André Greipel Kembali ke Tour Down Under 2018

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Getty Images Sport | Editor: Andi Wahyudi | 7 November 2017

Greipel Kembali ke TDU

SPORTKU.COM

Sprinter asal Jerman André Greipel (Lotto Soudal) akan kembali ke Tour Down Under (TDU) pada 2018.

André Greipel setelah absen tiga tahun dan berharap ia dapat memberikan awal yang baik untuk musim tahun depan. Sebelumnya, Greipel telah mengoleksi dua gelar juara umum dan memiliki rekor kemenangan etape, dengan 16 kemenangan.

Greipel, memulai debutnya di ajang profesional pada tahun 2008 dan langsung memenangkan empat dari enam etape. Dia juga mengklaim juara umum. Selanjutnya, dia menambahkan lagi kemenangannya pada tahun 2009 dan kemudian meraih gelar juara umum ketiganya di ajang TDU pada tahun 2010.

Baca juga:
AKSI LUKAS KNOPF, JUARA MTB SLOPESTYLE PRO FISE WORLD SERIES

Dengan penambahan pendakian yang lebih banyak, seperti yang ada di Willunga, Greipel tidak pernah menang lagi di klasemen umum. Namun ia menambahkan tiga kemenangan lagi pada tahun 2012 dan 2013, lalu dua lagi tahun berikutnya.

Pada tahun 2015, 2016 dan 2017, Greipel memilih untuk memulai musimnya di Mallorca Challenge. Namun dia mengatakan bahwa dia akan kembali ke Adelaide untuk mengikuti Tour Down Under pada bulan Januari mendatang.

"Menyenangkan bagi saya bisa kembali karena selalu bagus bila memulai musim yang sukses," kata Greipel.

"Ini adalah balapan yang sangat mapan dan professional, dengan pebalap berkualitas tinggi, dan saya telah melihat perlombaan ini berkembang selama bertahun-tahun ke acara WorldTour yang berstandar tinggi - sebuah contoh untuk penyelenggara lomba berskala global," kata Greipel.

"Kemenangan pertama dan poin yang bisa saya dapatkan untuk tim saya dan itu akan menyenangkan. Dan tentu saja, saya menantikan atmosfir yang fantastis," imbuhnya lagi.

Dengan adanya Juara Dunia Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Caleb Ewan Australia (Orica-Scott), yang sudah memastikan diri untuk bersaing di Australia pada bulan Januari nanti, Greipel akan memiliki banyak kompetisi untuk menambah rekor 16 kemenangannya.

Sementara itu, Direktur TDU Mike Turtur menyambut positif kembalinya Greipel ke TDU tahun depan. Dia masih bisa mengingat kemenangan rider Jerman itu saat meraih juara umum dalam debutnya pada tahun 2008 silam.

"Dia mengambil gelar juara umum hanya beberapa detik dari pebalap Aussie (Australia) Allan Davis - ini adalah awal musim yang menakjubkan bagi André," kata Turtur.

"Setelah kemenangan TDU 2008 di awal musim, Greipel melanjutkan ke etape Grand Tour pertamanya di Giro d'Italia. Kami selalu memberinya awal yang kuat untuk musimnya. Tidak diragukan lagi, André dan timnya selalu sangat berarti untuk bisnis saat mereka balapan di sini," jelas Turtur.

"Kekuatan pesepeda ini adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Dan kami tahu berapa banyak penggemar yang menikmati dan menyaksikan ”badai” Greipel yang kembali dalam menyelesaikan sprint. Jadi kami berharap dapat menambahkannya ke Santos Tour Down Under untuk kategori juara etape pada Januari mendatang."

TDU akan menjadi race pembuka WorldTour musim 2018 dan akan berlangsung selama enam etape. Race ini akan dimulai pada 16 Januari mendatang. 

Baca juga:
BALI UNITED TAKLUKAN KEANGKERAN ANDI MATTALATTA

Andre Greipel saat meraih gelar juara etape pertamanya di Tour Down Under 2008

andr-greipel-55065c561407b7d.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Ewan Targetkan Juara di Kandang Sendiri

Ewan Targetkan Juara di Kandang

RIDER
Kasus Peter Sagan VS UCI

Kasus Peter Sagan VS UCI

RIDER
Rumor Doping Mekanis Cancellara

Rumor Doping Mekanis Cancellara

RIDER
Pebalap Australia Pecahkan Rekor

Pebalap Australia Pecahkan Rekor

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company