Aston Martin Luncurkan Road Bike Eksklusif Fascenario.3 Aston Martin Edition

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Aston Martin | Editor: Andi Wahyudi | 6 November 2017

Road Bike Eksklusif Aston Martin

SPORTKU.COM

Aston Martin telah berkolaborasi dengan produsen sepeda terkenal, Storck, untuk memproduksi road bike edisi terbatas.

Road bike Fascenario.3 Aston Martin Edition ini hanya akan dibuat 107 unit saja. Frame dan fork road bike ini adalah hasil dari kemajuan terbaru dalam bidang serat karbon dan aerodinamika. Sedangkan komponennya memiliki kualitas terbaik dan berada di puncak industri road bike saat ini.

Proyek ini muncul setelah Markus Storck, pendiri eponymous dan pemimpin perusahaan sepeda Storck, bergabung dengan Aston Martin dalam proyek 'One of Seven' Vanquish. Setelah memiliki beberapa Aston Martin, Storck bekerja dengan divisi besutan Aston Martin, Q by Aston Martin, untuk mengembangkan kelompok mobil sport khusus, yang fokus menampilkan teknologi serat karbon.

Dalam prosesnya, Markus Storck bertemu dengan EVP & Chief Creative Officer Aston Martin, Marek Reichman, dan mereka memutuskan untuk menjajaki kemungkinan sebuah usaha patungan dalam bidang sepeda.

"Sudah jelas, sejak awal bagaimana desain, teknik dan semangat kedua merek dapat tergabung. Dan apa yang telah kita jalani adalah sepeda yang indah, yang mencerminkan, tidak hanya banyak aspek teknis utama Aston Martin, tapi juga etos keunggulan kita,” kata Reichman.

Hasil akhirnya adalah Fascenario.3 Aston Martin Edition, yang telah memenangkan banyak tes dan menerima banyak penghargaan untuk disainnya. Bobot rangkanya hanya 770g dan setelah dikombinasikan dengan sejumlah komponen dari produsen, seperti THM dan ZIPP, berat keseluruhan menjadi hanya 5,9kg. Meski ringan, road bike ini diklaim sangat kuat.

Road bike Edisi Aston Martin ini dilengkapi dengan teknologi perpindahan gigi nirkabel dari SRAM. Hal ini tidak hanya memberikan estetika sepeda yang sangat rapi, namun shifter kiri dan kanan beroperasi seperti “dayung” yang ditemukan di balik kemudi mobil sport Aston Martin.

Baca juga:
CAVENDISH JUARA SAITAMA CRITERIUM

Q by Aston Martin, yang biasanya menyesuaikan mobil dengan kebutuhan pelanggan tertentu, bertanggung jawab untuk mencampurkan cat yang halus, namun khas. Dinamakan Argentum Nero, warna dapat berubah secara halus, dari warna abu-abu, hijau atau perak berkilau, tergantung dilihat dari sisi mana. Warna ini juga akan tampil pada mobil masa depan, kolaborasi antara Storck dan Aston Martin.

Serat karbon sama pentingnya dengan industri sepeda modern seperti pada produksi mobil sport dan super. Untuk tujuan ini, kerangka Fascenario.3 telah dirancang dengan Teknologi Karbon Nano yang memanfaatkan nanopartikel dalam struktur resin dari serat karbon untuk meningkatkan kekokohan dan fleksibilitas. Hal itu menyebabkan peningkatan kenyamanan, dikombinasikan dengan keamanan komponen yang lebih tinggi.

Contoh yang paling jelas adalah adanya sadel datar yang memiliki bagian melintang, yang dirancang untuk membantu fleksibilitas. Banyak komponen lainnya, seperti rem THM dan roda ZIPP juga terbuat dari serat karbon.

Seperti Aston Martin yang berusaha untuk memperbaiki aerodinamika mobilnya, Storck telah juga berusaha keras untuk menghasilkan aerodinamis kelas satu pada road bike buatannya. Storck mencapai hal itu melalui desain garpu terbuka dan lebar yang khas, yang membuat ruang lebih terasa di sekitar roda depan.

Sebuah prototipe road bike ini awalnya dipresentasikan pada acara balap eksklusif Rouleur Classic tahun lalu. 12 bulan berikutnya beberapa perubahan telah dilakukan pada sejumlah item, seperti bottom braket, yang sekarang lebih kaku, dan rem yang menggunakan kaliper Fibula THM generasi kedua. Senada dengan ban yang digunakan pada beberapa mobil Aston Martin, SUV Aston Martin Edition Storck Fascenario.3 juga hadir dengan ban P Zero Velo yang baru saja diluncurkan Pirelli.

Versi produksi akhir dari sepeda tersebut dipamerkan pertama kalinya di Rouleur Classic 2017 di Victoria House, London. Dengan hanya diproduksi 107, Fascenario.3 tampaknya menjadi pemandangan langka di jalanan, tapi akan sangat diminati oleh para kolektor.

“Saya akan mengatakan bahwa ini mungkin adalah sepeda terbaik yang pernah dibangun dengan nama otomotif di atasnya,“ kata Markus Storck.

Mengenai produsen sepeda Storck, perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 dan berbasis di Idstein, Jerman. Storck telah menghasilkan berbagai macam sepeda - Road, Urban dan Mountain, serta komponen, dan perusahaan ini telah memenangkan banyak penghargaan untuk desainnya yang inovatif. Banyak inovasi dalam industri sepeda yang saat ini sedang dikembangkan, dipatenkan, dan dipasarkan oleh Storck.


Baca juga:
MIMPI” ARYA DYPTA DI SIANG BOLONG

Baca juga:
MEMBELA SHAUN EVANS, WASIT YANG MEMIMPIN LAGA PERSIJA VS PERSIB

Fascenario.3 Aston Martin Edition 

aston-martin-luncurkan-road-59640db7d4d4c61.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Tour Linggarjati Usung Format Baru

Tour Linggarjati Usung Format Baru

ROAD BIKE
UCI Terus Perangi Kecurangan Teknologi

UCI Terus Perangi Kecurangan Teknologi

ROAD BIKE
Rute Tour de Linggarjati 2017

Rute Tour de Linggarjati 2017

ROAD BIKE
Preview United Trifold 3

Preview United Trifold 3

FOLDING BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company