Lima Momen Ikonik Buffon di Timnas Italia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Uefa Official,pinterest,wall Street Journal | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: football italia | 3 November 2017

Lima Momen Buffon Bela Azzuri

SPORTKU.COM

Gianluigi Buffon merayakan momen spesial dalam karirnya lantaran masih tetap menjadi pilihan utama menjaga gawang Timnas Italia selama 20 tahun.

Nama Buffon tentu tak bisa dipisahkan dalam perjalanan Tim Nasional (Timnas) Italia dalam dua dekade terakhir. Pasalnya, pria yang kini menginjak usia 39 tahun itu selalu menjadi andalan pertama alias tak pernah absen membela tim yang berjuluk Gli Azzuri tersebut.

Buffon sendiri saat ini telah tampil sebanyak 173 pertandingan bersama Italia. Hal ini membuat pemain andalan Juventus itu menjadi pemain yang paling banyak membela negaranya dan telah mengikuti lima Piala Dunia berbeda—dan berpeluang memecahkan rekor tersebut.

20 tahun tampil bersama Italia, berikut lima momen ikonik Buffon seperti dikutip dari Football Italia:

Debut Timnas Italia

Buffon sendiri sudah tampil memperkuat Timnas Italia sejak 29 Oktober 1997. Saat itu ia yang baru menginjak usia 19 tahun dipercaya tampil melawan Rusia mengantikan posisi Gianluca Pagliuca yang cedera pada menit ke-32.

Saat Buffon debut, kondisi lapangan buruk lantaran cuaca saat itu sedang bersalju. Kondisi dingin yang menusuk tulang membuat pertandingan kedua tim hanya mampu bermain imbang 1-1 di babak kualifikasi Piala Dunia 1998.

"Pada malam yang benar-benar mengejutkan. Saljunya luar biasa, lapangan berlumpur, keadaan yang buruk bagi saya ketika melakukan debut," kata Buffon.

Laga Italia-Paraguay

Laga Italia melawan Paraguay merupakan laga kedua Buffon membela Gli Azzuri. Namun sang kiper masih mengingat jelas bagaimana penyelamatannya mencegah Timnas Italia kebobolan lebih banyak dalam pertandingan tersebut.

Pertandingan ini diselenggarakan di Stadion Ennio Tardini, milik Parma FC, klub yang menjadi tempat Buffon mengawali karir sepak bola dan menjadi klub yang ia bela saat itu.

"Saya main di babak kedua di stadion saya. Saya membuat salah satu penyelamatan terbaik dalam karier saya, dan mungkin juga terbaik bagi kiper manapun," ujar kapten Juventus ini.

Menghalau Sundulan Zidane di Final Piala Dunia 2006

Kesuksesan Italia menjadi juara Piala Dunia edisi 2006 barangkali berkat kecemerlangan Buffon menjaga gawang dari lawan mereka di sepanjang pertandingan di Piala Dunia yang diselenggarakan di Jerman tersebut. Pemain andalah Juventus itu tercatat hanya kemasukan sebanyak dua gol dari 7 pertandingan.

Italia nyaris kalah ketika pertandingan final bila sundulan Zinedine Zidane pada ekstra time tak mampu Buffon selamatkan. Ia juga ikut andil dalam kemenangan Azzuri lewat drama pinalti dimana mereka menang 5-3 dari Prancis.

“(penyelamatan) itu terlihat bagus di kamera, meski itu biasanya bukan gayaku,” kata Buffon.

Samai Rekor Caps Italia Milik Cannavaro

Fabio Cannavaro dan Buffon (pinterest)

gianluigi-buffon-wall-street-135321ff4e157c1.jpg

Fabio Cannavaro merupakan sosok langka, meski posisinya sebagai bek, ia sukses meraih gelar Ballon d’Or pada tahun 2006 silam. Penghargaan tersebut bukti shahih bahwa pesepakbola yang kini menjadi pelatih bagi Tianjin Quanjian itu merupakan pemain fenomenal.

Meski demikian, Cannavaro harus rela caps di Timnas Italia akhirnya berhasil dilewati oleh Buffon pada September 2013 lalu atau pada saat La Nazionale berhadapan dengan Republik Ceko.

"Itu kenangan yang indah, karena saya berada dalam kalangan elite sepak bola. Menjadi bagian penting dalam sejarah Azzurri adalah impian setiap pemain dan setiap anak kecil di Italia," tutur Buffon.

Penampilan ke-1000 Buffon

Buffon 1000 (UEFA Official)gianluigi-buffon-wall-street-57503750cee8dde.jpg

Buffon benar-benar menunjukan konsistensinya sebagai pesepakbola profesional dengan mencatatkan penampilan ke-1000. Momen tersebut terjadi saat Buffon tampil dalam laga Gli Azzurri kontra Albania pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 beberapa waktu lalu.

"Menjalani hidup sehat, menjaga motivasi, mencintai apa yang Anda lakukan, rekan kerja, semuanya akan terasa lebih mudah, dan Anda bisa mencapai target luar biasa," ujar kiper kelahiran Carrara ini mengungkapkan kunci suksesnya.

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pemain Terbaik Jepang

Lima Pemain Terbaik Jepang

TOP 5
Lima Pencetak Gol Tercepat

Lima Pencetak Gol Tercepat

TOP 5
5 'Pakaian' Wajib Pebalap

5 'Pakaian' Wajib Pebalap

TOP 5
Lima Pemain Timnas Keturunan Tionghoa

Lima Pemain Timnas Keturunan Tionghoa

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company