Tahun yang Sulit untuk Sebastien Ogier Menjuarai WRC 2017

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | 1 November 2017

SPORTKU.COM

Kemenangan yang diraih M-Sport di Dayinsure Wales Rally GB meneguhkan Sebastian Ogier sebagai juara WRC 2017.

Usai laga terakhir, Sebastien Ogier berhasil memastikan gelar juaranya untuk tim M-Sport World Rally Team. Kemenangan yang berhasil diraih ini sebelumnya juga pernah dirasakannya pada 2007 silam. Putaran Dayinsure Wales Rally GB ini sebetulnya tidak dimenangkan oleh Ogier, melainkan dimenangkan oleh rekan setimnya, Elfin Evans yang berhasil menjadi juara pertama dengan catatan waktu dua jam 57 menit 00.6detik.

Kemenangan yang diraih oleh Evans ini merupakan kemenangan pertamanya di ajang WRC sekaligus menjadi pahlawan di kampung halamannya. Tepat di belakangnya atau di posisi kedua, di tempati oleh pebalap asal Belgia Thierry Neuville yang kemudian disusul oleh Sebastien Ogier di tempat ketiga.

"Saya begitu emosional saat finish.  Ini tahun yang sulit dan kita semua harus bekerja sangat keras. Sangat menakjubkan bisa menjadi juara bersama Tim M-Sport," ujar Ogier.

Baca juga
Lorenzo Rela Jadi Tumbal Ducati

Balapan yang berlangsung di Wales ini sungguh menguji keterampilan tim mekanik dalam memperbaiki Ford Fiesta yang menjadi pacuan utama mereka. Pasalnya, dalam melakoni gelaran tersebut kendaraan Ogier mendapat masalah di bagian sistem pengereman. Selain dihantui permasalahan tersebut, lokasi terpencil menjadi salah satu kendala tim dalam berhubungan lewat radio komunikasi.

Ogier memutuskan untuk melepas rem cakram di ban kirinya sebelum menuju ujian akhir di Dyfnant. Hebatnya, Ogier mendapatkan waktu tercepat dengan hanya menggunakan 3 rem cakram saja.

"Kami berada di antah berantah, kabut, malam dan lumpur. Saya pikir akan berakhir, namun saya berusaha semaksimal mungkin untuk mencoba memperbaiki mobil ini yang sangat buruk. Bagian depan kiri hilang dari cakram, bantalan, semuanya. Dalam waktu yang sangat singkat kami harus menemukan solusi untuk menemukan beberapa rem tapi kami melaju tahap terakhir dan kami berhasil,” ujar Ogier.

Mengamankan gelar juara dunia WRC untuk kelima kalinya sangat berati bagi Ogier.  “Setiap podium sangat berarti dan pertama Anda tidak pernah lupa karena itu adalah pencapaian karir Anda yang Anda inginkan. Setelah itu, tentu saja, setelah semua terasa baik pasti Anda ingin selalu lebih. Saya selalu menginginkan lebih dari itu, tapi yang satu ini istimewa karena ini adalah tantangan baru, mobil baru, tim baru - semuanya berbeda dari tahun lalu,” papar Ogier.

Kesuksesan yang dicapai ini merupakan pencapaian yang istimewa, pasalnya M-Sport sukses menaklukan tiga perusahan mobil terbesar di dunia.

Baca harga
Galeri Foto PGV Induro Laps

  • facebook share

RELATED NEWS

Hyundai Double Podium di Australia

Hyundai Double Podium di Australia

WRC
Mesin Jebol, Pereli Pasrah

Mesin Jebol, Pereli Pasrah

SPEED RALLY
Highlights Rally of Celebes 2017

Highlights Rally of Celebes 2017

SPEED RALLY
Tanpa Drama, Advannov Kembali Bangkit

Tanpa Drama, Advannov Kembali Bangkit

SPRINT RALLY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company