Trik Agar Selamat Saat Crash!

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : EWS | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Mbr | 26 October 2017

SPORTKU.COM

Jatuh adalah salah satu resiko yang bisa dialami siapa saja dalam aktivitas bersepeda gunung.

Sebelum mengalami kejadian itu, ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan untuk melindungi diri saat melompat dari sepeda dengan aman.

Tapi, sebelumnya, pastikan bahwa Anda memakai helm, pelindung lutut dan, sebaiknya, menggunakan pedal datar (flat) agar dapat melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan guna meminimalkan resiko.

Inilah beberapa trik yang bisa dicoba!

Latihan melangkah
Cara ini cukup mudah dilakukan. Carilah lapangan rumput atau area terbuka dan melajulah dengan sepeda dengan kecepatan lambat.

Kemudian, arahkan setang ke sebuah arah dan Anda kemudian melangkah ke arah sebaliknya. Jika berbelok ke kanan, maka melangkahlah ke kiri atau sebaliknya.

Anda mungkin ingin melepaskan sepeda dari tangan agar saat sepeda menjauh dari Anda, Anda dapat melepaskan kaki dari pedal, dan berlari ke arah lain dengan cara berlari kecil. Sepeda Anda mungkin akan jatuh. Tapi, Anda masih bisa berdiri.
Cara ini cukup bagus untuk melatih diri karena bisa juga menyelamatkan Anda bila jeruji sepeda terjepit di celah yang rapat, di pagar atau pohon.

Baca juga:
PERSAINGAN TERAKHIR PARA PEBALAP DI TOUR GUANGXI 2017

Manfaatkan ujung setang

Kali ini, Anda harus menemukan lereng yang curam, yang bisa dimanfaatkan untuk berkendara di sampingnya. Lebih curam lebih baik. Jangan melaju dengan cepat, semakin lambat akan semakin baik.

Cobalah berhenti dan kontrol beban dengan ujung setang Anda. Jaga agar lutut dan siku menjauh dari lereng dan pastikan kelingking Anda tidak menjebak atau terjepit.

Anda akan takjub berapa banyak kekuatan di ujung setang Anda, bukan malah pada lutut saat terjadi kecelakaan yang sebenarnya.

 

Melompat

Kondisi terbaik untuk melakukan trik yang satu ini adalah dengan menggunakan pedal flat.

Berjalanlah dengan kecepatan lambat dan berhentilah secara perlahan. Saat Anda menghentikan sepeda, Anda akan terjatuh ke samping, tapi ke arah yang Anda pilih atau inginkan.

Selanjutnya Anda harus melompat dengan kedua kaki secara bersamaan. Anda harus bisa tetap memegang bar dan akhirnya berdiri di samping sepeda.  Ini adalah cara yang aman untuk belajar melompat. Untuk mencoba trik ini pertama kali, lebih baik lakukan pada posisi diam.

 

Mengatasinya

Jangan takut untuk jatuh! Jika Anda tegang, hal itu hanya akan membuat risiko cedera semakin parah. Cobalah dan biasakan diri untuk bisa melangkah di area yang aman. Dengan begitu, Anda mungkin memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bisa lolos dari kejadian yang fatal.

 

Baca juga:
KAKA, “MANUSIA TERAKHIR” PERAIH GELAR BALLON D’OR

 

Ilustrasi: Seorang rider yang terjatuh di lintasan 

trik-crash-65857a4fbc03609.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

DID U KNOW
Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company