Perjuangan Game Football Manager Melawan Homofobia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: bbc | 10 November 2017

Perjuangan Football Manager Melawan Homofobia

SPORTKU.COM

Game Football Manager edisi 2018 menawarkan fitur yang cukup unik, yakni adanya pemain yang mengaku sebagai gay. Apa tujuannya?

Football Manager (FM) edisi 2018 telah rilis. Seperti edisi sebelumnya, tiap rilis yang terbaru, Sport Interactive selaku developer game ini selalu menawarkan banyaknya perubahan. Mulai dari game engine, interface, dan segudang perubahan lainnya.

Namun di edisi FM kali ini, ada fitur unik yang ditampilkan, yakni adanya pemain yang coming out atau melala. Artinya, dalam game nantinya aka nada pemain yang mengungkapkan kecenderungan oritentasi seks mereka sebagai seorang gay atau homoseksual.

Miles Jacobson selaku Studio Director of Sport Interactive mengatakan bahwa adanya fitur ini upaya mereka dalam melawan homofobia dalam sepak bola di dunia nyata. Selain itu, ia mengaku bahwa banyak pesepak bola yang gay, tapi mereka cenderung tertutup.

"Sebagian alasan kami memutuskan untuk melakukan ini karena ada pemain gay," kata Miles.

"Kami tahu dari jumlah profesional yang harus ada pemain yang gay tapi merasa mereka tidak mau keluar (menunjukan identitasnya),” sambungnya.

Menurutnya, homofobia dalam sepak bola seharusnya sudah tidak ada. Menurutnya, mengaku diri sebagai seorang gay bukanlah masalah besar dan bisa menjadi hal yang positif.

"Saya hanya merasa gila bahwa pada tahun 2017 kita berada di dunia di mana orang tidak dapat menjadi diri mereka sendiri,” ungkap Miles seperti dikutip dari BBC.

Miles Jacobson (PKFoot)

football-manager-2018-football-825269ba1620c2b.jpg

Miles sendiri mengaku fitur itu tak akan berpengaruh pada pemain real atau asli karena alasan hukum, sebagai gantinya ia akan menggunakan pemain hasil generate computer alias newgens atau regen yang akan coming out.

Bila ditemukan adanya pemain tersebut, commercial director klub yang anda tangani akan menginformasikan kepada anda bahwa hal tersebut dapat mendorong penghasilan klub lantaran mendapat perhatian dari komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT).

Meski demikian, Miles mengaku tidak akan memunculkan pemain gay yang berasal dari negara konservatif yang masih melarang LGBT.

Baca juga
Saran SOS untuk Ketua PSSI

"Dalam kasus-kasus itu, kami hanya menghormati undang-undang mereka, jadi jika pemain berada di salah satu negara (yang melarang), maka tidak akan ada pemain yang coming out," kata Miles.

Bukan Hal Baru

Kick it out (surreyfa)

football-manager-2018-football-8821230cddef7c9.jpg

Keputusan game FM untuk memunculkan fitur gay bagaimana pun bukan hal baru. Game ini sebelumnya memang cenderung untuk mengkampanyekan antidiskriminasi. Sejak lama mereka sudah mengkampanyekan Kick it Out yang selalu tampil sejak game itu dimainkan.

Lembaga Kick it Out sendiri merupakan salah satu lembaga yang mendapat dukungan dari FA, otoritas tertinggi sepak bola di Inggris untuk melawan rasisme, seksisme, homofobia dan bentuk diskriminasi lainnya di sepak bola Inggris dan global.

Baca juga
Ini Motor Terbaik Versi Forwot 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Good Bye Indra Sjafri

Good Bye Indra Sjafri

FOOTBALL
Upaya City Lanjutkan Trend Positif

Upaya City Lanjutkan Trend Positif

FOOTBALL
Format Baru Piala Dunia

Format Baru Piala Dunia

FOOTBALL
Catatan Unik Peter Crouch

Catatan Unik Peter Crouch

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company