Hertha Berlin Ikut Melawan Rasisme

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Hetra Berlin Official | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: espn fc,new york times | 24 October 2017

Hertha Berlin Ikut Melawan Rasisme

SPORTKU.COM

Kesebelasan asal Jerman, Hertha Berlin menunjukan keberpihakannya melawan rasisme dengan gestur berlutut sebagai tanda simpati.

Para pemain, pelatih, hingga staff Hertha Berlin melakukan aksi berlutut sebelum memulai pertandingan melawan Schalke dalam lanjutan laga matchday ke-8 di Bundesliga musim 2017/2017, Sabtu (14/10) malam WIB.

Adapun maksud dan tujuan para punggawa Herta tersebut adalah sebagai bentuk solidaritas kepada pemain NFL (Liga Nasional American Football), Colin Kaepernick yang notabene merupakan pemain football Amerika itu yang kini tengah dikucilkan lantaran aksinya melakukan aksi berlutut ketika lagu kebangsaan Amerika Serikat berjudul The Star-Spangled Banner dikumandangkan.

Sebelumnya Kaepernick melakukan gestur tersebut sebagai bentuk protes terhadap kebrutalan kepolisian kepada warna negara Amerika Serikat berkulit hitam dan warga kulit berwarna lainnya (di luar kulit putih).

Aksi berlutut yang dilakukan oleh Kaepernick sendiri pun akhirnya menular, banyak kalangan mulai dari olahragawan hingga artis pun melakukan sikap serupa. Bahkan, Vokalis Pearl Jam Eddie Vedder ikut meramaikan aksi berlutut.

Aksi ini pun akhinya mengundang amarah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ia bahkan memerintahkan agar setiap klub yang pemainnya melakukan gestur berlutut saat lagu kebangsaan dinyanyikan untuk dipecat lewat akun twitter miliknya.

"Jika fans NFL menolak datang untuk menonton pertandingan itu hingga para atlet berhenti bersikap tidak hormat pada bendera dan negara kita, maka perubahan cepat akan terjadi. Pecat atau skors!" tulis Trump.

Baca juga
Tradisi Podium Satu Fadil Terancam

Kecaman yang dilakukan oleh Trump bukannya menghentikan aksi tersebut, justru sebaliknya, semakin gencar, bahkan di sosial media pun ramai dengan tagar #TakeAknee.

Klub Hertha Berlin pun memposting foto pemain yang melakukan gestur berlutut itu di akun twitter milik mereka dengan disertai tagar #TakeAknee.

“Hertha BSC berdiri untuk toleransi dan tanggung jawab! Bagi Berlin yang toleran dan dunia yang berpikiran terbuka, sekarang dan selamanya! #TakeAKnee #hahohe” tulisnya.

Per Skjelbred, kapten dari kesebelasan Hertha Berlin mengaku bangga bisa ikut meramaikan aksi berlutut sebagai upaya melawan rasisme yang terjadi tak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di dunia.

"Kami ingin membuat perlawanan melawan rasisme, Kami tidak lagi tinggal di abad ke-18 tapi di abad ke-21," ujarnya seperti dikutip dari New York Times.

Sementara, penyerang andalan Hertha Berlin, Salomon Kalou yang berkulit hitam itu mengaku bahwa rasisme itu sama kejamnya dengan terorisme.

"Berlutut tidak ada hubungannya dengan bendera, tapi menunjukkan bahwa kita adalah satu sebagai manusia dan kita akan bangkit bersama," kata Kalou seperti dikutip dari ESPN FC.

"Hati manusia terlalu kecil untuk memiliki tempat untuk kebencian, karena kebencian adalah hal yang mengerikan untuk dimasukkan ke dalam hati Anda. Saya merasa tidak enak untuk orang-orang yang memiliki banyak kebencian di hati mereka," sambungnya.

Hertha Berlin sendiri tak hanya dihuni pemain yang berasal dari Jerman. Banyak pemain yang berasal dari negeri lain, sebut saja Republik Ceko, Bosnia & Herzegovina, jepang, Swiss, Pantai Gading, Jepang, hingga Amerika Serikat.

Sayang dalam pertandingan melawan Schalke, Hertha Berlin justru kalah 2-0. Meski demikian, semangat untuk melawan rasisme yang dilakukan oleh klub tersebut pun mendapatkan banyak pujian dari warga dunia.

Baca juga
IMI: Galang Pemuda Harapan Bangsa

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company