100 Hari Kepemimpinan Valverde di Barcelona

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : The New Indian Express | Editor: Andi Wahyudi | 21 October 2017

SPORTKU.COM

100 hari sudah Ernesto Valverde memimpin kesebelasan Barcelona. Bagaimana kiprahnya sejauh ini?

Ernesto Valverde genap 100 hari melatih Barcelona pada 19 Oktober 2017 lalu. Kehadiran mantan pelatih Athletic Bilbao itu dapat dikatakan mampu membawa klub berjuluk Blaugrana dengan tampil konsisten baik di La Liga maupun di ajang Liga Champions.

Di awal musim, kepemimpinan pria berusia 53 tahun tersebut dapat dikatakan agak buruk. Pasalnya, dalam ajang Piala Super Spanyol, Barcelona asuhannya tak mampu menang dalam dua laga melawan Real Madrid dan harus kalah dengan agregat 1-5 dari rivalnya itu.

Namun, meski demikian, Barcelona nyatanya mampu tampil baik usia laga tersebut. Di ajang La Liga, mereka belum terkalahkan dalam 8 laga dan sukses memimpin klasemen sementara dengan raihan 22 poin.

Sementara di ajang Liga Champions, Barcelona selalu meraih hasil sempurna dalam tiga laga, termasuk mengalahkan Juventus dengan skor 3-0. Dapat dikatakan, dalam 100 hari kepempinan Valverde, Barca berada di jalan yang tepat.

Baca juga
Espargaro Bikin Aprilia Optimis

Berikut rincian hal baik dan yang buruk selama kepemimpinan 100 hari Valverde:

Catatan Baik: Memaksimalkan Lionel Messi

Valverde sukses mengantisipasi kehilangan Nyemar di Barcelona dengan memaksimalkan peran Lionel Messi. Pemain asal Argentina itu dibiarkan bermain dengan peran yang lebih bebas.

Sejauh ini lewat skema taktik 4-4-2 atau 4-2-3-1, Messi telah mengoleksi 11 gol dalam 8 pertandingan di La Liga. Selain itu, dia juga mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan Liga Champions sekaligus mencatatkan rekor baru, yakni 100 gol di turnamen Eropa.

Catatan Baik: Bintang Baru Bernama Samuel Umtiti

Samuel Umtiti keluar sebagaI pemain yang mencapai penampilan terbaiknya di bawah asuhan Valverde. Ia kini suskes tampil sebagai pilihan utama bersama Gerard Pique di lini belakang. Kehadiran pemain asal Prancis tersebut sukses membuat Barcelona memiliki salah satu pertahan terbaik di La Liga dengan baru kebobolan tiga gol dalam 8 pertandingan sejauh ini.

Catatan Buruk: Buruknya Performa Luis Suarez

Performa Luis Suarez di musim ini menurun. Hal tersebut terjadi lantaran ia terkena cedera. Di awal musim, ia bahkan tak dapat dimainkan dalam dua laga. Meski demikian, dalam laga comebacknya ia sukses mencetak gol ke gawang Espanyol pada 9 September, namun banyak yang menganggap bahwa pemain asal Uruguay itu belum mampu menunjukan performa terbaiknya.

Mandulnya Suarez tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Valverde untuk bisa mengembalikan performa mantan pemain Liverpool itu. Pasalnya, Messi butuh partner untuk bisa membawa Barcelona kembali berjaya di musim ini.

Baca juga
Balotelli dan Kesempatan Bela Italia

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company