Hocidi, Komunitas Diecast Honda Civic

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 27 October 2017

Hocidi, Komunitas Diecast Honda Civic

SPORTKU.COM

Penggemar mobil-mobilan atau yang lebih dikenal dengan sebutan diecast mulai tak terhitung jumlahnya. Seperti juga di Indonesia.

Keberadaan diecast yang mulai mudah dijumpai di beberapa toko membuat jumlah penggemarnya juga naik drastis. Semakin mudahnya mendapatkan diecast tak ayal juga semakin menggelembungkan jumlah peminatnya. Begitu juga dengan komunitasnya. Kini banyak lahir komunitas atau penggemar diecast di Indonesia. Salah satunya adalah Hocidi atau Honda Civic Diecast Indonesia yang baru saja launching.

"Sebenarnya kita akan launching Hocidi di event Indonesia Diecast Expo (IDE). Tapi kita ada beberapa pertimbangan, takutnya kalau launching di sana tidak semaunya bisa hadir. Jadi akhirnya kita pilih launching lebih dulu sebelum acara Indonesia Diecast Expo," ungkap Henry Haliem selaku Ketua Hocidi yang sudah main diecast sejak tahun 2013.

Ada alasan tersendiri yang menjadi cikal bakal lahirnya Hocidi. Salah satunya adalah hingga kini meski sudah banyak komunitas penggemar mobil miniatur, namun belum ada yang mengkhususkan ke salah satu brand seperti Honda Civic. "Sejak saya main diecast, hingga kini belum ada komunitas resmi Civic. Padahal fenomena Civic populer di kalangan pemain diecast," sambung Henry.

Selain itu, diungkapkan oleh Henry disaat acara grand launching Hocidi di kawasan Jakarta pada Kamis (25/10) kemarin, di Indonesia sendiri jumlah penggemar diecast dari mobil Honda Civic sudah cukup banyak. Hanya saja memang hingga kini tak terlihat batang hidungnya sebab belum ada wadah resminya. Itu pula yang menjadi salah satu alasan lahirnya Hocidi, yakni untuk menampung para diecaster pemilik Civic.

Baca Juga
Belum Tersaingi, Rossi Peraih Kemenangan Terbanyak di MotoGP Sepang

Meski baru saja lahir, namun member yang ada di Hocidi sudah mencapai angka sekitar 3.700 di seluruh Indonesia. Perlu diketahui, meski baru launching, namun sejatinya Hocidi sudah mulai kumpul-kumpul sejak bulan Maret 2017. "Member paling banyak dari Jakarta dan kedua dari Surabaya," singkat Henry.

Untuk lebih menggaungkan nama Hocidi di kalangan para penggemar diecast, Henry beserta para pengurus lainnya berencana akan menggelar road show ke beberapa wilayah. Kota Bandung, Jawa Barat dan Solo di Jawa Tengah hingga sementara ini menjadi target utama dalam agenda road show. Baru selanjutnya menyusul ke kota lainnya.

Keberadaan Hocidi juga sekaligus menjadi tempat untuk silaturahmi antar sesama kolektor diecast Honda Civic. "Tapi kedepan kita berharap bisa berkembang menjadi lebih besar dan bisa menjadi bagian-bagian dari event resmi Honda," harap Henry, pria asal Solo yang bersama para member lainnya merencanakan kopdar setiap satu bulan sekali di Jakarta.

Bukan hanya mengaku penggemar diecast Honda Civic semata, namun mereka juga ternyata memang maniak. Dikatakan oleh Henry, para membernya juga memiliki diecast dari tipe Honda Civic GL yang diproduksi sejak tahun 1975. Bahkan hingga model terbaru Honda Civic Type R pun ada.

Baca Juga
Diva Ismayana Akan Tinggalkan Kejurnas Motocross? (Video)
Paus Francis Diundang ke Pembukaan Giro D'Italia 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

PPMKI Bikin Event Akbar

PPMKI Bikin Event Akbar

ACTUAL
Suzuki Bike Meet Medan-Malang

Suzuki Bike Meet Medan-Malang

ACTUAL
GSX-S150 Susuri Pantai Selatan

GSX-S150 Susuri Pantai Selatan

ACTUAL
YRFI Gorontalo Tanggapi Isu Politik

YRFI Gorontalo Tanggapi Isu Politik

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company