FDR Terus Kembangkan Teknologi Ban Hemat BBM

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 8 November 2017

Teknologi Ban FDR Hemat BBM

SPORTKU.COM

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 digelar pada pekan ini, 7-11 November di kawasan Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Pada penyelenggaraannya musim ini, KMHE 2017 diikuti oleh sebanyak 77 tim dari berbagai universitas maupun perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Dari sosialisasi awal kita sebenarnya ada 128 tim yang mendaftar. Tapi setelah kita proses hanya ada lolos 89 yang memenuhi standar teknis dari panitia. Dan dari 89 tim tersebut hanya ada 80 tim yang kita undang. Tapi hingga hari penyelenggaraan hanya ada 77 tim yang hadir," ungkap Fahmi Mubarok, Ketua Pelaksana KMHE 2017.

Sementara itu, kembali terlibat dalam ajang bergengsi ini adalah pabrikan ban PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) dengan produk andalan mereka FDR. Pada acara tersebut, FDR menyediakan ban protipe berteknologi hemat energi untuk digunakan oleh tim-tim di Kelas Urban Concept.

“Selain memberikan ban, kami juga menyediakan fasilitas konsultasi teknis dan service car untuk mempermudah bongkar pasang ban,” kata Irwan Setiawan, Marketing departemen Head PT Suryaraya Rubberindo Industries.

Kontes ini juga menjadi ajang untuk mencari para juara yang nantinya akan diikutsertakan di tingkat Asia maupun dunia pada tahun 2018 mendatang.

Baca Juga
Andalkan FDR, Richard Taroreh Juara Umum Yamaha Sunday Race (YSR) 2017

“Kami berharap para mahasiswa bisa memberikan masukan untuk meningkatkan performa ban prototipe FDR sehingga ketika tim-tim ini bersaing di kompetisi tingkat Asia atau bahkan dunia, mereka bisa menggunakan ban protipe FDR yang lebih kompetitif,“ sambung Irwan.

Selain mendukung kegiatan KMHE, pabrikan ban nasional ini juga mengadakan FDR Awards. Hal ini ditujukan oleh FDR untuk memberikan apresiasi kepada tim yang tampil di Kelas Urban Concept. Di mana peserta yang bisa mencatatkan waktu tercepat dan sekaligus paling irit di KMHE 2017 ini akan mendapat hadiah tambahan berupa uang tunai dari FDR.

Dari keikutsertaannya tahun lalu, PT Suryaraya Rubberindo Industries kini juga telah menciptakan ban sepeda motor yang memiliki teknologi low rolling resistance dengan nama Eco Smart Tire (EST). Teknologi ini membuat kerja mesin kendaraan lebih ringan sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih sedikit.

"Teknologi EST yang kami terapkan pada ban harian FDR adalah hasil dari teknologi yang sama pada ban prototipe yang digunakan pada kompetisi kendaraan hemat energi,” ujar Irwan.

FDR sendiri telah menyematkan teknologi EST ini pada ban harian bernama Facio EST sejak tahun 2014 lalu. Dari hasil pengujian, ban harian FDR dengan teknologi EST bisa menghemat konsumsi bahan bakar hingga 7,1 persen.

FDR menegaskan jika proses riset dan kerjasama dengan para mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia melalui ajang KMHE ini akan terus berjalan. “FDR berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi hemat energi yang bisa dinikmati oleh masyarakat,” tutup Irwan.

Baca Juga
Richard Taroreh Masih Aman di Puncak Klasemen Sementara Kejurnas IRS 2017
Podium Perdana Hendriansyah di Yamaha Sunday Race (YSR) 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
KMHE Adopsi Regulasi Kelas Dunia

KMHE Adopsi Regulasi Kelas Dunia

HOT ISSUE
Ban Prototipe FDR Untuk KMHE

Ban Prototipe FDR Untuk KMHE

HOT ISSUE
Koleksi Foto KMHE 2017

Koleksi Foto KMHE 2017

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company