tahun. Event balap terakhir yang mampir di sini adalah Cup Day pada tanggal 1 November 1938. Sedangkan event balap motor terakhir dilakukan pada tanggal 30 Januari 1940.

Sejak saat itu, dunia balap di Phillip Island terus berkembang dalam beberapa fase. Pada tahun 1951, sekelompok pengusaha lokal memutuskan untuk kembali membangun sirkuit baru. Trek baru tersebut berlokasi sekitar 2 kilometer dari sirkuit sebelumnya yang hanya berbentuk persegi. Namun sirkuit baru ini menyuguhkan pemandangan yang indah karena berada di tepi pantai dengan ketinggian 57meter dari air laut.

Akan tetapi, karena dinilai curam dan terlalu membahayakan, pembukaan jalur balap tersebut akhirnya ditunda. Sirkuit baru dibuka pada tahun 1956 dan di tahun 1960, mobil balap pertama Armstrong 500 melakukan balapan di sini. Balapan mobil Armstrong 500 terus berjalan hingga tahun 1962. Namun justru membuat sirkuit rusak parah, pemilik sirkuit tidak dapat membiayai perbaikan. Sirkuit ditutup dan balapan ke Sirkuit Mount Panorama di Bathurst, New South Wales yang akhirnya dikenal sebagai Bathurst 1000.

Sirkuit tersebut dibuka kembali pada bulan Oktober 1967 dan menjadi tuan rumah balap ketahanan Phillip Island 500cc, balapan untuk para produsen kendaraan di Australia. Balapan terus berjalan hingga 1977. Perlombaan yang ada juga merupakan putaran dari Australian Touring Car Championship di tahun 1976 dan 1977.

Baca Juga
Rekor Valentino Rossi di Sirkuit Phillip Island Belum Terkalahkan

Tidak adanya modal untuk perawatan sirkuit, membuat pemilik sirkuit akhirnya menutup dan menjualnya pada tahun 1985. Pemilik baru berusaha untuk memperbaiki sitkuit hingga tahun 1988. Namun dalam rentan waktu tersebut, sirkuit sama sekali tak digunakan untuk ajang balap dan akhirnya kembali ditutup.

Pemilik baru ternyata memiliki masalah yang sulit terpecahkan. Bahwa jembatan utama dari Phillip Island ke daratan Australia dilaporkan tidak dapat membawa kendaraan berat yang dibutuhkan untuk merenovasi sirkuit. Dampaknya meluas hingga Phillip Island tak lagi meriah dengan berbagai event balap.

Baru pada tahun 1988, sirkuit diperbarui dengan panjang lintasan 4.445meter dan dibuka lagi untuk umum pada tanggal 4 Desember di tahun yang sama. Swann Insurance International Series menjadi balapan motor terakhir yang digelar sebelum Phillip Island memasuki babak baru di Kejuaraan Dunia.

Pada tahun 1989, Australian Motorcycle Grand Prix bergabung dengan kalender FIM Road Racing World Championship untuk menggelar balapan di Sirkuit Phillip Island. Balapan di tahun 1989 untuk kelas bergengsi 500cc terjadi persaingan sengit antara pebalap lokal Wayne Gardner dan Kevin Magee bersama dengan Wayne Rainey dan Christian Sarron. Balapan dimenangkan oleh Wayne Gardner. Pebalap Australia itu kembali menang di tahun 1990 di sirkuit yang sama.

Tahun 1990 juga menjadi balapan terakhir di Sirkuit Phillip Island. Untuk selanjutnya balapan dipindahkan ke Sirkuit Eastern Creek di Sydney. Grand Prix (GP) Australia tetap berada di Sirkuit Eastern Creek hingga musim 1996. Namun Sirkuit Phillip Island bangun dari tidur panjangnya. Sejak tahun 1997 hingga sekarang, trek dengan 12 tikungan itu tetap menjadi pilihan Dorna untuk menggelar MotoGP. Selain MotoGP, Dorna juga memboyong World Superbike (WSBK) ke Sirkuit Phillip Island sejak tahun 1990.

Baca Juga
5 Istilah Ngetop Teknik Balap

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

MOTOPRIX
Dimas Ekky Masuk 10 Besar

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

ROAD RACE
Andi Gilang Start ke-14

Andi Gilang Start ke-14

ROAD RACE
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

MOTO2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company