Mantan Juara Tour de France Jalani Transgender Demi Kebahagiaan

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: cyclingnews | 5 November 2017

SPORTKU.COM

Mantan juara etape di ajang Tour de France Robert Millar menjalani transgender dan selanjutnya menjadi Philippa York.

York secara terbuka mengungkapkan peralihannya selama musim panas dan menulis pernyataannya yang emosional sekaligus memastikan persona barunya untuk pertama kalinya. Dia kemudian berkomentar tentang Tour de France untuk ITV 4 di Inggris.

"Saya akan beralih pada masa remaja saya dan saya tidak akan menjadi pebalap sepeda dan memiliki ketenaran atau keburukan untuk apa yang saya ketahui," kata York kepada BBC Skotlandia dalam sebuah wawancara yang sangat emosional, saat pertama kali berkunjung ke rumahnya, di kota Glasgow setelah absen selama 20 tahun.

"Jika saya memiliki informasi yang tersedia sekarang untuk saya saat itu, ketika saya berada di titik puncak mencoba membuat keputusan, saya akan memilih untuk melakukan transisi dan tidak menjadi pebalap sepeda atau apapun yang saya alami," tambahnya.

"Ketika saya pertama kali menjalani perawatan, itu disebut disforia gender. Itu berarti Anda tidak menyukai jenis kelamin Anda. Hal yang paling penting adalah tidak terkenal Anda akan lebih menyenangkan, dan itu lebih penting daripada kesuksesan apapun,” jelasnya lagi.

"Dari luar tampak kehidupan yang sempurna. Anda terlihat kuat, cepat dan mampu. Tapi di dalam, saya berpikir: Ini buruk. Ini bukan yang saya inginkan," cetusnya.

Baca juga:
MENGENAL RAGAM FORK MTB

Millar sebelumnya memenangkan jersey Raja Tanjakan di ajang Tour de France 1984, menempati posisi keempat klasemen umum dan dua kali menjadi runner-up di Tour of Spain. Millar adalah ikon bagi banyak pebalap sepeda dan penggemarnya saat itu. Tapi, York kemudian mengakui bahwa dia memisahkan balapan dari kepribadiannya yang sebenarnya.

Meskipun Millar sukses sebagai pebalap profesional, York lebih memilih menjalani kehidupan yang berbeda. Setelah belajar selama 20 tahunan, dia bisa menjalani transisi.

"Tapi saya sadar, itu bukan hal yang mudah. Jadi saya memutuskan untuk menunggu sampai karir saya usai dan, jika saya masih merasakan hal yang sama, saya akan melakukan sesuatu untuk hal itu," katanya.

"Akan ada hari-hari dan tahun-tahun ketika saya akan berjuang dengan itu. Anda bisa sampai di sana mewakili gambaran yang kuat dan semua hal yang baik tentang olahraga. Tapi secara pribadi, di dalam, saya hancur. Sisi luar sangat tidak sesuai dengan sisi dalam,” kilahnya lagi.

Dalam olahraga profesional, kata York, tidak ada tempat yang nyata untuk emosi. Dia baru saja mematikannya dan beroperasi seperti robot.

“Saya akan “mematikan” kehidupan pribadi saat saya melakukan balapan dan ketika saya menyelesaikan lomba, saya akan memiliki waktu selama beberapa jam dimana saya bisa kembali kepada apa yang saya sebut pribadi saya yang normal," jelasnya lagi.

Selama kembali ke Glasgow, York kembali ke sekolahnya, mengunjungi velodrome Glasgow yang baru dengan Chris Hoy dan berbicara dengan Billy Bilsland, sebagai sosok pelatih, mentor dan ayah.

Meski meneteskan air mata, York percaya bahwa kepulangannya adalah pengalaman positif setelah menempuh perjalanan panjang dalam mengejar kebahagiaan pribadinya.

"Saya bahagia - tidak begitu bahagia, karena saya kira kesempurnaan tidak ada. Tapi saya cukup stabil dengan diri saya dan bahagia," kata York menyimpulkan.


Baca juga:
PELUANG RYAN NIRWAN KIAN TIPIS

Philippa York (Foto: Philippa York)

pebalap-sepeda-jalani-trangender-5493628ac083816.jpg

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company