Menpora Buka Liga Catur Mahasiswa

Text : Suhartono | Photo / Video : Kemenpora | Editor: Andi Wahyudi | 30 October 2017

SPORTKU.COM

Menpora Imam Nahrawi membuka Liga Catur Mahasiswa pada Minggu (29/10) di Gedung Pramuka, Kota Padang, Sumatera Barat.

Didampingi Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Mardizal dan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Imam Nahrawi membuka Liga Catur Mahasiswa sekaligus melaunching Liga Catur Nagarai (LCN) se-Sumatera Barat. Sebanyak 214 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumatera Barat mengikuti pertandingan liga catur tersebut.

"Saya mengapresiasi Liga Catur Mahasiswa ini. Hal ini merupakan ajang pencarian pemain catur berbakat yang bisa diorbitkan dan mendapat sentuhan pelatihan untuk menjadi juara baru di dunia percaturan tanah air maupun internasional. Maka perlu kiranya lomba catur seperti ini untuk sering-sering digelar," ungkap Imam Nahrawi.

Sementara itu, inisiator Liga Catur Mahasiswa, Febby Datuak Bangso mengatakan dengan digelarnya liga catur antar mahasiswa ini dapat menggairahkan kembali olahraga catur di Sumatera Barat. Apalagi dengan kondisi yang ada sekarang, dirasakan Febby peminat untuk bertanding catur dirasakan masih kurang.

Baca Juga
Diterjang Badai, Seri 1 Drag Bike Harley-Davidson Rumpin, Bogor 2017 Ditunda

Menurut Febby pada LCN 2017 Sumatera Barat, selain mendapat dukungan penuh dari Kemendes PDTT, juga bekerja sama dengan Kemenristek Dikti dan Kemenpora. “Target kita tercatat dan memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), di mana teknisnya panitia bekerjasama dengan Percasi Sumbar,” ujar Febby pada siaran pers Kemenpora.

LCN 2017 Sumatera Barat akan dilaksanakan serentak di 1.148 warung atau lapau pada 1.148 nagari atau desa. Konsep satu nagari setiap warung akan dilaksanakan pertandingan catur. Event ini sendiri akan dilaksanakan selama dua hari dengan memperebutkan total hadiah Rp50 juta.

Sementara itu, dalam kompetisi catur ini semua peserta berlomba dalam kategori chess Swiss perorangan yang bertanding dalam sembilan babak. Dari sembilan babak tersebut para pecatur masing-masing kategori bertanding dengan intensitas kemenangan terbanyak dianggap sebagai juara pertama.

Baca Juga
Saat Lorenzo Jadi Teman Terbaik, Ini Kata Dovizioso
Peluang Icardi Raih Top Skor Musim Ini

  • facebook share

RELATED NEWS

Angkat Berat 62kg Dihapus

Angkat Berat 62kg Dihapus

ACTUAL
Indonesia Masih Kekurangan Atlet Difabel

Indonesia Masih Kekurangan Atlet Difabel

ACTUAL
Factor Rilis Sepeda Triathlon Baru

Factor Rilis Sepeda Triathlon Baru

ACTUAL
Indonesia Juara umum Test Event

Indonesia Juara umum Test Event

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company