Diskriminasi Meningkat di Sepak Bola Inggris

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Utd Report,nufc Official | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: bbc,guardian | 2 November 2017

SPORTKU.COM

Kick It Out, organisasi antidiskriminasi yang mengkampanyekan kesetaraan dalam olahraga merilis data yang menunjukan peningkatan diskriminasi di sepak bola Inggris.

Nampaknya perjuangan untuk melawan diskriminasi dalam sepak bola masih teramat panjang. Kick it out baru-baru ini merilis survey yang hasilnya cukup mencengangkan yang menunjukan bahwa ada peningkatan diskriminasi di dalam sepak bola Inggris dalam lima tahun terakhir.

Dalam survey tersebut menyatakan bahwa ada sebanyak 469 kasus diskriminasi di semua area di sepak bola Inggris musim lalu, mulai dari kompetisi profesional seperti Liga Primer Inggris, Women’s Super League, sepak bola non-liga sampai divisi akar rumput, bahkan termasuk sejumlah tindakan intoleransi pada sosial media. Hasil ini membuat adanya peningkatan sebesar 16,7 persen.

Adapun rincian dari kasus diskriminasi ditemukan bahwa sebanyak 48 persen terkait dengan soal rasial, 21 persen terkait diskriminasi seksual (homofobia, biphobia atau transfobia) dan 17 persen terkait keyakinan agama.

Kick It Out kemudian merinci bahwa 56% keluhan yang diterima berkaitan dengan insiden di Liga Premier Inggris, 34% terjadi di EFL, 9% terjadi di tingkat non-liga dan 1% selama pertandingan internasional. Sementara keluhan dalam pertandingan profesional mengalami peningkatan sebesar 53% dibanding musim 2015/16.

"Statistik menunjukkan sebagian besar pelaporan yang terjadi dalam permainan profesional, Kick It Out menyadari skala pelaporan yang rendah dalam permainan akar rumput,” ujar Roisin Wood, chief executive Kick It Out seperti dikutip dari BBC.

"Ini adalah salah satu dari sejumlah tantangan yang harus ditangani oleh otoritas sepak bola ke depan,” sambungnya.

Sebagai upaya pencegahan, Kick It Out sendiri telah memiliki sebuah aplikasi yang memungkinkan pelaporan penyalahgunaan secara instan yang kemudian dikomunikasikan ke stadion klub profesional langsung ke pejabat klub agar supaya mereka memulai tindakan segera. Insiden lain dirujuk ke Asosiasi Sepak Bola (FA) atau liga penyelenggara liga untuk ditangani.

Baca Juga
Corsa Dukung Freestyler di Indonesia

Romelu Lukaku Korban Diskriminasi di Liga Primer Inggris(Utdreport)

kick-it-out-nufc-18154596b154093.jpg

Sementara juru bicara dari Liga Primer Inggris mengatakan bahwa upaya pencegahan diskriminasi sudah mereka lakukan dengan membuat lingkungan stadion yang aman dan ramah dan ikut mensuport aplikasi Kick It Out untuk digunakan oleh penggemar bila menemukan indikasi adanya diskriminasi yang dilakukan oleh suporter lain.

"Kami akan terus bekerja dengan para pemangku kepentingan di sepak bola untuk mempromosikan kesetaraan dan keragaman di semua tingkat olahraga, dan untuk mendorong para pendukung merasa yakin mereka dapat melaporkan kejadian dengan baik ke klub, Kick It Out, atau Liga Primer,” bunyi pernyataan mereka.

Organisasi Kick It Out sendiri menerima dana sebesar 650 ribu poundsterling atau sekitar Rp10,88 miliar setiap tahun dari FA, Liga Primer Inggris, dan Football League. Saat ini mereka sudah memiliki 14 staff tetap dan menjelang ulang tahun ke-25, mereka akan tetap berusaha untuk mengatasi diskiminasi di sepak bola Inggris.

Yang terbaru, pada September 2017 lalu Kick It Out mendesak Manajemen Manchester United (MU) untuk menghentikan nyanyian rasis yang diarahkan kepada striker andalan mereka, Romelu Lukaku yang baru dibeli dari Everton di awal musim.

Baca juga
Jambore Nasional Suzuki Satria Diisi dengan Tetesan Darah

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company