Roger Federer Raih Gelar Ke-95 di Kampung Halaman

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 30 October 2017

Pulang Kampung, Federer Raih Juara

SPORTKU.COM

Pulang ke kampung halaman, Roger Federer mengalahkan petenis Argentina Juan Martin Del Potro, Minggu (29/10).

Dengan raihan kemenangan di Swiss Indoor ini, Federer mempersempit jarak pada petenis nomor satu dunia Rafael Nadal. Kemenangan Federer dengan skor 6-7 (5-7) 6-4 6-3 membuat dirinya meraup 1.460 poin dari petenis Spanyol itu sebelum kejuaraan Paris Masters minggu depan, pada musin final regular.

Petenis berusia 36 tahun itu mengklaim mahkota kedelapan di Basel dan gelar ketujuh di 2017.

Kemenangan untuk Del Potro akan membawanya pada final kualifikasi final ATP di London. Setelah menang di Stockholm pekan lalu, petenis nomor 19 dunia ini menargetkan gelar back-to-back di Basel. Namun sayang sepertinya dewi fortuna tidak memihak pada petenis berusia 29 tahun ini, yang tetap berada pada posisi di belakang Pablo Carreno Busta dari Spanyol. Del Potro harus mencapai setidaknya semifinal di Paris untuk mengklaim tempat terakhir.

"Luar biasa betapa bagusnya Roger bermain. Saya berharap bisa berada dalam keadaan seperti itu saat di usia saya nanti, tapi saya ragu apakah bisa?." ungkap Del Potro.

Namun, sepertinya Federer menarik diri dari Paris Masters minggu depan dan mengakhiri peluangnya untuk merebut posisi nomor satu dunia dari Rafael Nadal.

Federer dan Del Potro telah bertemu pada empat kesempatan sebelumnya pada 2017, dengan yang terakhir memenangkan pertemuan terakhir mereka di perempat final AS Terbuka bulan lalu.

Baca Juga:
Del Potro Hentikan Langkah Federer di AS Terbuka

Di set pembuka yang ketat, Federer mendapat kesempatan untuk memenangi servisnya, hanya untuk Del Potro untuk berehat dan pemain Swiss itu kemudian kehilangan lima poin berturut-turut untuk menyerahkan pada tie-break.

Federer mulai frustasi saat di game keempat set kedua saat ia membuka kesempatan memberi otoritasnya kembali pada pertandingan tersebut. Juara Grand Slam 19 kali itu menbuat jeda dan mengambil alih kendali pada 30-40, hanya untuk mengirim voli backhand.

Terjadi ledakan kemarahan saat Federer menghancurkan raketnya ke jaring dalam sebuah demonstrasi emosi yang langka. Namun, ia kembali tenang untuk istirahat di pertandingan set akhir, sebelum membungkus kemenangan dengan dua jeda lebih lanjut pada set ketiga.

Federer kini memiliki 95 gelar, bersama petenis Amerika Jimmy Connors memimpin daftar sepanjang masa di nomor 109.

Runner Up Juan Martin del Potro dan Sang Juara Roger Federer, Swiss Indoors 2017
roger-federer-basel-2017-39924f51bc14bf9.jpg

 

Baca juga:
Federer Singkirkan Nadal Untuk Raih Shanghai Masters

  • facebook share

RELATED NEWS

Kalah, Federer Tetap Bahagia

Kalah, Federer Tetap Bahagia

TENNIS
Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company