Kemenangan Galang Hendra di Kejuaraan Dunia Tamparan Keras Bagi Pemerintah

Text : Suhartono | Photo / Video : YRI | Editor: Andi Wahyudi | 23 October 2017

SPORTKU.COM

Kemenangan Galang Hendra Pratama dalam ajang WSSP 300 di Sirkuit Jerez, Spanyol seakan menjadi tamparan keras bagi pemerintah Indonesia.

Publik di Indonesia dikejutkan dengan aksi Galang Hendra, bocah 18 tahun asal Yogyakarta yang baru saja menjuarai ajang bergengsi World Supersport (WSSP) 300 pada akhir pekan kemarin, Minggu (22/10). Ini menjadi sejarah, di mana pebalap Indonesia menduduki podium tertinggi di Kejuaraan Dunia.

Pencapaian Galang Hendra bersama Team Motoxracing merupakan jawaban dari doa publik di Tanah Air. Meski dunia olahraga yang seakan dianaktirikan oleh pemerintah, namun para insan balap Indonesia tak mengenal lelah demi meraih prestasi. Dan kini Galang Hendra menambah panjang sederet prestasi pebalap Indonesia di kancah balap internasional.

Penampilan mengejutkan diperlihatkan oleh Galang Hendra kala tampil di Sirkuit Jerez. Pebalap didikan Yamaha Indonesia yang tampil di seri penutup WSSP 300 2017 berhasil finish terdepan. Kemenangan Galang Hendra berhasil diraih pada menit-menit akhir jelang finish. Hingga akhirnya Galang Hendra menang tipis dari Scott Deroue, pebalap dari Belanda. Mereka hanya terpaut 0,026detik.

“Saya sangat gembira. Saya tidak menyangka dapat meraih podium juara di level dunia. Syukur kepada Tuhan, terima kasih untuk tim saya, keluarga dan para penggemar saya. Ini semua untuk Indonesia,“ ujar Galang Hendra yang tidak bisa menyembunyikan wajah bahagianya atas kemenangan ini.

Perjuangan dan prestasi Galang Hendra di WSSP 300 Jerez ini juga disaksikan langsung oleh Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturung (YIMM). Morimoto sangat bangga dan mengapresiasi kemenangan dramatis yang diraih Galang Hendra setelah berjuang mengalahkan para pebalap dari daratan Eropa.

“Kami sangat bangga dengan prestasi Galang dan Indonesia. Ini adalah bukti yang sangat baik bagi Indonesia karena WSSP 300 merupakan Kejuaraan Dunia. Galang Hendra bukan hanya pahlawan kita. Tetapi juga pahlawan dunia,“ bangga Minoru.

"Ini kemenangan untuk kemajuan dunia balap Indonesia. Kemenangan yang diraih ini berkat kompetisi yang cukup ketat. Hal ini sangat mungkin (untuk musim depan Galang Hendra tampil full musim di WSSP 300)," ujar M Abidin, GM Aftersales & Motor Sports PT YIMM saat dikonfirmasi SPORTKU.com.

Baca Juga
5 Istilah Ngetop Teknik Balap

Dengan kemenangan Galang Hendra ini, Abidin pun berharap pemerintah melalui Kemenpora untuk lebih menaruh perhatiannya kepada dunia motorsport. "Saatnya dunia olahraga lebih diperhatikan tidak hanya dunia balap yang butuh sirkuit international (minimal 3 sirkuit), juga sepakbola yang perlu management kompetisi yang lebih baik. Terutama olahraga untuk anak muda Indonesia untuk tempat mereka mengeksplor energi besar mereka untuk kemajuan bangsa," harap Abidin.

Sementara itu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang merupakan organisasi induk dari olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia merasa bangga dengan pencapaian Galang Hendra yang sanggup membawa nama Indonesia serta berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya di dunia motorsport kancah internasional.

"Kita juga sangat menghargai dukungan dari Yamaha Indonesia beserta produk sponsor lainnya yang telah membantu dan membina rider-rider berbakat di Indonesia untuk berprestasi di kancah internasional dan dunia," beber Jeffrey JP, Sekjen PP IMI (Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia).

"Melalui momentum Galang Hendra ini, IMI akan lebih meningkatkan monitoring pendataan atlet-atlet motorsport muda berbakat di Indonesia untuk dikoordinasikan dan disinergikan dengan APM maupun produk sponsor dan terutama pemerintah serta FIM dan FIA agar dapat lebih banyak atlet-atlet motorsport Indonesia berprestasi seperti Galang Hendra melalui program yang tersinergi dan terencana dengan baik. Hal ini harus dilaksanakan guna menunjang program IMI World Class untuk menyelenggarakan kembali berbagai Kejuaraan Dunia Motorsport di Indonesia," imbuh Jeffrey JP.

“Dengan kemenangan Galang Hendra ini, akan kami koordinasikan dengan Yamaha Indonesia untuk segera bertemu dan melaporkan secara bersama-sama ke Kemenpora,” tegas Jeffrey.

Baca Juga
Beda Helm Untuk Balap dan Harian

Pencapaian Galang Hendra langsung menjadi topik hangat pembicaraan berbagai media Tanah Air. Namanya langsung menjadi trending topic. Sebelumnya, Galang Hendra juga tampil di WSSP 300 di Sirkuit Portimao, Portugal. Namun kala itu dia gagal finish karena Yamaha R3 tunggangannya mengalami masalah.

Catatan menarik, kepulangan Galang Hendra ke Indonesia setelah menangi balapan WSSP 300 yang masuk dalam daftar Kejuaraan Dunia dan diakui oleh FIM, seakan menjadi tamparan keras bagi pemerintah dan Kemenpora yang saat ini masih disibukkan dengan agenda sepakbola dan politiknya.

Gatot Sulistiantoro Dewa Broto yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga dan kini ditugaskan menjadi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) juga angkat topi dengan kemenangan Galang Hendra di Kejuaraan Dunia WSSP 300 di Jerez, Spanyol.

"Tentu saja kami dari Kemenpora sangat senang dan berharap akan dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan prestasinya," ungkap Gatot.

"Nggak juga (kemenangan Galang ini menjadi 'tamparan keras' bagi pemerintah), kami sedang berusaha memberi perhatian pada sejumlah cabor jelang Asian Games 2018. Tetapi mohon maaf, tentu tidak semuanya bisa diberi perhatian yang sama. Olahraga motorsport tetap menjadi prioritas, buktinya ketika ada event dunia (MXGP) di Pangkal Pinang pada Maret lalu, ada bantuan signifikan dari Kemenpora. Ada beberapa crosser nasional dibantu Kemenpora. Jadi tidak betul jika kami nggak care. Bahkan untuk Ali Adrian berlaga pun (di WSSP 300), meski kami tidak bantu finansial, tetapi kami yang fasilitasi ke Pertamina. Kami nggak pernah menganaktirikan cabor manapun," jelas Gatot.

Baca Juga
Keong Asiqin Racing Team, Rangkul Pebalap Jalanan (Video)

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company