Permintaan Khusus IMI Kepada Penyelenggara MXGP

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 9 November 2017

SPORTKU.COM

Kejuaraan Dunia Motocross atau yang lebih dikenal dengan Motocross Grand Prix (MXGP) kembali akan sambangi Indonesia tahun 2018.

Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah ajang balap internasional MXGP 2018. Bahkan Indonesia akan menggelar dua seri MXGP 2018. Dua seri balapan bertaraf internasional yang ada di bawah naungan FIM World Motocross Championship dengan promotor Youthstream ini masing-masing akan digelar di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung pada 1 Juli 2018 dan di Semarang, Jawa Tengah pada 8 Juli 2018.

Insan otomotif Indonesia pun menyambut suka cita kedatangan MXGP ke Tanah Air. Tak terkecuali Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku induk olahraga otomotif di Tanah Air juga menyambut dengan positif. Ketua Umum IMI Pusat, Sadikin Aksa, menyatakan bahwa kesempatan ini adalah suatu keberhasilan di mana Indonesia semakin dipercaya untuk menggelar kejuaraan internasional.

“Indonesia sudah pasti akan menggelar dua putaran Kejuaraan Dunia MXGP 2018, hal ini sudah dikonfirmasi karena jadwal resminya sudah keluar. Ini merupakan suatu keberhasilan Pemerintah Indonesia dan IMI serta komunitas otomotif Indonesia secara bersama-sama dalam melakukan negosiasi dengan FIM, Youthstream, dan pihak-pihak terkait lainnya. Harapannya adalah agar MXGP 2018 bisa menjadi parameter kebangkitan Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata yang positif untuk menggelar kejuaraan-kejuaraan otomotif bertaraf internasional,” ungkap Sadikin yang akrab disapa Ikin.

Baca Juga
FDR Terus Kembangkan Teknologi Ban Hemat BBM

Sementara itu, pemilihan jadwal yang berada di tengah musim juga memiliki alasan tersendiri. Hal ini memang berbeda dengan tahun 2017. Di mana Indonesia yang menjadi salah satu penyelenggara MXGP menghelatnya pada awal Maret lalu. IMI memiliki alasan tersendiri untuk mendukung perhelatannya di tahun depan agar dapat digelar pada bulan Juli.

“Kami juga telah melakukan pembicaraan lanjutan dan meminta secara khusus agar MXGP 2018 di Indonesia bisa digelar pada tengah tahun (paruh musim MXGP) atau tepatnya di bulan Juli. Karena curah hujan pada awal tahun di Indonesia masih cukup tinggi, sehingga kami rasa pertengahan tahun adalah waktu yang tepat untuk melaksanakan Kejuaraan MXGP of Indonesia 2018 agar lebih baik serta sesuai dengan yang diharapkan bersama,” tambah Ikin.

Melalui gelaran internasional ini, Pemerintah Indonesia juga berupaya untuk menggali potensi wisata yang dimiliki. Tak heran jika nantinya ajang MXGP yang bakal dihadiri ribuan wisatawan luar negeri akan dijadikan sebagai lahan promosi yang menarik.

“Kami berencana untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia kepada para partisipan MXGP (team, atlit, panitia dan penonton) yang datang dari berbagai belahan dunia, karena selama atau setelah event di Pangkalpinang dan Semarang mereka dapat menikmati jeda beristirahat di Indonesia sebelum memasuki paruh musim kedua serie MXGP, di mana hal ini sejalan dengan program Wisata IMI yang sedang mengembangkan kegiatan-kegiatan di bidang wisata atau mobility," tutup Ikin.

Baca Juga
Anak Elang: Bikers Moge Harley-Davidson Indonesia Hobi Balap (Video)
Spaso Hattrick, Bhayangkara Diambang Juara

  • facebook share

RELATED NEWS

Honda Umumkan Tim MXGP 2018

Honda Umumkan Tim MXGP 2018

MXGP
Red Bull Straight Rhythm 2017

Red Bull Straight Rhythm 2017

MOTOCROSS
Red Bull Straight Rhythm 2017

Red Bull Straight Rhythm 2017

MOTOCROSS
Honda Bidik Dakar 2018

Honda Bidik Dakar 2018

RALLY DAKAR BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company