Ambulans dengan Fitur Lengkap untuk Penunjang Kecelakaan Dalam Balapan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi,Baze | Editor: Dedi Hermawan | 20 October 2017

Ambulans Evakuasi untuk Ajang Balap

SPORTKU.COM

Jika biasanya karoseri Baze dikenal dengan desain interior untuk bus VIP, namun kini memberikan racikan baru untuk sebuah ambulans.

Dunia balap mobil memang dekat dengan aksi ekstrem, dimana kecepatan tinggi dan persaingan yang terjadi begitu ketat, kadang kecelakaan atau insiden pun tidak bisa terelakan. Menyadari hal tersebut, Baze, sebuah perusahaan karoseri yang biasanya mengoprek penampilan VIP untuk satu unit bus atau MPV, kini memperkenalkan ambulans dengan peralatan lengkap yang bisa difungsikan di sirkuit.

“Mercedes-Benz Sprinter A2 Advance Ambulance memiliki standar internasional dengan kode CEN 1789, yang artinya semua peralatan medis di dalam kabin terikat atau terpasang dengan kuat dengan daya tahan benturan hingga 10 G (percepatan gravitasi bumi). Selain itu tenaga medis dan pasien di dalam kabin lebih safety bila ambulans mengalami kecelakaan,” jelas Bari Setiadi, Direktur PT Bahana Selaras.

Baca juga:
GAIRAH SEAN GELAEL SAMBUT FP1 AUSTIN BERSAMA TORO ROSSO

Sadar akan adrenalin dan insiden yang begitu dekat, maka ambulans ini pun dipersenjatai dengan ragam fitur yang sangat berguna. Melihat interior di bagian belakang Mercedes-Benz Sprinter A2, suguhan peralatan teknis mumpuni pun dihadirkan. Sebut saja neck collar, yang memiliki fungsi sebagai penyanggah leher pebalap pasca kecelakaan. Piranti ini mendukung agar pasca kecelakaan hebat leher pebalap tetap berada dalam posisi tegak lurus untuk mengantisipasi cidera serius secara berkelanjutan.

Selain neck collar, peralatan utama yang disediakan dalam ambulans ini adalah stretcher atau ranjang ambulans. Dalam keadaan darurat, seperti tabrakan di dalam lintasan balap, maka setelah pebalap dipakaikan neck collar, pebalap tersebut juga dinaikan ke atas stretcher agar posisi berbaring menjadi lebih lurus. Jika dibutuhkan, fitur lain yang dapat digunakan adalah ventilator atau alat bantu pernapasan korban. Tidak hanya itu, peranti lainnya seperti kursi roda, tabung oksigen, refrigator obat-obatan, serta longboard untuk pasien pun tersedia.

Baca juga:
BERMAIN DI KEJURDA, ANJASARA TETAP PERLIHATKAN KEMAMPUAN TERBAIKNYA

Adapun peralatan yang penting untuk menjaga keselatam ketika terjadi kebakaran yang diakibatkan dari dalam mobil, untuk memadamkan api ambulans ini memiliki fire blanket atau bahasa awamnya selimut api. Sehingga tidak lagi memerlukan alat pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Penggunaan fire blanket ini cukup mudah yakni dengan menyelimuti api yang ada di dalam mobil, sehingga api akan mati dengan sendirinya.

Dalam memamerkan ambulans terbarunya tersebut, Baze, menawarkan patokan harga sebesar Rp 1,8 Milyar. Harga tersebut memang sebanding dengan apa yang ditawarkan oleh Baze selaku interior design mobil tersebut.

Interior ambulans dan peralatan lengkapnyaambulans-baze-15261620b22c80f.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company