Jonathan Rea Jadi Musuh Abadi Tom Sykes

Text : Suhartono | Photo / Video : Asphalt & Rubber | Editor: Andi Wahyudi | 7 November 2017

SPORTKU.COM

Perebutan gelar Juara Dunia World Superbike (WSBK) 2017 berakhir sudah yang meninggalkan kisah sedih bagi Tom Sykes.

Jonathan Rea kembali menjadi Juara Dunia WSBK bersama Kawasaki Racing Team. Raihan Rea musim ini menjadi yang ketiga kalinya sejak dirinya bergabung dengan Kawasaki pada tahun 2015 lalu. Karir cemerlang Rea memang tercipta dengan apik bersama pabrikan tim hijau. Meski tak dipungkiri jika Rea lahir di WSBK bareng Honda.

Rea, pebalap kelahiran Irlandia Utara pada 2 Februari 1987 silam itu kali pertama menginjakan kakinya di ajang WSBK pada musim 2008 silam bersama Honda. Kala itu dia hanya menjadi pebalap berstatus wildcard di balapan Portugal. Pencapaian memuaskan bagi Rea maupun Honda. Pada Race 1, Rea langsung finish di posisi ke-4 meski di Race 2 hanya bisa bertengger di peringkat 15.

Hasil manis di WSBK Portugal 2008 membuat Rea memiliki tiket untuk bermain penuh di kategori tertinggi superbike. Tahun perdana bersama Honda di WSBK, Rea langsung mendominasi balapan dengan mengakhiri musimnya di peringkat 5. Akan tetapi bersama Honda, Rea tak mampu menjadi juara dunia. Posisi terbaiknya hanya berada di urutan 3 klasemen akhir musim 2014.

Hingga akhirnya pada tahun 2015, Rea memutuskan untuk hijrah ke Kawasaki. Keputusan yang sulit diambil. Sebab Honda sendiri sudah seperti rumah kedua bagi Rea selama beberapa tahun menjalani karirnya sebagai pebalap profesional. Namun di sisi lain, keputusan Rea justru mengubah jalan hidupnya.

Baca Juga
Lorenzo Rela Jadi Tumbal Ducati Demi Kemenangan Dovizioso

Musim perdana bersama Kawasaki, Rea langsung mentasbihkan dirinya menjadi Juara Dunia WSBK. Seakan mengubah jalan hidup Rea, pebalap bernomer punggung 1 ini langsung menjadi buah bibir. Akan tetapi Rea tak puas dengan hanya satu kali menjadi juara dunia. Di tahun keduanya dia masih mendominasi kemenangan dan kembali menjadi juara dunia.

Di tahun ketiganya bersama Kawasaki, Rea lagi-lagi menjadi kampiun. Bahkan gelar Juara Dunia WSBK 2017 sudah dia raih sebelum balapan masuki babak final di Sirkuit Losail, Qatar pada akhir pekan kemarin, 4-5 November. Kemenangan Rea menjadi Juara Dunia WSBK 2017 sudah dia kantongi sejak putaran Perancis.

Jonathan Rea kunci gelar Juara Dunia WSBK 2017 setelah mampu finish terdepan di Race 1 pada balapan yang dihelat di Sirkuit Magny-Cours, Perancis. Rea telah membuat sejarah dengan mengunci gelar juara dunia WSBK untuk ketiga kalinya berturut-turut. Rea sekaligus menciptakan sejarah dengan menjadi pebalap pertama yang meraih gelar Juara Dunia WSBK tiga kali beruntun.

"Untuk memenangkan 16 balapan dalam satu musim, lebih dari setengah balapan itu tidak mudah. Itulah hal terbesar yang saya ambil. Tahun ini, seperti yang terus saya katakan, saya tidak bisa mengungkapkan apa-apa. Sudah terasa biasa berada di sini di podium, dan itu agak menakutkan. Saat ini adalah waktuku, jadi saya benar-benar ingin menikmati momen ini," ungkap Rea.

Baca Juga
Sete Gibernau Awali Sejarah Pebalap Tuan Rumah Rajai MotoGP Valencia

"Kita benar-benar perlu menikmati ini dan merayakan tahun yang luar biasa. Saya tahu betapa sulitnya saat hal-hal tidak masuk secara alami, dan ini adalah perjuangan yang berat, jadi oleh karena itu saya sangat berterima kasih kepada Kawasaki atas kesempatan ini. Ini adalah usaha tim yang sangat besar. Dalam beberapa minggu ini kita bisa mulai mengalihkan perhatian kita ke musim 2018," imbuh Rea.

Kedatangan Rea di kubu Kawasaki memang menjadi petaka tersendiri bagi Tom Sykes. Pebalap yang sudah sejak tahun 2010 bersama tim Kawasaki ini seakan tak berkutik setelah kedatangan Rea. Pencapaian terbaik Rea tak mampu diikuti oleh Sykes, meski keduanya sama-sama geber Kawasaki.

Selama tiga musim berduet dengan Rea, penampilan Sykes justru terus memburuk. Pada tahun 2015 lalu dia hanya bisa menduduki posisi 3 klasemen akhir. Membaik di musim balap 2016 dengan menjadi runner up di belakang Rea. Akan tetapi pada musim 2017 ini posisi Sykes hanya bisa bertengger di peringkat 3 klasemen akhir dengan 373 poin. Kalah jauh dari Rea yang kantongi 556 poin.

"Jonathan (Rea) telah mengalami musim yang luar biasa tahun ini, dia telah melakukan pekerjaan yang fantastis," singkat Sykes yang justru hanya baru sekali menjadi Juara Dunia WSBK pada musim 2013 lalu.

Perlu digarisbawahi, memang tak ada yang namanya 'pertemanan' dalam satu tim. Lawan terberat justru bisa datang dari orang terdekat. Begitu juga dengan balapan, meski berada dalam satu tim, akan tetapi tetap saja perebutan gelar juara tak mengenal arti pertemanan. Yang ada hanyalah musuh abadi.

Baca Juga
Laga Panas Marquez vs Dovizioso di MotoGP Valencia 2017 Ulangi Duel Rossi vs Hayden

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK
Diskriminasi Meningkat di Sepakbola Inggris

Diskriminasi Meningkat di Sepakbola Inggris

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company