Ali Adrian Tak Mau Salahkan Keadaan

Text : Suhartono | Photo / Video : Pertamina Almeria Racing Team | Editor: Andi Wahyudi | 24 October 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Jerez, Spanyol menjadi putaran penutup gelaran World Supersport (WSSP) 300 musim 2017 ini.

Penampilan terbaik diberikan oleh pebalap Indonesia Ali Adriansyah Rusmiputro. Di laga pamungkas WSSP 300 2017, pebalap Pertamina Almeria Racing Team ini berhasil menutupnya dengan perolehan poin. Perjuangan Ali Adrian selama 11 lap di Sirkuit Jerez akhirnya membuat dia harus puas bertengger di peringkat 11.

Di Jerez, penampilan pebalap kelahiran Jakarta 24 tahun silam itu sudah terlihat apik sejak sesi free practice (FP) 1. Ali Adrian mampu bertengger di posisi 4 dengan raihan 1menit 56,687detik. Catatan waktu itu pula yang membuatnya mampu menembus superpole 2 setelah masuk top 10. Dengan catatan 1menit 56,940detik di superpole 2, akhirnya Ali Adrian start dari posisi 9.

Sejak awal musim, WSSP 300 memang menghadirkan persaingan yang begitu ketat. Ali Adrian yang menjadi satu-satunya pebalap Indonesia di ajang ini sejak seri pembuka harus mampu memberikan perlawanan sengitnya. Meski tidak mudah sebab di grid start didominasi pebalap dari daratan Eropan.

Seperti balapan di Sirkuit Jerez pada akhir pekan kemarin, Minggu (22/10), Ali Adrian harus berjuang lebih keras lagi untuk bisa menembus posisi terbaiknya. Bahkan saat balapan terlihat beberapa kali Ali Adrian harus bersenggolan dengan pebalap lain dan sempat dua kali keluar lintasan akibat senggolan terebut.

“Race kali ini saya mengalami banyak contact, ditambah posisi saya yang berada di luar line membuat saya harus keluar lintasan beberapa kali. Dalam dua lap saya kehilangan 6detik,” ucap pebalap yang didukung oleh PT Pertamina dan dimentori oleh David Garcia selaku pemilik Sirkuit Almeria dan Sirkuit Andalusia di Spanyol.

Baca Juga
IMI: Semoga Prestasi Galang Hendra Dapat Memotivasi Pemuda Indonesia Lainnya

Kehilangan banyak waktu membuat Ali Adrian sempat melorot ke posisi 20. Ia kembali mencoba merebut posisi, namun ia lagi-lagi harus kehilangan waktu akibat senggolan dengan pebalap lain. Kendati demikian, janji Ali Adrian untuk tampil habis-habisan mampu ia buktikan. Perlahan ia merangsek ke depan dan berhasil finish di posisi 11 dengan membawa pulang 5 poin tambahan.

Ali Adrian mengakui bahwa pencapaian yang ia raih di putaran terakhir itu tak lepas dari pengalamannya menjajal Sirkuit Jerez juga kondisi tunggangannya, Yamaha YZF-R3 yang cukup bagus. “Saya sudah mengenali sirkuit sebelum putaran di Jerez berlangsung. Performa motor juga mendukung,” tuturnya.

Menurut Ali Adriansyah, tahun pertamanya di WSSP 300 memang diwarnai beberapa kendala, namun ia tidak mau menyalahkan keadaan. “Kendala akan selalu ada, tapi bagaimana kita mengaturnya untuk bisa survive dan melakukan yang terbaik,” ungkapnya.

Ia sendiri menyadari bahwa untuk bisa meraih hasil bagus dengan kontinyu bukanlah perkara mudah. “Saya menyadari masih banyak kekurangan tapi saya tidak mau menjadikan hal itu sebagai alasan. Saya akan berlatih lebih keras dan sekarang sudah tahu ke arah mana saya akan bekerja dan akan kembali lebih kuat," tutup Ali Adrian.

Dengan tambahan 5 poin, Ali Adriansyah Rusmiputro berhasil mengumpulkan 21 poin dan berada di peringkat 18 klasemen akhir WSSP 300 2017.

Baca Juga
Hasil Red Bull Straight Rhythm 2017, Marvin Musquin Terbaik
Mopar Badak Raih Empat Gelar di Off-Road Ekstrim IOX 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Zarco Sambut Baik Kedatangan Hafizh

Zarco Sambut Baik Kedatangan Hafizh

MOTOGP
Hamilton vs Crutchlow, Siapa Menang?

Hamilton vs Crutchlow, Siapa Menang?

CIRCUIT
Fakta Menarik WSBK Australia 2018

Fakta Menarik WSBK Australia 2018

SUPERBIKE
Highlight Marquez-Pedrosa di Jakarta

Highlight Marquez-Pedrosa di Jakarta

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company