V3 Open, Pioner Clear Area Turnamen Sepatu Roda di Indonesia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Riyo | Editor: Andi Wahyudi | 29 October 2017

V3 Open, Pioner Clear Area

SPORTKU.COM

Veni Vidi Vici (V3) Open kembali digulirkan. Pada edisi V3 Open 2017, banyak fakta menarik terjadi. Apa saja? 

Klub Veni Vidi Vici (V3) merupakan salah satu klub sepatu roda tertua di Jakarta bahkan di Indonesia. Sebagai salah satu pionir dalam hal kegiatan sepatu roda, mereka pun rutin mengadakan kompetisi sepatu roda yang dinamakan V3 Open.

V3 Open sendiri pertama kali digelar pada tahun 2010 dan masih eksis hingga di tahun 2017. Kejuaraan ini diklaim merupakan barometer lantaran banyak  kejuaraan yang mengadopsi sistem yang diterapkan oleh V3 sendiri. 

Bramantiyoko Sasmito, ketua pelaksana V3 Open 2017 mengaku bahwa V3 open merupakan kejuaraan yang pertama kali menggunakan sistem clear area, sebelumnya, tidak ada kejuaraan lain yang menggunakan sistem tersebut.

Baca juga
V3 Open Resmi Digelar. Bidik Atlet Muda

“V3 open hampir selalu menjadi barometer bagi pelaksanaan sepatu roda yang lain kalau kita ingat dulu, pada waktu 2010 atau sebelum 2010 itu termasuk V3 open sendiri, kalau ada kejuaraan sepatu roda itu pasti tidak clear area,” ujar pria yang akrab dipanggil Baron.

Menurut Baron, clear area membantu atlet untuk bisa tenang dan fokus saat bertanding. Sebelumnya, seringkali orang tua atlet yang selalu mengintervensi dengan memberikan pressure yang berat bagi anak sehingga menyebabkan si atlet tampil buruk. "Awalnya banyak yang tidak setuju, namun lama kelamaan akhirnya semua mengerti,” ujarnya.

V3 Open sendiri menurut penuturan Bramantiyoko memang diperuntukan bagi atlet-atlet muda sepatu roda yang ingin mengembangkan kemampuannya. Meski demikian, ia juga tetap mempertandingkan kelompok usia senior.

“V3 Open sendiri melahirkan bibit-bibit baru, jadi fokus kita pada atlet-atlet usia muda. Tapi kita tidak membatasi, tetap akan ada atlet-atlet senior tapi mayoritas peserta kita dari dulu adalah atlet muda dari anak SD sampai dengan SMP akhir, SMA biasanya masuk ke senior,” ungkapnya.

Baca juga
Neymar Jadi Raja di PSG

Baron sendiri mengaku senang dengan V3 Open 2017 kali ini. Pasalnya, ada sebanyak 622 atlet yang ikut serta dalam kejuaraan kal ini. Selain itu, mereka juga untuk pertama kali mengadakan RX Battle setelah di tahun-tahun sebelumnya hanya mengadakan race.

“Untuk 2017 ini kita cukup bangga karena pencapaian kita total ada 622 atlet itu terbagi menjadi pemula, yang baru benar-benar belajar itu kurang lebih ada sekitar 195 atlet, standarnya 133, dan speednya ada 212,” katanya.

“Nah, V3 open di tahun 2017 kali ini juga membikin RX Battle atau skatecross. Pertandingan disiplinnya sama dengan freestyle tapi beda. Mereka (atlet) bapalan, itu pake balon-balon, bukan berantem-beranteman, itu areanya sedikit, tajam jadi diperlukan kelincahan dan ketangkasan. Ada 91 atlet yang akan bertanding,” tegas Bramantiyoko.

Baron juga mengaku bahwa kedepannya, V3 Open 2017 tetap bisa menjadi acuan bagi orang-orang untuk mengadakan kegiatan serupa. Selain itu ia juga bercita-cita agar tak hanya perlombaan speed saja, tetapi mencakup arena yang lain.

“Ingin jadi acuan orang-orang dengan mengumpulkan semua pecinta sepatu roda, artinya bukan cuma race. Yaitu juga di tahun ini kita mulai dengan RX battle, jadi benar-benar kaya Roller Derby. Bahkan kita bercita-cita dalam satu event V3 open itu, kita ingin speed main, ada RX Batlle, ada freestyle, ada skate board, inginnya semua ngumpul jadi satu," ujar Bramantiyoko.

Baca juga
Rossi Pimpin FP3 Sepang

  • facebook share

RELATED NEWS

Bahagianya MC Balap Ricky Sitompul

Bahagianya MC Balap Ricky Sitompul

HOT ISSUE
Alibaba Dukung Talenta Muda Maluku

Alibaba Dukung Talenta Muda Maluku

HOT ISSUE
Skutik Murah TVS Dazz

Skutik Murah TVS Dazz

HOT ISSUE
Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company