Kanada Legalkan Rem Cakram pada Event Non-UCI

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Cylance Cycling/Oran Kelly | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingnews | 9 November 2017

SPORTKU.COM

Federasi bersepeda Kanada (Canada Cycling) mengizinkan penggunaan rem cakram pada road bike di negara tersebut.

Akan tetapi, penggunaan rem cakram hanya berlaku untuk race non-UCI saja. Canada Cycling sendiri akan menggelar diskusi dengan UCI dan berharap rem tersebut bisa digunakan pada kejuaraan balap sepeda nasionalnya pada tahun 2018.

"Diskusi lebih lanjut akan dilakukan dengan UCI dengan harapan bisa mendapatkan pengecualian untuk memungkinkan penggunaan rem cakram pada Kejuaraan Balap Sepeda Kanada 2018,” demikian pernyataan Canada Cycling dalam siaran pers. Meski penggunaan rem cakram telah diizinkan di Amerika Serikat, Kanada belum mengizinkan penggunaan rem tersebut di ajang balapan UCI.

Baca juga:
TIONGKOK CETAK SEJARAH

UCI sendiri telah melegalkan penggunaan rem cakram di balapan jalan raya selama dua tahun terakhir, dengan status “uji coba”. Namun hal itu mengalami hambatan dalam peloton WorldTour, dengan masih adanya kekhawatiran dari pebalap yang menganggap tepian rotor bisa menjadi potensi bahaya. 

Francisco Ventoso (Movistar), sebelumnya, mengklaim telah tersayat oleh rotor di ajang Paris-Roubaix tahun lalu dan Owain Doull (Sky) menyalahkan luka dalam pada sepatunya akibat rotor dalam sebuah insiden di Abu Dhabi Tour bulan Februari lalu.
Canada Cycling mengakui bahwa peraturan UCI bersifat sementara dan rem cakram dapat saja dilarang setiap saat oleh federasi internasional setelah insiden Ventoso.

"Anggota harus menyadari bahwa UCI melanjutkan uji coba rem cakram di tingkat internasional dan mungkin menetapkan standar spesifik untuk rem cakram di masa depan. Rem yang tidak memenuhi standar ini pada akhirnya akan menjadi ilegal," kata Canada Cycling.

"Perlu diketahui juga, rem cakram itu tidak akan disetujui, dan jika masa percobaan berakhir tanpa persetujuan dari UCI, peralatan ini akan menjadi ilegal lagi dan mengharuskan kami untuk mengubah keputusan ini."

Canada Cycling juga memperingatkan anggotanya yang mungkin tidak dapat menerima layangan netral jika mereka memilih untuk berpacu dengan rem cakram. Selain itu, juri pada balapan tahun ini bisa memutuskan untuk melarang rem cakram meski aturannya berlaku efektif.

"Jika Anda memiliki rem cakram dan pergi ke yurisdiksi yang tidak mengizinkannya atau mengikuti perlombaan yang jatuh di bawah persyaratan “uji coba”, kemungkinan besar Anda tidak diizinkan untuk berlomba. Kami meminta Anda untuk segera memeriksa kembali penyelenggara lomba sebelum acara berlangsung," lanjut pernyataan tersebut.


Baca juga:
AKSI CEPAT TIM MEDIS DI HONDA DREAM CUP (HDC) JAKARTA

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company