Kiat Sukses Sebelum Turun Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Indonesia Retro Race | 2 November 2017

SPORTKU.COM

Persiapan yang matang menjadi salah satu faktor kunci untuk mencapai kesuksesan. Tak terkecuali di dunia balap.

Turun balap sudah tentu dengan target ingin menang atau setidaknya finish di atas podium juara. Namun tentunya tidak mudah untuk bisa menjadi juara. Butuh persiapan matang yang harus dilakukan bagi seorang pebalap. Bukan hanya soal mental atau persiapan fisik pebalap. Namun juga persiapan kendaraan.

Memang banyak sektor yang harus dipersiapkan ketika menyangkut kendaraan balap. Berbagai hal harus dipersiapakan secara matang dan terperinci. Persiapan kendaraan bisa dimulai dari pengetesan power mesin dan performa mesin. Salah satu bengkel yang menjadi rujukan para pebalap touring maupun offroad adalah DSS Garage di kawasan Ciputat dengan melakukan dyno test.

"DSS Garage merupakan salah satu bengkel yang menggunakan alat terpercaya yaitu, Mustang Dyno. Dyno test diperlukan untuk mencapai hasil yang tepat, hasil power yang optimal dan untuk menjaga mesin agar tidak kritis, di mana power bagus tapi tidak tahan lama. Perasaan enak pada mesin merupakan hal yang subjektif. Dan hasil dyno test dapat digunakan sebagai bukti pendukung yang akurat, bisa tepat dan amat efisiensi waktu. Disarankan minimal satu spesifikasi mesin, satu kali dyno. Namun apabila ada perubahan diperlukan untuk dyno test lagi”, ujar Zafar D. Idham, dari tim Ecurie Cinere Federal Mobil.

Persiapan mesin soal power memang bukan segalanya untuk membuat performa mobil mumpuni di lintasan balap. Setelah melakukan dyno test, langkah berikutnya bisa merujuk ke bagian kaki-kaki. Uji kelayakan dari kaki-kaki kendaraan berguna untuk mengintip performa ban, velg tie rod, ball join dan per. Kemudian bobot juga menentukan apakah kendaraaan tersebut terlalu berat atau tidak untuk dipakai balapan.

Baca Juga
Pelumas Pertamina Lebarkan Sayap Hingga Italia dan Afrika Selatan

Selesai di persiapan mobil, fisik juga tak boleh diabaikan. Kekuatan fisik juga menjadi salah satu faktor penentu untuk bertahan di belakang kemudi. Apalagi balapan dilakukan selama beberapa lap. Terlebih dengan konsentrasi tinggi, maka kekuatan fisik juga menjadi hal utama.

"Salah satu persiapan sebelum balap, untuk saya sendiri adalah diperbanyak istirahat dan diimbangi dengan olahraga, serta pengendalian emosi agar pikiran tenang dan management waktu yang baik, seperti datang ke sirkuit lebih awal sehingga tidak terburu-buru ketika melakukan persiapan sebelum turun balap," ujar Iwan Sardjana, dalah satu pebalap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang turun di Kelas Retro 1600 Max dengan tunggangan Datsun 510.

Sekadar info, Indonesia Retro Race, meski diisi dengan mobil-mobil jadul, namun hingga kini tetap eksis di usianya yang sudah 10 tahun sebagai salah satu kelas di ajang ISSOM 2017. Bahkan balapan dengan mobil-mobil retro ini juga berhasil menarik minat pebalap luar negeri asal Kanada Robert Paul.

“Saya sangat excited, balapan ini sangat seru, di bawah bendera Speedy Motorsports balapan ini dikemas dengan baik dan seru,” singkat Robert dari tim Garden Speed.

Dengan eksistensinya yang sudah menginjak usia 1 dekade, tak heran jika kini Indonesia Retro Race juga mampu menarik banyak sponsor. "Terima kasih kepada para pebalap yang selalu setia dalam event ini dan para sponsor Indonesia Retro Race, Bank Rakyat Indonesia, DSS Garage, Agria Mineral Water dan Janin Tour & Travel," bangga Rendison, penyelenggara Indonesia Retro Race.

Baca Juga
Jamnas Satria Club Indonesia 2017 dengan Donor Darah
Highlights PGV Induro Laps (Video)

  • facebook share

RELATED NEWS

Bahagianya MC Balap Ricky Sitompul

Bahagianya MC Balap Ricky Sitompul

HOT ISSUE
Alibaba Dukung Talenta Muda Maluku

Alibaba Dukung Talenta Muda Maluku

HOT ISSUE
Skutik Murah TVS Dazz

Skutik Murah TVS Dazz

HOT ISSUE
Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company