Mengenal Ragam Fork MTB

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 3 November 2017

Mengenal Ragam Fork MTB

SPORTKU.COM

Sekilas, fork atau “garpu” pada sepeda gunung atau MTB memang tampak sama.

Padahal sebenarnya tidaklah demikian. Bila ditelusuri lebih jauh, fork MTB memiliki desain serta ukuran yang beragam. Hal itu terkait dengan beberapa hal, seperti medan yang akan dilalui serta gaya berkendara masing-masing.

Saat ini, terdapat banyak pilihan dari berbagai merek maupun produsen. Setiap produsen juga memiliki ukuran yang berbeda pada fork yang dibuatnya. Namun, perbedaan tersebut mungkin sangat “tipis”.

Baca juga:
UAE TEAM EMIRATES BERAMBISI JADI TIM TERKUAT

Secara umum, fork yang ada di pasaran terbagai menjadi 3 kategori, yakni Cross Country (XC)/Trail, All Mountain (AM)/Enduro dan Downhill. 

XC/Trail
Fork XC atau Trail adalah fork yang paling umum digunakan. Fork ini memiliki jarak travel (jarak maksimum kompresi) antara 80 meter 140mm.

Pabrikan sepeda atau MTB pada umumnya menggunakan fork jenis ini pada frame sepeda XC atau hardtail, yang memiliki head angle rata-rata 70 derajat atau lebih.

AM/Enduro
Berbeda dengan XC, fork AM/Enduro memiliki jarak travel yang lebih panjang dari XC - antara 140 hingga 180mm. Jarak tersebut akan membuat sepeda lebih rebah dari MTB XC.

Fork jenis ini, dipadupadankan dengan frame yang memiliki head angle yang kurang dari 70 derajat (67 atau 68 derajat).

DH/Freeride
Diantara lainnya, fork downhill atau freeride memiliki jarak travel yang paling panjang, yaitu antara 180 hingga 200mm atau lebih. Selain itu, fork jenis ini juga memiliki dua buah mahkota (double crown) agar lebih kuat untuk menopang sepeda, teritama saat mengalami benturan keras. Sementara, fork kategori lainnya hanya memiliki 1 crown saja.

Lantas bagaimana bila sebuah fork dipasang frame tapi dengan ukuran frame yang tidak sesuai dengan saran dari pabrikan? Jawabannya, bisa saja. Tapi hal itu tidak disarankan, karena bisa menyebabkan beberapa hal yang tidak diharapkan, seperti frame di area head angle retak, patah, atau kejadian lainnya, yang membuat rider tidak nyaman saat berkendara.

Jadi? Sudah tahu pilihan fork Anda!

Baca juga:
VINCENZO MONTELLA: SAYA SEPERTI MELIHAT PEMAKAMAN DIRI SENDIRI

Fork MTB XC/Trail

thrill-vanquish-elite-2017-59258593e59bc00.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Bico Jelajah Bangka

Bico Jelajah Bangka

MTB
Aksi Seru Rider Trial Lokal

Aksi Seru Rider Trial Lokal

FREERIDE & SLOPESTYLE
Tim Trek Terbaik di FMB

Tim Trek Terbaik di FMB

FREERIDE & SLOPESTYLE
10 Trik Keren di Crankworx

10 Trik Keren di Crankworx

FREERIDE & SLOPESTYLE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company