Engine Block Autoworks, Workshop Spesialis Mobil Peugeot

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 8 November 2017

SPORTKU.COM

Workshop milik Hadi Taruna ini memiliki nilai khas dalam eksistensinya. Apa yang membuat bengkel ini berbeda dari yang lainnya?

Resmi berdiri sejak tahun 2008, Workshop yang terletak di wilayah Bintaro Jaya Sektor 7, memiliki spesialis sendiri. Engine Block Autoworks, merupakan 'rumah' bagi pemilik mobil lansiran negeri Prancis yang butuh pengobatan. Sebagai pemilik dari workshop tersebut, Hadi Taruna atau yang akrab disapa Hatar, memang memiliki kecintaan yang begitu dalam untuk mobil dengan logo singa tersebut.

Pria yang juga bertindak sebagai Kepala Mekanik tim balap BJB-Pertamax Turbo-GRT ini pun menceritakan sejarah awalnya Engine Block Autoworks berdiri. "Bengkel ini pertamanya terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Kemudian di tahun 2014 saya pindahkan ke daerah Bintaro Jaya Sektor 7. Bengkel ini sendiri koornya di spesialis Peugeot, tapi juga kita kadang-kadang suka menangani beberapa brand lain seperti Chevrolet dan Nissan," jelas Hatar.

Baca juga:
RANGKAIAN PROSEDUR UNTUK IKUT BALAPAN ETCC INDONESIA

Mekipun workshop ini masih terbilang sebagai bengkel umum, namun pria lulusan Universitas Pembangungn Nasional (Veteran) fakultas Teknik Informasi Teknologi ini juga turut andil dalam dunia motorsport Tanah Air. Di samping mengerjakan pekerjaan harian untuk mobil-mobil Peugeot yang butuh belaian, Hatar juga ikut eksis dalam balap touring yang bertajuk Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

"Untuk yang balap kita mulai start dari drag race tahun 2010, jadi kita ikutan dari sana dan menggunakan mobil Peugeot 306 dan Peugeot 405. Lalu di 2012, kita beralih ke balap turing seiring dibukanya ajang balap ETCC Indonesia sehingga beralih dari balap drag ke turing," tambah Hatar. Selain pengerjaan yang memang diperuntukan untuk balap, namun Hatar juga turut melayani pemilik mobil Peugeot untuk memuaskan hasratnya dalam memodifikasi jantung pacu konsumennya.

Baca juga:
MODIFIKASI INTERIOR TERBAIK IAM MBTECH PADANG 2017

"Jadi kita namakan street racing karena mereka mau memodifikasi mesinnya, dari mulai modifikasi mesin standar bahkan hingga ke swap engine. Dan itu sudah kita lakukan dengan merubah yang tadinya natural aspirated menjadi turbo, atau men-swap mobil yagn tadinya memiliki cc kecil menjadi lebih besar dan ini diperuntukan untuk digunakan dalam kegiatan harian," imbuhnya.

Meskipun tidak memiliki latar belakang teknik mesin, namun hasil yang dicapai oleh Hattar saat ini patut dihargai. Pasalnya beberapa kali seri ETCC Indonesia berhasil menempatkan pebalap BJB-Pertamax Turbo-GRT di podium tertinggi. Seperti apa profil lengkap workshop Engine Block Autoworks tersebut? Simak ulasannya dalam rangkuman video berikut!

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Sepakbola ke Tarik Suara

Dari Sepakbola ke Tarik Suara

PROFILE
Lapak Blackbar Motor Cycel Custom

Lapak Blackbar Motor Cycel Custom

PROFILE
Karel Abraham, Pebalap MotoGP 'Karbitan'

Karel Abraham, Pebalap MotoGP 'Karbitan'

PROFILE
Travic, Satukan Bikers Viar

Travic, Satukan Bikers Viar

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company