5 'Pakaian' Wajib Pebalap Road Race

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 1 November 2017

SPORTKU.COM

Balap motor memang dikenal memiliki banyak risiko. Hal apapun bisa saja terjadi di tengah sirkuit tanpa ada 'petunjuk' lebih dulu.

Tak dipungkiri jika balapan merupakan olahraga yang penuh risiko. Kecelakaan bisa saja terjadi. Akibatnya tentu bukan hanya patah tulang yang ditakuti oleh para pebalap. Akan tetapi terkadang nyawa juga bisa menjadi pertaruhan mereka dalam setiap kali aksi ngebutnya di trek balap.

Maka tak heran jika regulasi pada sebuah event balap sangat ketat. Apalagi jika sudah menyangkut soal keamanan pebalap. Tak bisa di otak-atik, regulasi mengenai keamanan pebalap menjadi prioritas utama pada sebuah balapan. Maka ada beberapa peranti wajib bagi pebalap yang harus mereka pakai saat balapan.

Berikut 5 perngkat wajib pebalap road race saat turun balap versi SPORTKU.com:

1. Helm
Helm jadi alat utama bagi para pebalap yang harus mereka pakai saat balapan. Selain melindungi kepala dari benturan keras saat terjadi kecelakaan, fungsi lain dari helm adalah melindungi mata dari terpaan angin maupun debu atau kotoran. Apalagi balapan pastinya dilakukan dengan kecepatan di atas rata-rata.

Meski demikian, sudah banyak kasus pebalap yang mengalami luka parah di kepala meski sudah menggunakan helm saat balapan. Sebut saja Marco Simoncelli yang meregang nyawa saat mengalami kecelakaan di MotoGP Sepang, Malaysia pada tahun 2011 silam. Ketika itu helm yang digunakan pebalap Italia ini bahkan sampai terlepas dari kepala Simoncelli.

Helm balap biasanya berbeda dengan helm untuk harian. Produksi helm racing dan harian tentunya memiliki perbedaan signifikan. Perlu diketahui, helm harian tak dirancang untuk menahan benturan pada kecepatan tinggi. Lain halnya dengan helm racing yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kegiatan balap.

Produksi helm balap biasanya akan ada tambahan karbon kevlar pada lapisan shell atau cangkangnya. Lain halnya dengan helm harian yang biasa cuma fiber atau plastik. Soal bobot, helm balap juga akan lebih ringan agar memberikan kenyamanan kepada para pebalap saat berada di sirkuit.

Baca Juga
Lorenzo Rela Jadi Tumbal Ducati Untuk Kemenangan Dovizioso

2. Sarung Tangan
Glove atau sarung tangan juga menjadi alat wajib untuk pebalap. Memang terlihat sepele, namun sarung tangan juga memiliki peranan penting bagi seorang pebalap. Penggunaan sarung tangan bukan hanya sekadar melindungi kulit dari teriknya matahari. Tapi juga sebagai salah satu bentuk proteksi diri dari risiko yang bisa saja terjadi di sirkuit.

Sarung tangan pebalap juga berbeda dari yang biasa digunakan para bikers untuk penggunaan harian. Sarung tangan untuk kegiatan balap biasanya memiliki bahan yang lebih tebal. Terutama pada bagian yang paling banyak mengalami abrasi atau kemungkinan patah tulang, seperti di bagian ibu jari, pergelangan dan telapak tangan

Bahkan pada beberapa bagian, sarung tangan juga diberi pelindung tambahan yang terbuat dari titanium atau karbon. Selain itu, pastinya sarung tangan juga terbuat dari bahan-bahan yang ringan namun tetap kuat, seperti plastik polyurethane atau titanium.

3. Sepatu Balap
Pebalap profesional tak akan menggunakan sembarang sepatu balap. Sepatu balap model boots biasanya menjadi pilihan mereka. Sepatu model ini dipilih untuk mengurangi risiko cedera kaki jika terjadi kecelakaan. Desain sepatu boots juga harus kuat untuk menghadapi benturan, abrasi, gesekan dan tahan api. Tapi juga tetap fleksibel saat digunakan.

Untuk memberikan kenyamanan kepada pebalap, sepatu balap juga harus memiliki bobot ringan. Maklum, balapan harus dilakukan selama beberapa lap. Desain sepatu balap juga biasanya dibuat dengan tinggi melebihi mata kaki bahkan bisa sampai menutup sebagian betis kaki yang rawan patah tatkala terjadi kecelakaan. Bahan yang digunakan untuk alas dasar sepatu adalah sol sepatu yang tebal dan kuat.

Baca Juga
Seberapa Pentingkah Team Order?

4. Wearpack
Baju balap atau wearpack tak kalah penting fungsinya. Seragam khusus untuk pebalap ini juga memiliki desain dan bahan tertentu. Mengingat keberadaannya sangat penting sebagai salah satu pelindung bagi para pebalap. Wearpack didesain untuk melindungi bagian-bagian terpenting dari tubuh seorang pebalap.

Wearpack yang ideal hanya berbobot sekitar 4,5kg. Sebagai pelindung tubuh pebalap, wearpack juga diciptakan dengan menggunakan panel berbahan karbon kevlar. Itu berfungsi untuk memberikan perlindungan maksimal pada beberapa titik penting tubuh manusia seperti dada, tulang belakang, lengan, siku, lutut, dan tulang kering.

Setiap wearpack juga dilengkapi dengan pelindung lutut, siku, dan bahu. Di mana pada bagian-bagian tersebut dilengkapi dengan thermo plastic yang memiliki desain lebih keras di bagian tengahnya sedangkan bagian luar atau pinggirannya lebih lembut. Maka tak heran jika pebalap terkadang menyentuh aspal di bagian dengkulnya.

5. Back Protector
Meski sudah menggunakan wearpack, pebalap juga ternyata juga masih perlu memakai back protector atau pelindung punggung. Tentu fungsi dari back protector adalah untuk melindungi tulang belakang jika terjadi kecelakaan. Dengan memakai back protector, maka akan meminimalisir hal yang tak diinginkan pada tulang belakang saat terjadi kecelakaan hingga benturan keras dengan aspal atau motor.

Baca Juga
Sejak Kapan Suzuka 8-Hours Digelar? Berikut Sejarahnya

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pemain Terbaik Jepang

Lima Pemain Terbaik Jepang

TOP 5
Lima Pencetak Gol Tercepat

Lima Pencetak Gol Tercepat

TOP 5
Lima Momen Buffon Bela Azzuri

Lima Momen Buffon Bela Azzuri

TOP 5
Lima Pemain Timnas Keturunan Tionghoa

Lima Pemain Timnas Keturunan Tionghoa

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company