PSSI Luncurkan Buku Filosofi Sepak Bola Indonesia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 10 November 2017

PSSI Luncurkan Buku Filosofi Filanesia

SPORTKU.COM

PSSI resmi meluncurkan buku Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) di Kantos PSSI, Jakarta.

Buku yang berisi tentang kurikulum pembinaan sepak bola Indonesia ini diharapkan menjadi panduan wajib bagi pelaku sepak bola usia muda, baik pelatih maupun pesepak bola muda yang ada di akademi dan sekolah sepak bola di tanah air.

Direktur Teknik dan High Performance Unit PSSI Danurwindo mengatakan bahwa buku ini diharapakn menjadi pondasi bagi sepakbola Indonesia agar ke depannya bisa bermain lebih kuat, terstruktur, dan berkarakter.

“Panduan, guidance, cara bermain yang kita anggap cocok untuk pemain-pemain Indonesia. Artinya dari cara bermain, kita juga bersaing dengan tim-tim yang ada adi ASEAN, bahkan Asia. Itu tujuan dibuatnya filosofi itu karena biar bagaimana pun juga, yang selama ini yang kita tahu bahwa banyak orang bicara tentang youth development, tetapi youth develompemnt yang sebenarnya masih belum jelas,” ungkapnya.

Danurwindo mengaku bahwa penerapan filosofi bagi sepak bola di Indonesia sangat penting. Pasalnya, selain untuk peningkatan kualitas permainan, tetapi juga untuk peningkatan permainan Tim Nasional (Timnas) Indonesia di masa mendatang.

“Adanya filosofi sepak bola Indonesia, ada kurikulm sepak bola Indonesia, kita mengharapkan kualitas permainan sepak bola Indonesia bisa meningkat karena saya baca di technical report milik FIFA, di piala dunia 2010 dan 2014, tim yang sukses adalah tim yang punya taktik jelas,” ujarnya.

Pria yang sempat melatih Persija Jakarta itu mengatakan bahwa sebelum meluncurkan buku filosofi sepak bola Indonesia ini. Ia sudah melakukan riset dengan menampung masukan dari pelatih-pelatih baik lokal maupun asing.

Baca juga
Intip Tampilan United Trifold 3

Danurwindo 

pssi-peluncuran-buku-98235d4ac921cbc.JPG

“Kurang lebih hampir satu tahun setengah kita melakukan riset kemudian diskusi dengan pelatih-pelatih sepak bola senior, diskusi dengan pelatih sepak bola luar negeri, kemudian dengan Luis Milla, bagaimana apa yang dilakukan di Barcelona, Real Madrid, dan Valencia. Semua mengatakan bahwa klub yang ada di Spanyol punya filosofi yang dianut pesepakbola muda,” katanya.

Danurwindo sendiri merasa sudah saatnya Indonesia menerapkan filosofi dalam permainan mereka. Pasalnya, kedatangan AFC yang menyoal lisensi klub beberapa waktu lalu yang mengharuskan setiap klub di Indonesia memiliki akademi itu sejalan dengan tujuan PSSI.

“Saya ingatkan kemarin ada club lisence dimana AFC sendiri mengharuskan klub-klub Liga 1 untuk punya support pemain usia muda atau akademi di klubnya masing-masing dengan tiga kelompok usia, masing-masing 15, 17, dan 19 tahun,” ungkapnya.

Pelatih yang pernah menjadi asisten pelatih dari Anatoli Polosin itu mengatakan bahwa penerapan filosofi sepak bola Indonesia memang tak semudah membalikan tangan, untuk itulah ke depannya ia akan melakukan coaching clinic dan memperbanyak instruktur wasit untuk mengajarkan filosofi dalam pembelajaran taktik.

“Kita akan adakan workshop banyak, kita akan lakukan coaching clinic dan kita akan buat instruktur yang mengerti sepak bola Indonesia. Jadi sekarang instruktur yang berada di C lisence, semua belaja filosofi sepak bola Indonesia dan ini disampaikan dalam kursus, dan tentunya harapan ini buat kita banyak nanti pelatih usia muda tahu cara pemain usia muda meski tak semudah membalik tangan,” terangnya.

Danurwindo sendiri berharap peran serta pemerintah dalam menerapkan filosofi sepak bola di Indonesia dengan membangun banyak infrastruktur guna percepatan pembangunan sepak bola nasional.

“Saat ini PSSI udah ada aggremet dengan percepatan pembangunan sepak bola nasional dimana kemarin saya rapat dengan mereka, saya katakan: ‘Kita perlu lapangan-lapangan untuk latihan dan pertandingan, bukan hanya stadion tapi training ground’,” tutupnya.




Baca juga
Mekanik Indonesia Juara di Jepang

  • facebook share

RELATED NEWS

Pemain Termahal Inggris Divonis Penjara

Pemain Termahal Inggris Divonis Penjara

FOOTBALL
Bima Sakti Tangani Timnas U-19

Bima Sakti Tangani Timnas U-19

FOOTBALL
Persib Panen Denda!

Persib Panen Denda!

FOOTBALL
Ketika Messi Hangatkan Bangku Cadangan

Ketika Messi Hangatkan Bangku Cadangan

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company