Kandidat Tim yang Akan Menjuarai Liga 1

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Republika | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2017

Kandidat Tim Juara Liga 1

SPORTKU.COM

Setidaknya tercatat lima klub peserta Liga 1 berpeluang untuk menjadi juara di akhir musim. Siapa saja?

Liga 1 Indonesia barangkali saat ini menjadi salah kompetisi sepakbola paling sengit di dunia. Pasalnya, ada sebanyak lima klub kontestannya masih berpeluang untuk juara di akhir musim. Adapun kelima klub kontestan yang berpeluang juara adalah Bhayangkara FC, Bali united, Persipura Jayapura, PSM Makassar dan Madura United.

Di puncak klasemen, Bhayangkara untuk sementara memimpin dengan 59 poin kemudian disusul oleh Bali United dan PSM Makassar yang berada di posisi kedua dan ketiga dengan poin sama, 58 poin alias hanya memiliki perbedaan poin sebanyak satu saja.

Di bawah mereka di posisi keempat ada Persipura dengan 56 poin dan Madura United yang mengumpulkan 54 poin dan membuat mereka berada di posisi kelima sementara.

Berikut ini peluang kelima klub tersebut untuk menjuarai Liga 1 musim ini.

Bhayangkara FC

Sebagai klub yang baru dilahirkan pada tahun 2016 (sebelumnya bernama Persebaya), klub berjuluk The Guardian ini mengejutkan banyak pihak lantaran sebelumnya bukanlah tim yang diunggulkan mengingat mereka merupakan klub baru.

Namun bila ditelusuri, sebenarnya Bhayangkara memiliki modal kuat untuk menjadi juara. Pertama, mereka memiliki pelatih muda cerdas asal Skotlandia, Simon McMenemy yang pernah membawa Filipina, negara yang tak diperhitungkan itu ke semifinal Piala AFF 2010. Di bawah kendalinya, Bhayangkara tampil luar biasa dengan sukses memenangkan 19 pertandingan sejauh ini.

Kedua, banyak punggawa merupakan pemain bintang. Selain deretan mantan pemain Timnas U-19, seperti Ilhamudin, Evan Dimas, Putu Gede dll, mereka juga memiliki pemain tajam seperti Paulo Sérgio dan Ilija Spasojevic.

Bali United

Sama seperti Bhayangkara, Bali United juga merupakan klub baru yang sebelumnya bernama Persisam Putera Samarinda ini sukses melakukan branding dengan mendatangkan pemain jempolan yang membuat mereka berada di posisi puncak.

Bali yang musim lalu menjadi salah satu tim yang sulit mencetak gol, kini keluar sebagai tim paling subur sejauh ini dengan mencetak 68 gol dimana Sylvano Comvalius, penyerang andalan mereka kini tercatat sebagai penyerang tersubur Liga 1 dengan 32 gol sejauh ini.

Menilik perbedaan yang tipis dengan Bhayangkara, bukan tidak mungkin pasukan Serdadu Tridatu bisa menyalip di akhir musim.

Baca juga
Evolusi Logo Barcelona

PSM Makassar

PSM Makassar merupakan salah satu klub tertua di Indonesia. Dengan segudang pengalamannya, mereka mampu menampilkan konsistensi di musim ini dengan selalu berada di peringkat atas klasemen sepanjang musim.

Adapun hal yang menjadi kekuatan PSM musim ini adalah kedalaman skuat mereka, mulai dari kiper hingga penyerang memiliki pemain yang sama baik, sehinga memudahkan Robert Rene Alberts, pelatih Juku Eja tersebut melakukan rotasi.

Selain itu, PSM bisa juara lantaran dalam empat laga sisa, tiga diantaranya bermain di kandang sendiri menjadi faktor yang menguntungkan bagi mereka.

Persipura Jayapura

Persipura Jayapura memiliki reputasi sebagai tim terbaik Indonesia pasca pembentukan Liga Super indonesia (SL) pada tahun 2008 silam. Total, mereka telah menjuarai liga sebanyak tiga kali.

Persipura dapat dikatakan sebagai tim yang terlambat panas musim ini. Di awal musim mereka memiliki masalah internal dan membuat mereka terjerembab di papan bawah dan membuat tim berjuluk Mutiara Hitam itu berganti pelatih dari Liestiadi ke Wanderley Machado da Silva Junior.

Di era pelatih asal Brasil itu, Persipura membaik dan kini berada di jalur juara. Kejadian ini persis pada ajang ISC lalu dimana mereka tampil buruk dan kemudian menjadi juara di akhir musim, barangkali skema ini bisa terulang.

Madura United

Madura United sebenarnya tampil meyakinkan di mana di putaran pertama, mereka sukses menjuarai liga di paruh musim, namun belakangan penampilan mereka terus merosot dan berdampak pada posisi klasemen.

Selain itu, asa mereka untuk menjadi juara cukup sulit mengingat mereka dikenai sanksi dua pertandingan untuk tidak bermain di kandang. Hal tersebut terjadi lantaran adanya kericuhan antara pertandingan Madura United melawan Borneo FC pada 13 Oktober.

Meski demikian, optimisme tetap ada. Pasalnya dalam laga terakhir mereka akan berhadapan tim kuat seperti Bhayangkara, Persiba dan PSM dimana mereka selalu bermain baik ketika mengadapi lawan yang sepadan.

Baca juga
Hasil MotoGP Australia 2017

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company