Sete Gibernau Awali Kemenangan Spanyol di MotoGP Valencia

Text : Suhartono | Photo / Video : Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 7 November 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Valencia menjadi salah satu bagian paling menarik dalam kalender MotoGP 2017 sebagai penentu juara dunia musim ini.

Sirkuit Ricardo Tormo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sirkuit Valencia merupakan sebuah sirkuit balap di Spanyol yang terletak di dekat Valencia. Sirkuit ini dibangun pada tahun 1999 dan mengadakan balapan MotoGP untuk pertama kalinya pada tahun yang sama. Tiga kelas dilombakan oleh Dorna selaku penyelenggara event.

Meski diadakan di Spanyol dengan dominasi rider tuan rumah yang cukup banyak, namun justru gelaran MotoGP untuk pertama kalinya tak dimenangkan oleh pebalap kandang. Tiga pebalap dari negara yang berbeda menjuarai balapan di kelas yang berbeda pula. Bukan hanya pebalap dan negara yang berbeda, tapi juga tiga pabrikan yang berbeda.

Balapan MotoGP tahun perdana di Valencia memang terasa spesial. Ada pebalap Italia Gianluigi Scalvini yang juara di Kelas 125cc juga dengan motor balap Aprilia dari Italia. Di Kelas 250cc, pebalap Jepang Tohru Ukawa juara di Kelas 250cc dengan pabrikan Jepang Honda. Sedangkan di kelas paling bergengsi 500cc ada pebalap Regis Laconi asal Perancis, namun tidak menggunakan motor pabrikan Perancis. Melainkan dengan Yamaha dari Jepang.

Hingga tahun kedua atau musim 2000, pebalap Spanyol masih belum menjadi raja di negaranya sendiri. Kala itu podium kemenangan masih didominasi oleh pebalap dari luar Spanyol. Baru pada musim 2001, pebalap Spanyol Sete Gibernau tampil sebagai jawara di Kelas 500cc dengan tunggangan Suzuki.

Sete Gibernau menjadi cikal bakal kesuksesan pebalap Spanyol di kandangnya sendiri. Sejak kemenangan Sete Gibernau di musim 2001, selanjutnya muncul pebalap-pebalap baru Spanyol yang berhasil mendominasi permainan. Mulai dari Dani Pedrosa, Hector Barbera, Hector Faubel, Julian Simon, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, hingga Marc Marquez.

Baca Juga
Laga Panas Dovizioso vs Marquez di MotoGP Valencia 2017, Ulangi Duel Rossi vs Hayden

Bahkan kini para pebalap Spanyol seperti Marquez juga Lorenzo maupun Vinales dan Pedrosa seakan menjadi kekuatan utama Dorna untuk membuat tontonan MotoGP semakin menggairahkan. Selalu menarik, terutama di kelas tertinggi MotoGP. Para pebalap Spanyol selalu mendominasi podium juara. Bukan hanya saat balapan digelar di Spanyol. Tapi juga di luar Spanyol.

Valencia yang menjadi kota terbesar ketiga di Spanyol sejak 1999 hingga sekarang rutin menjadi tuan rumah MotoGP. Dorna juga para pebalap selalu tertarik untuk melakukan balapan di sini. Dengan trek sepanjang sekitar 4.000meter, mampu menarik kerumunan besar hingga 150.000 penonton yang semakin menambah atmosfer balap semakin meriah.

Selain itu, dengan warisan budaya dan olahraga yang dimiliki, Valencia terkenal dengan tontonan yang fantastis. Mengingat iklim Mediterania yang sangat baik, Valencia adalah tempat yang menyenangkan untuk menjadi tujuan di akhir pekan. Tentu bukan hanya sekadar menikmati tontonan MotoGP. Namun juga berbagai lokasi wisata lain yang tersedia di sana.

Kompleks Arts i les Ciencies yang besar menambah regenerasi pelabuhan dan tepi pantai dalam beberapa tahun terakhir. Sehingga menjadikan kota ini menjadi basis Piala Amerika 2007. Pusat kota bersejarah Valencia juga menjadi keajaiban tersendiri, dengan distrik-distrik seperti Barrio del Carmen yang menyediakan kehidupan malam dengan labirin jalanannya yang berkelok-kelok, dikelilingi bar trendi, kafe dan restoran.

Menjadikan wisata malam sebagai momen mengasyikkan seusai nonton gelaran MotoGP, sajian kembang api adalah sesuatu dari bentuk seni di kota ini dengan ledakan warna yang spektakuler. Wow, semakin gak sabar buat nunggu tontonan menarik para pebalap MotoGP di akhir pekan ini, 11-12 November.

Sementara itu, balapan MotoGP di Sirkuit Valencia pada akhir pekan ini menjadi salah satu seri yang paling menentukan. Di mana penentuan Juara Dunia MotoGP 2017 akan berlangsung di sini. Ada dua kandidat utama sebagai penerima mahkota tertinggi. Keduanya adalah Marquez dengan keunggulan 21 poin dari Andrea Dovizioso, pebalap Italia dari tim Ducati.

Baca Juga
5 'Pakaian' Wajib Pebalap Road Race
Jorge Lorenzo Rela Jadi Tumbal Ducati Demi Kemenangan Dovizioso

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

MOTOPRIX
Dimas Ekky Masuk 10 Besar

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

ROAD RACE
Andi Gilang Start ke-14

Andi Gilang Start ke-14

ROAD RACE
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

MOTO2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company