Sejarah Nama Sirkuit Ricardo Tormo Valencia

Text : Suhartono | Photo / Video : RTR Sports Marketing | 8 November 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Ricardo Tormo merupakan sebuah trek balap di Spanyol yang terletak di dekat Valencia.

Sirkuit yang juga dikenal banyak orang dengan nama Sirkuit Valencia ini dibangun pada tahun 1999. Di tahun yang sama setelah semua pembangunan di berbagai sisi sirkuit selesai, Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP langsung menjadikannya sebagai salah satu tuan rumah gelaran bergengsi ini.

Dengan panjang sekitar 4 kilometer, Sirkuit Valencia juga menjadi salah satu lokasi paling menarik dalam kalender MotoGP. Kapasitas penonton yang bisa tertampung di Sirkuit Valencia sekitar 150 ribu. Trek dihiasai dengan 14 tikungan, 9 ke kiri dan 5 kekanan dengan lebar sirkuit 12meter. Sedangkan trek lurus terpanjang 876meter serta dilengkapi 48 pit.

Ribuan penonton yang hadir di Sirkuit Valencia akan selalu menikmati balapan yang tersaji di setiap lapnya. Tata letak sirkuit dibuat sedemikian rupa yang memungkinkan semua bagian trek terlihat dari tempat lain untuk membantu menciptakan atmosfir unik. Sebagai balapan terakhir pada setiap musimnya, Sirkuit Valencia selalu lokasi pesta ke kemenangan pebalap. pada tahun 2005, GP Valencia juga terpilih sebagai lokasi terbaik tahun 2005.

Namun ada satu hal yang harus diketahui dari sejarah nama Sirkuit Ricardo Tormo ini. Ternyata, Sirkuit Ricardo Tormo berasal dari nama pebalap asal Spanyol yang pernah memenangkan balapan di Kelas 50cc pada 1978 dan 1981. Kariernya berakhir pada 1984 sebab dia mengalami cedera kaki dan meninggal dunia pada 1998 karena menderita sakit leukima.

Baca Juga
Jonathan Rea Jadi Musuh Abadi Tom Sykes

Tormo sendiri memiliki nama lengkap Ricardo Tormo Blaya yang lahir pada tanggal 7 September 1952 di Provinsi Valencia, Spanyol. Tepatnya di Ayacor, yang merupakan sebuah desa kecil yang bergantung pada Kanal. Akan tetapi pada saat berusia 8 tahun, keluarganya pindah ke pusat Kanal.

Tormo memenangkan Kejuaraan Dunia FIM 1978 di Kelas 50cc dengan tim pabrikan Bultaco. Dia kembali menjadi Juara Dunia 50cc pada tahun 1981 yang masih geber Bultaco namun dengan tim pribadi. Di tingkat nasional, Tormo juga 3 kali juara nasional Kelas 50cc dan 4 kali juara nasional 125cc. Karirnya terkait erat dengan Ángel Nieto, yang merupakan rekan satu tim sekaligus pesaing terkuatnya kala itu.

Pada tahun 1983, bersama Jorge "Aspar" Martinez, Tormo menandatangani kontrak dengan tim pabrikan Derbi untuk tampil di Kejuaraan Dunia 1984 di Kelas 80cc. Tormo mengalami kegagalan mesin pada balapan pertama tahun tersebut di Misano. Perlombaan kedua musim balap 1984 akan digelar di Sirkuit Jarama Spanyol.

Pada saat itu, hanya ada dua sirkuit resmi di Spanyol, satu di Jarama dan yang lainnya di Calafat. Tim tersebut merencanakan uji coba sebelum balapan. Namun kedua sirkuit tersebut sudah dipesan orang, memaksa mereka berlatih di Martorelles. Kawasan di Kota Barcelona ini merupakan kawasan industri pabrikan sepeda motor Derbi.

Baca Juga
Sete Gibernau Awali Kemenangan Spanyol di MotoGP Valencia

Tim ini terkadang juga melakukan uji coba di area tersebut dengan membentengi jalan untuk memastikan tidak ada mobil yang mengganggu saat latihan. Tragisnya, dalam latihan tersebut Tormo yang sedang melakukan uji coba mengalami kecelakaan dengan menabrak mobil dan menghancurkan kaki kanannya. Kecelakaan tersebut menandai akhir karir balapnya dan dimulainya serangkaian operasi yang tak terhitung jumlahnya.

Pada tahun 1994, Tormo menerima penghormatan tertinggi di Valencia saat diberi penghargaan Valencian Community’s High Distinction. Bekerja sama dengan jurnalis Paco Desamparados, sebuah otobiografi diterbitkan, berjudul "Yo Ricardo. Una vida por y para la moto". (Saya Ricardo, hidup oleh dan untuk sepeda motor).

Pada tanggal 27 Desember 1998, Tormo meninggal karena leukemia, yang telah diperangi selama bertahun-tahun. Untuk menghormatinya, Sirkuit Valencia berganti nama menjadi Circuit de la Comunitat Valenciana Ricardo Tormo.

Baca Juga
Cewek-cewek Seksi Seri 4 Yamaha Sunday Race (YSR) 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

Hasil Kejurnas Motoprix Surabaya 2017

MOTOPRIX
Dimas Ekky Masuk 10 Besar

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

ROAD RACE
Andi Gilang Start ke-14

Andi Gilang Start ke-14

ROAD RACE
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

MOTO2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company